Fungsi Sanding Sealer dalam Finishing Kayu Natural - Bioindustries

Fungsi Sanding Sealer dalam Finishing Kayu Natural

Fungsi sanding sealer adalah sebagai maincoat atau lapisan utama dalam proses finishing kayu warna natural transparan.

fungsi sanding sealer

Pada proses finishing kayu natural transparan, seringkali kita melihat aplikator mengaplikasikan sanding sealer. Sanding sealer adalah jenis lapisan dasar dan atau lapisan intermediate yang warna hasil aplikasinya transparan, sehingga serat kayu maupun warna alami substrat tetap ter-expose. Oleh karena itu, sangat cocok digunakan pada proses finishing kayu warna natural transparan, baik digunakan untuk indoor ataupun outdoor furniture.

Lantas, apa sebenarnya fungsi sanding sealer dalam proses finishing kayu? Jika dilihat dari pengertian secara harfiah, kata sanding bisa diartikan sebagai proses pengamplasan dan sealer yang berarti bahan pelapis yang berfungsi untuk menyegel. Jadi, dalam bahasa mudahnya sanding sealer bisa diartikan sebagai sealer yang bisa diamplas.

Atau bisa juga ditarik kesimpulan bahwa sanding sealer merupakan bahan pelapis (coating) yang berfungsi untuk melindungi (menyegel) sekaligus membantu proses pengamplasan. Sehingga permukaan media kayu menjadi halus.

Baca juga : macam-macam amplas yang digunakan untuk menghaluskan kayu.

Fungsi Sanding Sealer Dalam Proses Finishing Kayu

Dalam pengertian lain, sanding sealer difungsikan sebagai lapisan dasar dan atau lapisan coating utama (maincoat) untuk membangun struktur utama dari lapisan film coating. Sebagai lapisan utama, sanding sealer berperan untuk mengisi pori-pori media kayu, menutup dan memperbaiki cacat permukaan media kayu.

Selain itu, produk sanding sealer juga berfungsi untuk melindungi lapisan coating di bawahnya sekaligus sebagai lapisan intermediate bagi lapisan coating di atasnya. Fungsi lainnya, untuk menghaluskan texture sekaligus untuk memperindah tampilan dari media kayu yang dilapisi.

Jadi, secara singkat bisa dikatakan bahwa sanding sealer merupakan bahan lapisan coating yang berfungsi untuk meningkatkan kehalusan (sanding) serta sebagai penutup (sealer) permukaan media kayu, apapun jenis kayunya, termasuk kayu jati atau bahkan kayu jati belanda sekalipun.

Baca juga : Wood Stain adalah bahan finishing yang digunakan untuk mewarnai kayu.

Seberapa Penting Sanding Sealer Dalam Finishing Kayu

Masih banyak orang yang bertanya-tanya, seberapa penting aplikasi sanding sealer dalam proses finishing kayu? Salah satu alasan atau tujuan dari proses finishing adalah untuk melindungi kayu. Maka diperlukan lapisan pelindung (sealer) yang mampu melindungi dari perubahan iklim dan cuaca serta aktifitas serangga dan jamur. Inilah salah satu peranan penting dari Sanding Sealer.

Peranan penting lainnya dari sanding sealer adalah kemampuannya untuk masuk dan mengisi pori-pori kayu. Sehingga pori-pori kayu yang kecil bisa tertutup. Untuk jenis pori-pori kayu yang lebih besar, tentu saja memerlukan bantuan wood filler untuk mengisi dan menutupnya. Setelah itu baru diaplikasikan sanding sealer setelahnya.

Selain itu, Sanding Sealer akan membantu dalam proses pengamplasan kayu. Dalam proses pengamplasan, acapkali bulu kayu tidak bisa terpotong. Pengaplikasian sanding sealer akan membantu bulu kayu menjadi lebih tegak dan keras, sehingga mudah dipotong dalam proses pengamplasan.

Oleh karena itu, salah satu syarat kualitas sanding sealer yang baik adalah mampu membantu proses pengamplasan. Hal ini ditandai dengan keluarnya serbuk amplas halus saat dilakukan proses pengamplasan.

Syarat Kualitas Sanding Sealer 

pengertian sanding sealer adalah

Agar mampu menjalankan fungsi-fungsi tersebut di atas, sanding sealer yang digunakan harus mampu memenuhi dua syarat utama performa dari lapisan utama atau mancoat.

Lantas, syarat apa saja yang harus dipenuhi agar sanding sealer mampu menciptakan lapisan film coating berperforma baik? Berikut dua syarat utama dari sanding sealer sekaligus cara memilih sanding sealer yang baik.

