Fungsi Sanding Sealer dalam Finishing Kayu Natural

Fungsi sanding sealer adalah sebagai maincoat atau lapisan utama dalam proses finishing kayu warna natural transparan.

fungsi sanding sealerPada proses finishing kayu natural transparan, seringkali kita melihat aplikator mengaplikasikan sanding sealer. Sanding sealer adalah jenis maincoat atau lapisan utama yang warna hasil aplikasinya transparan, sehingga serat kayu maupun warna alami substrat tetap ter-expose. Oleh karena itu, sangat cocok digunakan pada proses finishing kayu warna natural transparan.

Lantas, apa sebenarnya fungsi sanding sealer dalam proses finishing kayu? Sanding sealer sebenarnya difungsikan sebagai lapisan coating utama (maincoat) untuk membangun struktur utama dari lapisan film coating. Sebagai lapisan utama, sanding sealer berperan untuk melindungi lapisan coating di bawahnya sekaligus untuk memperindah tampilan dari media kayu.

Syarat Kualitas Sanding Sealer

Agar mampu menjalankan fungsi-fungsi tersebut di atas, sanding sealer yang digunakan harus mampu memenuhi dua syarat utama performa dari lapisan utama atau mancoat. Lantas, syarat apa saja yang harus dipenuhi agar sanding sealer mampu menciptakan lapisan film coating berperforma baik? Berikut dua syarat utama dari sanding sealer.

Syarat yang pertama, yaitu harus memiliki daya rekat yang kuat. Daya rekat ini mempengaruhi kemampuan sanding sealer untuk menciptakan lapisan film yang mampu bertahan lama sesuai lokasi peruntukan media kayu. Jika lapisan yang terciptakan mudah retak atau mudah mengelupas, maka bisa membuat fungsi perlindungan dari keseluruhan lapisan film coating yang terhasilkan bisa gagal.

Syarat kedua, daya tutup harus bagus. Jika daya rekat menjalankan fungsi perlindungan, daya tutup membantu memperkuat fungsi estetika dari lapisan film. Daya tutup yang bagus akan membantu menutup dan memperbaiki cacat dari permukaan media kayu. Kualitas lapisan utama yang bagus  bisa didapatkan jika daya tutup yang terhasilkan juga bagus. Sehingga pada akhirnya hasil coating yang didapatkan akan maksimal dan mampu mempercantik permukaan media kayu.

Sanding Sealer Water Based, Adakah?

finishing warna natural transparanPertanyaan selanjutnya, adakah jenis sanding sealer water based yang cocok untuk aplikasi finishing cat kayu natural transparan? Saat ini sanding sealer water based sudah beredar di pasaran, salah satunya merk BioColours. Produk ini merupakan salah satu dari varian produk cat water based yang diproduksi oleh Bioindustries, manufaktur spesialis cat water based dan produk green chemicals.

BioColours Sanding Sealer(SS401Z) merupakan sanding sealer yang diformulasikan dengan karakter sifat PH, kelenturan dan kekerasan disesuaikan dengan karakter sifat kimia fisika dari substart kayu. Sehingga saat diaplikasikan mampu menghasilkan lapisan film coating yang menyatu dengan media kayu. Selain diaplikasikan pada media kayu, sanding sealer ini juga bisa diaplikasikan pada media bambu, plywood, MDF, rotan, padan, dan jenis serat alam serta bahan sejenis kayu lainnya.

Produk sanding sealer merk BioColours tersebut memiliki beberapa keunggulan, diantaranya daya rekat yang kuat, daya tutup yang bagus, dan film flexibility yang bagus sehingga tahan bentur. Selain itu, produk ini juga mudah diaplikasikan baik dengan cara dikuas maupun di-spray, cepat kering dan mudah diamplas (good sanding performance).

Itulah fungsi sanding sealer beserta info jenis sanding sealer water based yang kami rekomendasikan. Lantas, bagaimanakah cara untuk mendapatkan produk BioColours Sanding Sealer ini? Untuk mendapatkan produk BioColours Sanding Sealer (SS401Z), Anda bisa mengunjungi Bioindustries secara langsung di Bio service point Jogja, maupun Bio service Jepara dan Cirebon. Selain itu, Anda pun bisa memperoleh produk tersebut dengan berbelanja secara online dengan menghubungi customer service Bioindustries via no 0878-3934-6433 atau no 08222-2026-5056. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 396 orang responden
%d bloggers like this: