Cat Kayu Biovarnish, Fungsi dan Keunggulannya - Bioindustries

Cat Kayu Biovarnish, Fungsi dan Keunggulannya

Apa itu cat kayu Biovarnish? Biovarnish adalah plitur kayu  water-based untuk eksterior dan interior, mudah dikuas dan bisa diamplas.

apa itu biovarnish wood stain
Ada banyak bahan finishing furniture yang dikenal di pasaran, baik bahan finishing water based maupun yang solvent based. Salah satu bahan finishing yang saat ini banyak dicari adalah cat kayu transparan Biovarnish.

Produk cat water based ini sangat cocok digunakan sebagai bahan finishing, baik untuk furniture interior maupun eksterior. Anda bisa menggunakannya untuk furniture ruang tamu, kamar, ruang makan dll. Anda juga bisa mengaplikasikannya untuk kebutuhan eksterior, seperti pintu, kusen maupun furniture untuk teras dan garden furniture.

Sangat simpel dalam proses aplikasinya, bahkan ibu-ibu rumah tangga pun bisa mengaplikasikan produk plitur ramah lingkungan ini. Biovarnish mudah diaplikasikan dengan menggunakan kuas, dan bisa diaplikasikan dengan menggunakan spray.

Baca juga : Menampilkan Kesan Shabby Chic Menggunakan Cat Putih Untuk Perabot Kayu

Jenis-Jenis Produk Biovarnish Series, Plitur Water Based Ramah Lingkungan

Biovarnish series sekarang hadir dalam enam jenis produk. Yaitu Biovarnish wood filler, Biovarnish wood stain , Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer, dan Biovarnish clear coat. Bahkan sekarang dilengkapi dengan Biovarnish Glaze.

Rangkaian produk plitur kayu ini sangat cocok digunakan untuk finishing kayu atau bahan sejenis kayu. Seperti multipleks, veener, LVL, bambu, rotan maupun bahan serat alam lainnya.

Produk cat kayu natural transparan ini bisa diaplikasikan tanpa harus dijemur di bawah matahari. Sehingga Anda bisa mengaplikasikan kapan saja dan dimana saja, tanpa harus menunggu ada sinar matahari.

Biovarnish cocok untuk finishing berbagai jenis perabot berbahan kayu seperti furniture, home decorative, building material seperti dinding kayu, pintu, kusen, jendela, pagar, pergola, ataupun wooden craft seperti wooden toys, sangkar burung dan berbagai barang kerajinan berbahan kayu lainnya.

Biovarnish Sebagai Pengganti Bahan Plitur Konvensional

Produk pernis kayu water based Biovarnish dikembangkan secara khusus sebagai solusi pengganti bahan plitur kayu konvensional atau pernis kayu shellac gum. Seperti kita ketahui, produk plitur konvensional dan pernis berbahan shellac gum menggunakan bahan pelarut thinner ataupun minyak tanah yang berbahaya bagi kesehatan.

Salah satu contoh bahan berbahaya yang terkandung dalam thinner adalah lead. Hasil penelitian dari American Cancer Sociaty menunjukkan bahwa bahan berbahaya seperti lead yang terkandung dalam thinner dan bahan solvent organic lainnya mampu memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Hasil penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa bahan-bahan kimia berbahaya dan logam berat yang terkandung dalam cat solvent juga menyebabkan gangguan kesehatan, seperti gangguan pernafasan akut, gangguan jantung, alergi, gangguan saraf dan penyakit berbahaya lainnya.

Baca juga : Daftar Harga Cat Besi Water Based 2019.

Keunggulan Cat Kayu Biovarnish

Dibandingkan dengan bahan plitur kayu konvensional yang ada di pasaran, Biovarnish lebih cepat kering dan tidak lengket. Selain itu juga lebih efektif dan efesien untuk finishing furniture, pintu, kusen serta produk kerajinan kayu, bambu, rotan.

cat kayu biovarnish untuk finishing warna natural

Berikut beberapa keunggulan lain Biovarnish dibanding produk sejenis yang beredar di pasaran :

  • Aman dan ramah lingkungan (low VOC)
  • Good levelling and anti brush marking
  • Tidak berbau (odorless)
  • Tidak beracun (non toxic)
  • Warna tajam dan transparansi warna bagus
  • Mudah diaplikasikan
  • Bisa diaplikasikan dengan kuas dan spray
  • Tahan air dan tahan cuaca
  • Mudah dibersihkan
  • Daya rekat bagus

Baca juga : Cara Finishing Kayu dengan Biovarnish

Dempul Kayu Biovarnish Wood Filler

Biovarnish Wood Filler merupakan produk wood filler water based berbentuk pasta liquid. Produk ini mampu mengisi pori-pori kayu dan menutup cacat permukaan secara efektif. Wood filler juga  mampu menghaluskan permukaan substrat secara efektif untuk menghasilkan lapisan coating transparan dengan pori-pori tertutup.

Selain itu, wood filler Biovarnish juga aman dan ramah lingkungan dengan kandungan volatyle organic compound sangat rendah dan non toxic. Produk ini juga mudah di-amplas, memiliki daya rekat tinggi, mudah digunakan, tidak berbau dan cepat kering. Sehingga produk wood filler berkualits tinggi  ini juga recommended untuk finishing wooden toys dan baby furnitur yang notabene mensyaratkan standar keamanan yang tinggi.

Cara Aplikasi Biovarnish Wood Filler

Persiapan

Siapan alat untuk aplikasi, misalnya pisau scrape/palet, kuas atau kain bal. Siapkan juga kertas amplas aluminium oxide no 240. Pastikan alat dan media aplikasi kering, bersih dan bebas dari kotoran maupun minyak. Setelah itu, pilih Biovarnish Wood Filler sesuai warna yang dibutuhkan (mahoni, jati, ramin). Pengencer : air bersih (PH + 7)

Aplikasi :

  • Tambahkan air bersih secukupnya sesuai alat yang digunakan.
  • Aplikasikan menggunakan pisau palet, kuas atau semprot searah serat media kayu.
  • Tunggu hingga media kayu kering benar.
  • Amplas permukaan lapisan dengan kertas amplas jenis alumunium oxide no 240. Lakukan searah serat sampai halus dan serat kayu terlihat. Pastikan wood filler teramplas habis dan yang tersisa hanya yang di dalam pori-pori saja.
  • Ulangi lagi dengan prosedur aplikasi seperti di atas untuk memastikan seluruh pori-pori telah tertutup sempurna.

Baca juga : Jual Dempul Kayu Murah dan Berkualitas

Cat Kayu Biovarnish Wood Stain

Biovarnish wood stain adalah bahan pewarna kayu berpelarut air, berbahan acrylic stained emulsion yang diformulasikan sesuai standar regulasi European Chemical Agency (ECHA-REACH Regulation) dan US-EPA regulation untuk penggunaan bahan kimia dalam cat. Sehingga produk ini sangat aman digunakan termasuk untuk finishing furniture maupun kusen, pintu dan jendela kamar anak atau bayi sekalipun.

Produk ini memiliki daya rekat kuat, transparansi warna yang bagus dan hasil warna yang tajam masuk ke substrat kayu. Keunggulan lainnya dari produk ini, cat kayu Biovarnish wood stain juga tahan air dan tahan cuaca, tidak bau, cepat kering dan sangat mudah untuk diaplikasikan.

Biovarnish wood stain tersedia dalam 20 pilihan warna wood stain yang cerah tajam dan dengan standar transparansi warna yang sangat baik sehingga tetap mampu menampilkan keindahan texture serat warna kayu yang exotis. Penggunaan warna justru aan semakin menguatkan keindahan serat kayu yang akan semakin terekspose.