Baca juga : Cara Cat Aluminium Menggunakan Cat Water Based

Syarat yang pertama, yaitu harus memiliki daya rekat yang kuat. Daya rekat ini mempengaruhi kemampuan sanding sealer untuk menciptakan lapisan film yang mampu bertahan lama sesuai lokasi peruntukan media kayu. Jika lapisan yang terciptakan mudah retak atau mudah mengelupas, maka bisa membuat fungsi perlindungan dari keseluruhan lapisan film coating yang terhasilkan bisa gagal.

Syarat kedua, efektif menutup dan melindungi permukaan media. Jika daya rekat menjalankan fungsi perlindungan, daya tutup membantu memperkuat fungsi estetika dari lapisan film. Daya tutup yang bagus akan membantu menutup dan memperbaiki cacat dari permukaan media kayu. Sehingga estetika dari substrat kayu bisa ditingkatan.

Baca juga : Kelemahan Dempul Serbuk Kayu dan Lem Serbuk Kayu

Kualitas lapisan utama yang bagus  bisa didapatkan jika daya tutup yang terhasilkan juga bagus. Sehingga pada akhirnya hasil coating yang didapatkan akan maksimal untuk proses perlindungan dan mampu mempercantik permukaan media kayu, baik digunakan untuk furniture interior maupun eksterior rumah.

Selain kedua syarat utama di atas, ada dua syarat lain yang penting dan mempengaruhi hasil aplikasi dan fungsi sanding sealer. Yaitu sanding sealer harus memiliki daya kerataan yang baik (good self-leveling) dan mudah tidaknya diamplas. Sanding sealer yang bagus adalah yang mudah untuk diamplas (good sanding perform). Semakin mudah diamplas, hasil aplikasinya akan semakin bagus.

Sanding Sealer Water Based, Adakah?

finishing warna natural transparan

Pertanyaan selanjutnya, adakah jenis sanding sealer water based yang cocok untuk aplikasi finishing cat kayu natural transparan? Tentu saja ada. Saat ini sanding sealer water based sudah banyak beredar di pasaran, salah satunya merk BioColours. Produk ini merupakan salah satu dari varian produk cat water based yang diproduksi oleh Bioindustries, manufaktur spesialis cat water based dan produk green chemicals.

BioColours Sanding Sealer adalah water based acrylic sanding sealer yang digunakan untuk membentuk lapisan dasar dan atau lapisan intermediate dalam sistem finishing kayu transparan color yang mudah diaplikasikan di berbagai media, mudah diamplas, tidak sagging (ndlewer) dan mudah diratakan.

BioColours Sanding Sealer berperan penting dalam proses finishing kayu transparan color. Selain difungsikan untuk membangun struktur utama dari lapisan film coating, Produk ini juga dibutuhkan untuk membantu memudahkan pengamplasan atau proses penghalusan permukaan media kayu. Karena BioColours Sanding Sealer mampu membuat bulu-bulu kayu tegak, sehingga bulu kayu mudah diamplas.

Baca juga : Cat Putih Kayu yang Menampilkan Dekorasi Shabby Chic

Keunggulan BioColours Sanding Sealer

BioColours Sanding Sealer sendiri diformulasikan dengan karakter sifat PH, kelenturan dan kekerasan disesuaikan dengan karakter sifat kimia fisika dari substrat kayu. Sehingga saat diaplikasikan mampu menghasilkan lapisan film coating yang menyatu dengan media kayu. Selain diaplikasikan pada media kayu, sanding sealer ini juga bisa diaplikasikan pada media bambu, plywood, MDF, rotan, pandan, dan jenis serat alam serta bahan sejenis kayu lainnya.

keunggulan biocolours sanding sealer water based

Produk sending sealer merk BioColours tersebut memiliki beberapa keunggulan, diantaranya daya rekat yang kuat (high bonding strength), daya tutup yang bagus, daya sebar luas dan film flexibility yang bagus sehingga tahan bentur.

Baca juga : Cara Finishing Kayu Natural menggunakan Biovarnish

Selain itu, produk ini juga mudah diaplikasikan baik dengan cara dikuas maupun di-spray, cepat kering dan mudah diamplas (good sanding performance) atau dalam bahasa jawanya tidak mbolot.

Keunggulan yang paling diperhatikan adalah formulasinya yang low VOC (Volatile Organic Compounds) sesuai dengan standar European Chemical Agency (ECHA) sehingga terhindar dari bahaya bahan kimia yang terkandung pada cat solvent based.

Produk ini juga tidak mengandung racun sesuai dengan regulasi US-Environmental Protection Agency (US-EPA). Sehingga produk sanding sealer berkualitas merk BioColours ini sangat aman digunakan bahkan untuk baby furniture sekalipun.

baca juga : perbedaan karakteristik dan sifat kayu rotan bambu yang perlu anda ketahui

Keunggulan Teknis BioColours Sanding Sealer

Keunggulan secara teknis, BioColours Sanding Sealer bisa menghemat penggunaan topcoat dan wood stain. Dengan aplikasi sanding sealer BioColours ini Anda tidak perlu mengaplikasikan topcoat dan wood stain hingga berkali-kali.

Keunggulan teknis lainnya, produk BioColours Sanding Sealer cepat kering saat diaplikasikan. Untuk kering sentuh, hanya memerlukan waktu 20 menit saja, dan untuk kering amplas sudah bisa dilakukan dalam waktu 30-60 menit. Jadi, sangat membantu menghemat waktu finishing. Penghematan waktu ini semakin terasa karena produk BioColours Sanding Sealer sangat mudah diamplas. Selain hemat waktu, tentu saja Anda juga menghemat bahan serta amplas yang digunakan.

Dengan keunggulan ini pula, produk sanding sealer water based ini sangat cocok digunakan oleh para pengrajin maupun industri furniture yang melakukan ekspor produk ke negara-negara yag cukup ketat regulasinya terutama untuk regulasi keamanan produk. Misalnya negara-negara Uni Eropa, USA, Jepang, Turki, Hongkong, dll.

Secara harga, produk ini cukup kompetitif dibanding harga sanding sealer di pasaran, bahkan jika dibandingkan dengan yang menggunakan thinner sebagai pelarutnya. Harga yang cukup wajar jika dibanding dengan keunggulan kompetitif dan hasil aplikasinya. Penghematan yang dilakukan dengan aplikasi sanding sealer merk BioColours ini  juga bisa menjadi pertimbangan tersendiri saat Anda mau membeli produk sanding sealer.

Baca juga : Perbedaan pernis dan plitur dalam finishing kayu.

Cara Aplikasi Sanding Sealer

Secara umum, sanding sealer diaplikasikan dalam proses finishing furniture interior maupun exterior dengan hasil transparan. Dalam proses ini, sanding sealer diaplikasikan setelah aplikasi wood stain untuk warna dasar dan sebelum proses setting warna dilakukan. Sanding sealer akan mengunci warna dasar dan membuat proses setting warna menjadi lebih mudah.

biocolours sanding sealer untuk finishing warna natural transparan

Berikut cara aplikasi BioColours Sanding Sealer :

  • Pastikan media kayu bersih dari minyak, debu dan MC kayu kurang dari 15%. Pastikan media kayu juga sudah diamplas. Manfaat pengamplasan kayu yaitu agar permukaan media kayu halus dan rata. Sehingga memudahkan proses finishing yang akan dilakukan.
  • Jika sebelumnya diaplikasikan dempul atau wood filler, pastikan sudah diamplas habis dan debu bekas wood filler sudah dibersihkan. Jika sebelumnya diaplikasikan pewarna kayu wood stain sebagai warna dasaran, pastikan lapisan wood stain sudah kering dan sudah diamplas ambang.
  • Siapkan sanding sealer, encerkan dengan menggunakan pengencer air. Caranya tidak berbeda jauh dengan cara mencampur cat kayu dengan thinner. Campur air bersih dengan sanding sealer, gunakan rasio 2 sanding sealer : 1 air. Aduk hingga larutan homogen dan didapatkan viscositas sesuai alat yang digunakan.
  • Aplikasikan menggunakan spray gun untuk hasil terbaik. Anda juga bisa menggunakan kuas spon atau kuas yang dilapisi dengan kain katun putih bersih (kain politur) jika tidak ada spray gun.
  • Tunggu hingga kering. Untuk kering sentuh membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit. Sedangkan untuk kering amplas membutuhkan waktu +/- 60 menit. Amplas ambang menggunakan kertas amplas aluminium oxide no 240.
  • Ulang proses aplikasi. setelah kering, amplas ambang menggunakan kertas amplas no 400 sebelum aplikasi setting warna atau topcoat.

Sangat disarankan untuk mengaplikasikan sanding sealer dua layer (dua kali aplikasi). Pada aplikasi yang pertama, sanding sealer akan mengakibatkan bulu kayu tegak sehingga bisa terpotong pada saat proses pengamplasan. Aplikasi sanding sealer tahap kedua akan membantu menghasilkan permukaan yang halus dan pori-porinya tertutup, sehingga hasil finishing close pore bisa didapatka dengan lebih sempurna.

Baca juga : Finishing adalah cara aman untuk mengawetkan kayu

Sanding Sealer Untuk Finishing Natural

Selain digunakan untuk menghasilkan jenis finishing close pore transparan color, sanding sealer juga digunakan untuk menghasilkan finishing warna natural yang meng-ekspose keindahan serat dan warna alami kayu. Dalam proses finishing natural ini, sanding sealer diaplikasikan sebelum aplikasi topcoat atau clear coat, baik dengan cara dikuaskan maupun semprot.

Biasanya untuk case seperti ini, topcoat yang digunakan adalah topcoat death matte atau minimal matte. Hasilnya, kayu akan mendapatkan perlindungan dari proses coating yang dilakukan, namun secara tampilan tidak nampak di-coating. Tetap terlihat alami warna kayu asli.

Baca juga : fungsi clear gloss dalam finishing kayu.

Namun banyak juga customer yang menginginkan warna kayu dan serat kayu ter-ekspose dengan tampilan akhir gloss. Pada akhirnya, selera dari masing-masing customer yang menentukan. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat konsep finishing yang jelas sebelum proses finishing dilakukan. Sehingga fungsi sanding sealer dan bahan finishing lain yang digunakan bisa maksimal.

Siapakah Yang Bisa Menggunakan Produk BioColours Sanding Sealer 

sanding sealer water based untuk finishing transparan

Produk BioColours Sanding Sealer ini sangat cocok digunakan oleh industri furniture yang memproduksi furniture natural yang mengekspose warna dan serat kayu asli atau. Karena banyak buyer luar maupun buyer lokal yang menyukai hasil finishing jenis ini. Mempertahankan tampilan natural kayu, tetapi kayu terproteksi dengan baik.

Produk ini juga tepat digunakan oleh industri furniture yang ingin menghasilkan jenis finishing close pore warna transparan colours. Biasanya diaplikasikan dengan wood stain, baik yang berbahan kayu, turunan kayu seperti multipleks, LVL, bambu, rotan dan material sejenis. Pelaku industri wood craft maupun home decor juga cocok untuk menggunakan produk ini.

Jika Anda bergerak di industri wooden toys, baby furniture, kids furniture, maka produk sanding sealer dari Bioindustries ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena produk ini diformulasikan sesuai standar keamanan yang ditetapkan untuk jenis produk yang diperuntukkan untuk bayi dan anak-anak.

Baca juga : Kumpulan cat duco untuk kayu.

Bagaimana Cara Mendapatkan Produk BioColours Sanding Sealer 

Itulah fungsi dan kegunaan sanding sealer beserta info jenis sanding sealer water based yang kami rekomendasikan. Sanding Sealer dengan merk BioColours ini bisa membantu anda mendapatkan hasil finishing yang lebih maksimal hasilnya, baik dari sisi proteksi maupun dari sisi estetikanya. Lantas, bagaimanakah cara untuk mendapatkan produk BioColours Sanding Sealer ini?

Untuk mendapatkan produk BioColours Sanding Sealer, serta untuk mendapatkan informasi berapa harga dan konsultasi cara aplikasi, Anda bisa mengunjungi Bioindustries secara langsung di Bio service point Jogja, maupun Bio service Jepara dan Cirebon. Atau bisa juga membeli di agen terdekat di kota Anda. Karena produk ini sudah tersedia di berbagai agen yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Selain itu, Anda pun bisa memperoleh produk sanding sealer tersebut maupun produk cat kayu BioColours lainnya, contoh wood filler, wood stain, maupun topcoat, bisa dengan berbelanja secara online dengan menghubungi customer service Bioindustries via no 0822-4338-0001 atau menghubungi Bio Service Point Jogja, Bio Service Point Jepara atau Bio Service Point Cirebon.

Saat ini Bioindustries juga sedang mengembangkan program keagenan. Apabila Anda tertarik untuk menjadi mitra kami dengan menjadi agen di kota Anda, silahkan hubungi no hotline 0822 4338 0001.

Dapatkan berbagai manfaat dan keuntungan dengan menjadi agen produk Biovarnish, Orchid, Bioduco, Biopolish, termasuk produk sanding sealer dan produk-produk Bioindustries lainnya. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai fungsi sanding sealer maupun proses finishing water based lainnya, silahkan subscribe langsung via form yang sudah disiapkan di sidebar. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 396 orang responden
%d bloggers like this: