Bioindustri Omnipresen

Blog

Keunggulan Menggunakan Sanding Sealer yang Efektif untuk Hardwood

Furniture natural

Rapi, awet, berkualitas, dan kalau bisa minim budget. Itulah yang diharapkan oleh konsumen furnitur atau mebel dari tukang kayu custom. Menjaga kualitas permukaan hardwood yang populer untuk mebel bisa banget pakai sanding sealer. Yuk baca lebih lanjut buat keuntungan lainnya!

Kayu, terutama hardwood memang jadi bahan yang populer dan sering digunakan dalam berbagai proyek seperti konstruksi, kerajinan tangan, furnitur, sampai home décor. Ketika Sobat Bio menggunakan kayu-kayu keras seperti jati, mindi, merbau, bengkirai, penting sekali untuk menjaga kualitas dan keindahan kayu tersebut. Salah satu cara cepat dan mudah untuk mendapat hasil yang indah dan minim kerusakan adalah dengan menggunakan sanding sealer yang bisa diaplikasi pada kayu indoor maupun outdoor.

Kenapa harus memakai sanding sealer, dan apa saja keunggulannya? Yuk baca sampai tuntas, ya!

Sekilas tentang Sanding Sealer pada Finishing Natural?

Sanding sealer, atau yang sering disebut sebagai sealer merupakan lapisan tipis yang digunakan untuk “menyegel” substrat kayu sebelum pengaplikasian lapisan akhir seperti pernis warna natural atau top coat. Bentuknya yang cair ini berfungsi untuk mengisi pori-pori kayu dan menyamarkan cacat permukaan. Anda bisa menggunakan sanding sealer sebagai lapisan dasar (basecoat) dan atau lapisan intermediate, dengan tujuan untuk menjaga penampilan natural dan keindahan serat kayu. Berikut perbedaan kedua cara pengaplikasian sanding sealer tersebut

1.       Pengaplikasian Sanding Sealer untuk Basecoat

aplikasi sanding sealer untuk basecoat

Sebagai lapisan dasar, sanding sealer bisa langsung diaplikasikan pada kayu mentah yang permukaannya telah dihaluskan dengan amplas. Pengaplikasian secara langsung pada permukaan kayu mentah ini berfungsi untuk menutup pori kayu agar pengaplikasian selanjutnya bisa menghemat cat dan menciptakan permukaan halus serta merata.

Selain itu, pengaplikasian sanding sealer untuk lapisan dasar bisa menyamarkan cacat permukaan kayu terutama pori-pori besar dan cutter marks (noda bekas pemotongan).

2.      Sanding Sealer untuk Lapisan Intermediate

Sanding sealer juga bisa diaplikasikan setelah stain dan sebelum top coat. Atau bisa juga diaplikasikan setelah wood filler. Anda bisa menambahkan aplikasi ini jika memerlukan hasil akhir yang lebih halus dan kuat. Sebagai lapisan intermediate, sanding sealer berfungsi sebagai penghalang tambahan dan memudahkan proses pengampelasan, sehingga lapisan akhir bisa menempel dengan lebih baik pada permukaan kayu.

Dengan adanya lapisan intermediate yang membantu menghaluskan permukaan dari substrat kayu yang kecil dan sulit terpotong. Selain itu juga membantu menjaga warna dan tampilan kayu yang lebih alami, awet dan terhindar dari masalah finishing seperti blocking atau efek bubble saat pengaplikasian top coat.

Keunggulan Pengaplikasian Sanding Sealer pada Hardwood

Penggunaan sanding sealer memang jarang dilakukan saat finishing, dan tidak semua jenis proyek finishing memerlukan produk ini. Namun, ada 5 keunggulan yang bisa Anda dapatkan ketika mengaplikasikan sanding sealer pada proyek finishing pada furniture hardwood Anda .

  1. Meningkatkan daya tahan kayu terhadap goresan, cuaca, dan kelembapan. Hal ini membuat kayu keras lebih tahan lama dan mempertahankan keindahan serat kayu selama bertahun-tahun.
  2. Cocok dengan finishing close pore/ open pore dengan cat water-based dengan kekentalan yang pas dan bahan baku yang fleksibel untuk permukaan kayu.
  3. Menyamarkan cacat permukaan. Tampilan noda ringan seperti goresan atau bercak bisa Anda tutupi dengan sanding sealer.
  4. Mencegah penyerapan cat yang berlebihan. Kayu keras mentahan cenderung menyerap lapisan finishing dengan cepat, sehingga membuat hasil akhir tidak merata. Nah, sanding sealer membantu membentuk lapisan awal untuk mencegah warna cat menyerap ke dalam kayu secara berlebihan.
  5. Fungsi utama dari sanding sealer adalah mengisi pori kayu, terutama pada kayu keras yang cenderung memiliki pori-pori besar. Dengan mengisi pori kayu, sealer menciptakan permukaan yang lebih halus, sehingga memungkinkan lapisan akhir menempel dengan baik.

Jenis-jenis Kayu yang Memerlukan Sanding Sealer

jenis-jenis hardwood yang bisa diaplikasi dengan sanding sealer

Ini dia beberapa jenis kayu yang familiar digunakan oleh tukang kakyu di Indonesia yang bisa diaplikasi dengan sanding sealer:

  1. Jati: Jenis kayu ini sudah sering digunakan sejak dahulu kala karena terkenal dengan ketahanannya. Jati sering digunakan untuk membuat perabotan dan barang-barang kerajinan karena serat kayunya yang indah. Penggunaan sanding sealer pada jati dapat membantu produk furnitur Anda menjadi jauh lebih kuat.
  2. Kayu sengon yang sering digunakan dlaam konstruksi sederhana bisa mendapatkan manfaat tambahan dari aplikasi sanding sealer karena pori-pori permukaan yang lebar.
  3. Kayu jenis merbau dan bengkirai juga populer dalam pembuatan furnitur, lantai, dan deck. Dengan kualitas kayu yang bagus, kedua jenis kayu tersebut bisa masuk dalam kategori kayu untuk perabotan heavy duty. Jadi, perlu perawatan tambahan untuk mempertahankan permukaan dan warna natural kayu.

Dalam iklim tropis Indonesia dan beragamnya jenis kayu, perlindungan tambahan menjadi penting untuk menjaga keindahan dan kualitas kayu dalam jangka waktu yang lebih lama.

tanya cs bio
Tanya Bio!