Berikut warna-warna kayu yang bisa Anda pilih di katalog warna Biovarnish wood stain:

katalog warna biovarnish

Baca juga : warna cat untuk pagar bambu yang tahan air dan tahan cuaca

Cara Aplikasi Cat Kayu Biovarnish Wood Stain

Persiapan

Pastikan alat dan media aplikasi kering, bersih dan bebas dari kotoran maupun minyak. Pilih Biovarnish Wood Stain sesuai warna yang dibutuhkan. Anda bisa memilih dari katalog warna Biovarnish wood stain yang tersedia. Pengencer : air bersih (PH + 7)

Aplikasi :

  • Encerkan dengan air bersih sambil diaduk hingga homogen dan didapatkan viscositas 8-12 detik (NK-2).
  • Aplikasikan menggunakan kuas halus atau oleskan dengan kain katun bersih ke permukaan media.
  • Tunggu hingga didapatkan kering sentuh (15-20 menit).
  • Ulangi lagi sampai mendapatkan warna yang diharapkan.

Catatan : semakin tebal lapisan wood stain, maka warna yang didapat akan semakin gelap. Begitu pula sebaliknya.

Baca juga : Cat untuk Alumuniuim – Orchid Enamel Paint

Biovarnish Clear Coat

Biovarnish clear coat adalah pernis kayu atau varnish clear water based acrylic emulsion yang berfungsi sebagai topcoat atau lapisan akhir finishing kayu warna natural. Produk clear coat ini sangat aman dan ramah lingkungan (non toxic and very low VOC), tahan air dan tahan cuaca, sangat mudah diaplikasikan baik dengan cara brush system maupun spray system,  cepat kering. Sehingga Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish clear coat di pagi hari ataupun sore hari, karena untuk aplikasi tidak perlu dijemur di bawah matahari.

Baca juga : kekurangan dan kelebihan kayu mahoni

Sebagai topcoat, produk ini bertugas untuk melindungi lapisan film di bawahnya, sekaligus untuk memberikan tampilan akhir gloss atau doff. Mungkin ada yang masih bertanya-tanya, tampilan akhir gloss dan doff itu seperti apa. Bioindustries telah membuat standar sheen level untuk hasil akhir menggunakan produk topcoat/clear coat dari Bioindustries, termasuk untuk brand Biovarnish.

Berikut standar sheen level atau tingkat glossy produk topcoat/clear coat Bioindustries:

  • Death matt = 0-9%
  • Matt           = 10-19%
  • Doff            = 20 – 29%
  • Satin           = 30-39%
  • Semi gloss  = 40-59%
  • Gloss          = 60-79%
  • High gloss  = 80-99%
  • Mirror          = 100+%

Tingkat glossy ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya tingkat cahaya (sudut pandang), kerataan dan kehalusan media. Media kayu mudah diamplas atau tidak. Karena jika diamplas sulit meskipun menggunakan clear coat gloss maka hasilnya juga tidak akan glossy. Faktor lain yang mempengaruhi adalah matting agent yang digunakan. Semakin banyak matting agent yang digunakan, maka akan semakin menurunkan tingkat glossy.

Baca juga : Varnish adalah salah satu cat yang bisa digunakan untuk finishing kayu.

Cara Aplikasi Biovarnish Clear Coat

Persiapan media, bahan dan alat

Pastikan alat dan media aplikasi kering, bersih dan bebas dari kotoran maupun minyak. Pilih Biovarnish Clear Coat sesuai tingkat glossy yang dibutuhkan (gloss/doff). Gunakan air bersih (PH + 7) sebagai pengencer.

biovarnish clear coat

Aplikasi :

  • Encerkan dengan air bersih dengan perbandingan 4:1 sambil diaduk hingga homogen dan didapatkan viscositas 8-12 detik (NK-2).
  • Aplikasikan menggunakan kuas halus atau oleskan dengan kain katun bersih ke permukaan media.
  • Tunggu hingga didapatkan kering sentuh (15-20 menit).
  • Ulangi lagi sampai mendapatkan ketebalan lapisan film dan tingkat glossy yang diharapkan.

Baca juga : warna cat sangkar yang bagus tahun 2019

Rangkaian produk cat kayu Biovarnish ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di Bio Service Center Jogja, Bio cabang Cirebon maupun Bio cabang Jepara atau dengan menghubungi agen bio terdekat dari wilayah Anda. Untuk Anda yang tertarik untuk menjadi agen produk Biovarnish dan produk Bioindustries lainnya, silahkan kontak no hotline yang tertera di website ini, yaitu 0822-4338-0001. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 316 orang responden
%d bloggers like this: