Cara Finishing Kayu Natural Menggunakan Biovarnish - Bioindustries

Cara Finishing Kayu Natural Menggunakan Biovarnish

Cara finishing kayu natural untuk furniture interior bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya menggunakan cat Biovarnish, cat kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

finishing natural dengan biovarnish

Finishing kayu warna natural untuk furniture masih mendapat tempat di industri furniture Nusantara. Warna natural masih mendominasi, baik furniture untuk interior maupun garden furniture.

Berbagai jenis finishing yang menghasilkan warna natural, seperti finishing menggunakan clear coat, finishing menggunakan wood stain, ataupun finishing natural menggunakan beeswax sering digunakan sebagai pilihan finishing favorit.

Ketiga jenis finishing tersebut mampu menghasilkan warna natural transparan dengan karakter yang berbeda. Namun prinsipnya sama, yaitu  mampu mengekspose keindahan struktur dan serat kayu yang di-finishing.

Baca juga : cara mengecat kandang burung menggunakan cat kayu water based

Mengenal Lebih Dekat Biovarnish, Cat Kayu Water Based yang Aman dan Tidak Bau

Biovarnish merupakan salah satu bahan finishing yang sering digunakan untuk menghasilkan finishing dengan warna natural transparan yang elegan. Dengan pilihan produk yang cukup lengkap, kita bisa membuat berbagai jenis finishing menggunakan produk ini.

Biovarnish merupakan produk finishing water based yang aman dan ramah lingkungan. Karena Biovarnish diformulasikan dengan merujuk pada standar keamanan bahan kimia internasioal, seperti US-EPA dan European Chemicals Agency.

Dengan menggunakan Biovarnish, kita tidak perlu khawatir para tetangga akan komplain. Karena saat diaplikasikan, tidak ada bau menyengat yang hadir. Biovarnish tidak mengandung formaldehide dan bahan kimia berbahaya lainnya. Sehingga rasa pedas menyengat tidak akan muncul.

Baca juga : Cara Mengecat Lemari Kayu untuk Menampilkan Kesan Shabby Chic di dalam rumah

Tips Mudah Mengekspos Serat Kayu Untuk Menghasilkan Finishing Natural

cara finishing kayu natural

Dalam artikel ini akan dijelaskan cara mengecat kayu dengan pernis natural menggunakan Biovarnish. Aplikasi ini merupakan metode finishing kayu dengan hasil warna natural transparan untuk memperlihatkan keindahan dari serat atau alur kayu.

Aplikasi finishing untuk indoor maupun outdoor furniture ini menggunakan seri produk Biovarnish. Produk cat water based ini menyediakan pilihan lengkap, mulai dari Biovarnish wood filler, Biovarnish wood stain, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Glaze dan Biovarnish clear coat.

Untuk memudahkan memahaminya, kami akan mencontohkan tiga variasi finishing natural menggunakan Biovarnish series. Pertama, finishing transparan menggunakan Biovarnish wood filler, Biovarnish wood stain sebagai produk utama dan Biovarnish Clear Coat sebagai penutup. Hasilnya adalah finishing transparan yang mengekspose serat kayu tetapi warnanya seragam.

Contoh proses aplikasi finishing kayu warna natural untuk furniture ini menggunakan kayu mahoni dengan MC kayu berkisar 12%, dengan room humidity 60-70% dan suhu ruangan di angka 30ºC. Teknik aplikasi yang digunakan adalah brush system, yaitu menggunakan kuas dan kain bahan kaos yang bersih atau bal. Anda juga bisa menggunakan spray gun untuk aplikasi Biovarnish ini, karena cat kayu ini juga bisa diaplikasikan secara spray system.

Baca juga : plitur biovarnish water based yang aman dan ramah lingkungan.

Cara Finishing Kayu Transparan Menggunakan Cat Kayu Biovarnish

cat kayu natural transparan, Biovarnish

Sebelum proses atau cara finishing kayu natural dimulai, siapkan terlebih dahulu media kayu yang akan di-finishing. Siapkan amplas no 120, kemudian gunakan untuk meng-amplas media kayu. Amplas permukaan kayu searah serat kayu sampai benar-benar halus dan rata. Pengamplasan ini berfungsi untuk memperhalus media kayu.

Selain itu, pastikan media kayu telah benar-benar kering (MC ≤ 12%). Dan permukaan media kayu bebas dari debu, kotoran dan bekas minyak yang akan mengganggu penetrasi bahan cat ke dalam substrat kayu.

Aplikasi Biovarnish Wood Filler

wood filler Biovarnish

Siapkan Biovarnish Wood Filler sesuai warna kayu. Biovarnish Wood Filler tersedia dalam warna jati dan mahoni. Karena kayu yang digunakan adalah kayu mahoni, maka Biovarnish Wood Filler yang digunakan adalah warna mahoni.

Tambahkan air bersih secukupnya sesuai alat yang digunakan. Aduk hingga rata, kemudian aplikasikan menggunakan pisau palet, kuas atau spray searah serat, dan tunggu hingga kering benar.

Amplas permukaan lapisan dengan kertas amplas no 240 searah serat sampai habis, yang tertinggal hanya yang di dalam pori-pori saja. Ulangi lagi prosedur aplikasi ini untuk memastikan seluruh pori-pori telah tertutup sempurna.

Aplikasi Biovarnish Wood Stain

Biovarnish Wood stain

Siapkan Biovarnish Wood Stain sesuai warna yang diharapkan. Dalam contoh aplikasi  ini menggunakan warna papua rose. Jika perlu, tambahkan air bersih untuk mengencerkan dan untuk menurunkan kepekatan warna. Lakukan proses pengadukan sebelum dan selama proses aplikasi. Gunakan perbandingan 2:1 untuk pencampuran dengan air.

Aplikasikan menggunakan kuas spon atau kuas yang dibungkus dengan kain bal atau spray, kemudian tunggu sampai benar-benar kering selama ± 60 menit. Tidak disarankan dijemur di bawah sinar matahari secara langsung.

Setelah kering, amplas halus menggunakan amplas no 400. Ulangi lagi proses aplikasi Biovarnish Wood Stain warna papua rose ini dengan ratio pengenceran 2:1 (jika warna yang di-inginkan lebih gelap, turunkan angka ratio bahannyaa). Tunggu hingga kering ± 30 menit. Ulang proses ini 2 kali.

Aplikasi Biovarnish Clear Coat

Biovarnish Clear Coat

Tahap terakhir, aplikasikan Biovarnish Clear Coat untuk melapisi, melindungi sekaligus memberikan efek tampilan akhir yang glossy. Tambahkan air bersih dengan mixing ratio 2:1. Aduk pelan-pelan sampai benar-benar homogen.

Lakukan proses pengadukan sebelum dan selama proses aplikasi. Aplikasikan larutan Biovarnish Clear Coat ini menggunakan kuas/bal/spray sampai mendapatkan tampilan yang halus dan rata dan biarkan mengering pada suhu kamar.

Baca juga : apa itu varnish water based ?

Proses Pengeringan Untuk Mendapatkan kering Packing

Setelah selesai aplikasi, diamkan selama ±20 menit pada suhu kamar untuk mendapatkan kering sentuh. Kering packing didapatkan ±24 jam (overnight) dan kering full curing 7 x 24 jam. Sebelum kering sentuh didapatkan, tidak disarankan untuk dijemur atau dikeringkan dengan suhu di atas 320C. Penjemuran atau oven dapat dilakukan setelah proses kering sentuh didapatkan.

Penting untuk selalu diperhatikan, kondisi drying room direkomendasikan pada suhu 30-370C dengan ventilasi udara yang baik. Selain itu tidak disarankan dijemur di bawah terik matahari secara langsung. Itulah cara finishing kayu natural warna papua rose menggunakan cat kayu warna natural Biovarnish.

Baca juga : Begini cara finishing kayu mahoni dengan cat water based Biovarnish

Cara Finishing Natural Yang Mengekspose Serat kayu namun Tetap mempertahankan Warna Asli Kayu

Untuk menghasilkan jenis finishing natural yang mengespose keindahan serat kayu namun tetap mempertahankan warna asli kayu bisa didapatkan dengan menggunakan produk Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat.

finishing natural

Perpaduan Sanding Sealer dan Clear Coat Biovarnish ini akan menghasilkan hasil finishing natural yang bening, halus dan tajam tanpa mengubah warna asli kayu. Keindahan serat kayu juga terekspose sempurna.

Berikut cara aplikasi finishing kayu natural dengan menggunakan produk sanding sealer dan topcoat water based, yaitu Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat Matte dari Bioindustries :

Tahap Persiapan

  • Langkah pertama, siapkan terlebih dahulu media kayu yang akan diaplikasi. Kemudian bersihkan dari minyak, debu dan kotoran lainnya. Pastikan sudah teramplas halus permukaan media.
  • Usahakan MC kayu kurang dari 15%.
  • Siapkan alat yang diperlukan. Alat : Spray gun, kertas amplas aluminium oxide no 270 dan no 400, gelas ukur, gelas plastic kosong, kain politur.
  • Siapkan bahan untuk aplikasi. Bahan: Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Clear Coat matte, air bersih.

Tahap Aplikasi Finishing

  • Siapkan Biovarnish Sanding Sealer, encerkan dengan air jika diperlukan. Gunakan rasio 2 sanding sealer : 1 air. Aduk hingga larutan homogen dan didapatkan viscositas sesuai alat yang digunakan.
  • Aplikasikan menggunakan spray gun untuk hasil terbaik. Tunggu hingga kering, sekitar +/- 60 menit. Amplas ambang menggunakan kertas amplas aluminium oxide no 400. Ulang proses aplikasi untuk meningkatkan daya rekat dan daya tutupnya. Setelah kering lakukan pengamplasan ambang menggunakan amplas no 400.
  • Siapkan Biovarnish Clear Coat Matte, tambahkan air jika perlu. Gunakan rasio 2 topcoat : 1 air. Aduk hingga homogen dan diperoleh viscositas sesuai alat yang digunakan. Aplikasikan menggunakan spray gun untuk hasil terbaik.
  • Tunggu hingga kering. Untuk kering sentuh membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit. Sedangkan untuk kering amplas membutuhkan waktu +/- 60 menit. Amplas ambang menggunakan kertas amplas aluminium oxide no 400. Ulang proses aplikasi untuk hasil lebih baik.

Itulah tahapan aplikasi finishing natural menggunakan produk Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat. Hasil akhir dari finishing ini adalah clear, bening, mengekspose keindahahan serat kayu tanpa mengubah warna asli kayu. Jadi, lebih disarankan teknik ini digunakan pada jenis kayu yang memiliki substrat yang indah seperti Jati, pinus, dll.

Untuk informasi produk dan cara aplikasi detail, silahkan kontak no hotline 0822-4338-0001. Atau bisa datang langsung ke Bio Service Point Jogja, Jepara, Cirebon dan agen terdekat di kota Anda.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 587 orang responden
%d bloggers like this: