Mengapa Perlu Cat Kayu Berpelarut Air - Bioindustries

Mengapa Perlu Cat Kayu Berpelarut Air

Cat kayu berpelarut air atau cat water based saat ini sudah sudah banyak dicari oleh masyarakat. Sudah saatnya pelaku industri furniture maupun penyedia bahan cat perlu memikirkan untuk beralih ke cat water based.

finishing kayu natural dengan cat berpelarut air

Perkembangan teknologi kini telah mengubah industri finishing kayu. Bahan finishing/cat yang dulunya hanya bisa dilarutkan menggunakan thinner kini bisa menggunakan air saja sebagai bahan pelarutnya.

Cat kayu berpelarut air atau lebih dikenal dengan cat water based ini mulai banyak dicari, baik dari kalangan industri maupun di kalangan para penghobi. Di kalangan industri, penyebabnya adalah regulasi dari negara-negara tujuan ekspor yang melarang penggunaan bahan kimia berbahaya untuk semua produk yang masuk ke sana.

Selain itu, meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan bahan kimia cat kayu berbahaya dalam produk-produk yang digunakan sehari-hari, termasuk produk cat yang digunakan. Contoh bahan kimia berbahaya yang biasanya ada dalam bahan cat solvent based adalah timbal, formalin, cobalt, mercury.

Jenis cat untuk kayu yang menggunakan bahan pelarut air mampu memberikan hasil finishing yang tidak kalah bagus dibandingkan dengan cat berpelarut thinner. Bahkan cat water based memiliki beberapa keunggulan dibanding cat solvent based.

Dari segi tampilan, cat kayu berbahan dasar air atau yang sering disebut dengan cat water based adalah jenis cat yang tidak akan menimbulkan efek menguning. Nah efek menguning pada lapisan luar kayu ini pasti akan Anda temukan ketika Anda menggunakan cat kayu berpelarut solvent atau thinner.

Alasan mengapa cat kayu water based tidak menguning adalah karena tidak adanya kandungan formalin. Ketika sebuah cat mengandung banyak kandungan formalin maka dalam jangka waktu tertentu akan menimbulkan efek menguning yang akan memberikan tampilan kayu tidak transparan sempurna. Karena cat water based tidak memiliki kandungan formalin maka hasilnya akan selalu transparan tinggi bahkan jika jangka waktu sudah sangat lama sekalipun.

Dari segi tampilan, cat kayu berpelarut air mampu memberikan hasil yang tak kalah sempurna. Bahkan karena lapisan film yang diciptakannya, Anda kini bisa menggunakannya untuk furniture indoor maupun outdoor. Jangan takut lapisan cat akan luntur ketika terkena hujan karena lapisan film yang diciptakan oleh cat water based sangat kuat dalam melindungi substrat kayu.

Mengapa Harus Menggunakan Cat Kayu Berpelarut Air

efek bahan kimia berbahaya pada manusiaCat kayu water based dihadirkan dengan berbagai keunggulan yang menjawab permasalahan-permasalahan yang timbul saat menggunakan cat solvent based.

Beberapa keunggulan dari cat kayu berpelarut air diantaranya adalah :

  • Ramah lingkungan, aman bagi kesehatan.
  • Pengencer air, sehingga lebih praktis dan murah. Selain itu, proses pembersihan kuas dan spray gun cukup menggunakan air, jadi lebih hemat.
  • Aman disimpan maupun dalam proses pengiriman karena tidak mudah terbakar.
  • Cepat kering, tidak tergantung pada keberadaan sinar matahari. Sehingga bisa menekan biaya tenaga kerja dan waktu produksi.

Selain beberapa keunggulan di atas, ada alasan lain mengapa cat water based banyak digunakan. Cat water based adalah jenis cat yang pasti lulus ekspor. Benar saja, untuk kualitas ekspor furnitur kayu di Indonesia ke luar negeri seperti Eropa dan Amerika bahkan Jepang seringkali gagal. Salah satu alasannya adalah karena tingkat keamanan cat yang digunakan tidak lolos regulasi negara-negara tujuan ekspor.

Ketika produk cat yang digunakan solvent based, maka negara yang sudah menetapkan regulasi ketat seperti Uni Eropa, AS, Jerman, dan negara dengan aturan ketat lainnya akan melarang produk tersebut masuk sehingga banyak industri yang akan dirugikan.

Di luar negeri, kepekaan tentang penggunaan cat kayu water based yang lebih aman dibandingkan cat solvent based sudah sangat dipahami. Bahkan Eropa, Amerika, dan Hongkong sudah menciptakan standar regulasi yang membatasi penggunaan bahan kimia berbahaya dalam cat.

Beralih dari skala besar industri ekspor ke pengguna langsung seperti penghobi kayu. Bagi penghobi, nilai artistik dari sebuah karya kayu akan menjadi hal yang utama. Nah, karya-karya yang dibuat tidak terlepas dari penggunaan jenis cat yang berkualitas baik dari segi penampilan maupun perlindungan kayu. Jadi, sudah tidak heran lagi apabila baik di dunia industri dan juga di dunia penghobi, cat kayu water based menjadi cat acuan yang banyak digunakan.

Baca juga : Cara menggunakan dempul kayu yg bagus untuk finishing kayu.

Merk Cat Kayu Berpelarut Air Dari Bioindustries

finishing warna solid dengan cat water based

Salah satu perusahaan yuang memelopori munculnya cat water based di Indonesia adalah Bioindustries yang merilis produk cat water based yang sangat bervariasi.

Anda bisa menggunakan cat kayu water based dari Bioindustries ini dengan mudah, baik dengan menggunakan kuas ataupun dengan spray system. Untuk bisa mendapatkan produk cat Bioindustries, Anda bisa menghubungi nomor hotline yang tertera di website atau mendapatkannya melalui stock poit maupun agen Bioindustries di kota Anda.

Berikut ini beberapa merk unggulan cat kayu berpelarut air yang dikeluarkan oleh Bioindustries.

  1. Biovarnish
cat kayu berpelatur air

cat kayu water based, Biovarnish

Produk cat kayu Biovarnish adalah cat acrylic water based yang penggunannya sangat mudah hanya dengan kuas dan cukup dilarutkan dengan air saja. Rangkaian produk yang dikeluarkan dalam seri Biovarnish adalah Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan juga Biovarnish Clear Coat.

Produk Biovarnish wood filler tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu warna jati, mahoni, ramin dan sungkai. Sedangkan untuk Biovarnish wood stain, pilihan warnanya sangat lengkap, karena ada 20 pilihan warna yang bisa Anda pilih. Namun ada lima warna yang saat ini menjadi pilihan utama para customer, yaitu candy brown, light brown, salak brown, walnut brown dan juga yellow ox.

Baca juga : Campuran dempul kayu untuk menambal lubang pada kayu.

Untuk Biovarnish clear coat, ada dua jenis hasil finishing yang bisa Anda dapatkan, yaitu natural dengan menggunakan clear matte dan clear gloss untuk hasil mengkilap. Jenis produk Biovarnish sangat cocok digunakan oleh industri kecil menengah, penghobi dan juga end user seperti ibu rumah tangga.yang membutuhkan proses finishing cepat, simple atau mudah dan tentu saja aman.

Anda tidak perlu khawatir diprotes oleh tetangga karena saat aplikasi bahan finishing ada bau yang menyengat. Karena dengan menggunakan Biovarnish, nyaris tidak ada bau dan rasa pedih di mata.

Baca juga : merk cat untuk bambu yang tahan air dan tahan cuaca

  1. BioColours

Produk BioColours hadir dengan produk step lengkap, baik untuk hasil finishing warna natural transparan maupun warna solid. Untuk hasil finishing warna natural yang diaplikasikan menggunakan spray system, BioColours tersedia lengkap mulai dari wood filler, sanding sealer, wood stain maupun topcoat. Jika Anda adalah pengusaha industri mebel maka BioColours ini sangat cocok untuk digunakan.

Untuk hasil finishing warna solid, BioColours hadir dengan step lengkap, seperti wood putty, primer coat, Bioduco untuk coloring dan topcoat. Masih dengan aplikasi spray system, cat ini digunakan untuk skala industri karena hasilnya yang sangat sempurna. Ada 24 pilihan warna solid yang bisa Anda pilih sesuai dengan gaya yang di-inginkan.

Baca juga : Cat pelapis tembok aman dan ramah lingkungan.

  1. Orchid

Cat kayu besi Orchid adalah cat kayu enamel paint yang bisa diaplikasikan pada kayu dan juga besi. Produk ini aman digunakan, tidak beracun dan ramah lingkungan. Anda bisa mengaplikasikan cat orchid ini untuk furniture, pintu, rak, bahkan pagar, baik yang berbahan kayu kayu, plywood, besi, seng dan segala macam media kebutuhan secara umum baik interior maupun exterior.

Produk cat kayu besi water based ini juga mampu menghasilkan lapisan film yang sangat fleksibel, sehingga sangat cocok untuk bermacam media yang memiliki sifat lentur dan mudah bergerak seperti rotan, pandan, anyaman bambu, enceng gondok dan berbagai jenis kerajianan serat alam lainnya.

Proses aplikasinya sangat mudah yaitu hanya dengan kuas dan cukup dilarutkan dengan air. Produk ini juga non toxic dan low VOC, sehingga aman diaplikasikan, bahkan untuk rak dapur sekalipun. Ada 24 pilihan warna cat kayu besi Orchid yang bisa Anda pilih.

Baca juga : Kumpulan cat atau warna untuk pintu besi.

  1. BioThane

biovarnish, biocolours, bioduco, orchid, biothane, primer coat, sanding sealer

Produk ini adalah produk topcoat clear yang memberikan hasil finishing transparan. Namun produk BioThane ini diciptakan untuk media yang heavy duty atau yang sering terkena gangguan seperti gesekan misalnya.

Contohnya, meja bar, meja dapur, wastafel, lantai, decking, dan media lain yang beban pemakaiannya berat. Yang sering digunakan hasilnya adalah warna gloss. Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil finsihing doff, Anda bisa menggunakan mating agent untuk mengubah tampilan gloss pada Biothane menjadi doff.

Baca juga : Cat Meja Kayu Putih untuk Menampilkan Kesan Shabby Chic dirumah.

  1. Primer Coat

Produk ini termasuk ke dalam seri BioColours, namun untuk penggunaannya lebih pada cat dasar kayu warna solid. Cat water based ini diformulasikan khusus sebagai lapisan primer dengan fungsi untuk menutup, melapisi dan memperbaiki teksture maupun warna permukaan kayu.

Primer difungsikan sebagai lapisan utama, biasanya diaplikasikan setelah wood putty sebelum aplikasi warna. Keberhasilan aplikasi primer ini sangat penting agar lapisan di atasnya hasilnya bisa sempurna. Primer coat ini bisa diaplikasikan dengan spray system maupun brush system.

Produk primer coat ini sangat cocok diaplikasikan pada furniture, pintu, kusen, dan berbagai jenis kerajinan yang terbuat dari kayu atau bahan sejenis kayu, plywood, MDF, HDF, bambu, rotan, dll. Produk cat primer water based ini bisa diaplikasikan untuk kebutuhan indoor maupun outdoor.

Baca juga : sifat kayu bambu dan rotan yang perlu anda ketahui

  1. Sanding Sealer

Cat kayu sanding selaer adalah cat kayu berpelarut air yang akan memberikan hasil finsihing warna natural. Sanding sealer berfungsi sebagai maincoat, diaplikasikan sama seperti primer yaitu untuk memberikan lapisan antara dempul dan lapisan di atasnya.

Aplikasi sanding sealer akan membuat hasil finishing transparan terkesan lebih natural dan halus. Karena aplikasi Sanding Sealer BioColours ini akan membantu mengangkat bulu kayu, sehingga bulu kayu bisa terpotong saat pengamplasan. Hasilnya, kayu akan lebih halus dan pori lebih tertutup.

Jadi jangan pernah lupa untuk memberikan sanding sealer kayu, terlebih bagi Anda yang ingin hasil finishing natural. Untuk hasil finishing natural warna kayu tanpa ada penambahan wood stain, Anda bisa mengaplikasikan sanding sealer langsung ditutup topcoat.

Itulah beberapa varian cat kayu berpelarut air yang bisa Anda gunakan, baik untuk finishing warna natural maupun finishing warna solid. Baik untuk kebutuhan sendiri, untuk menyalurkan hobi terhadap kayu ataupun untuk proses produksi.

Untuk mendapatkan produk-produk cat kayu berpelarut air yang aman bahkan untuk finishing kids furniture maupun baby furniture ini, Anda bisa menghubungi no hotline kami di no 0822-4338-0001. Atau silahkan datang ke stock point dan agen kami yang terdekat di kota Anda.

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 333 orang responden
%d bloggers like this: