6 Keunggulan Biovarnish Wood Stain Untuk Finishing Kayu Transparan - Bioindustries

6 Keunggulan Biovarnish Wood Stain Untuk Finishing Kayu Transparan

Keunggulan Biovarnish Wood Stain antara lain lengkap, mudah, aman, cepat, hemat, mudah dikuas bisa disemprot.

wood stain water based

Proses finishing kayu sebagaimana kita tahu adalah tahap akhir dari proses pembuatan furniture. Di dunia industri kayu, finishing, termasuk finishing kayu transparan, juga diartikan sebagai rangkaian terakhir dari seluruh proses produksi dalam industry kayu, rotan, dan bagian bangunan yang menggunakna bahan dari kayu.

Proses finishing dilakukan untuk meningkatkan proteksi dan keindahan dari media kayu. Berikut beberapa manfaat detail dari proses finishing :
• Meningkatkan nilai keindahan substrat kayu
• Meningkatkan keawetan media kayu
• Meningkatkan keteguhan gesek dan pukulan
• Memberikan perlindungan pada produk furniture
• Meningkatkan nilai guna dan nilai jual.
• Meningkatkan keindahan tampilan atau estetika dari produk kayu.

Lantas, dimanakah nilai penting aplikasi wood stain pada proses finishing? Proses pewarnaan merupakan salah satu tahap dalam proses finishing kayu. Pemberian warna menjadi salah satu step terpenting dalam proses finishing, karena akan langsung mempengaruhi tampilan dari produk.

Jika konsep yang ingin dihasilkan adalah furniture dengan hasil transparent colour, maka pilihannya adalah menggunakan wood stain. Salah satu produk wood stain water based yang banyak digunakan untuk finishing furniture maupun finishing material building seperti kusen dan pintu adalah Biovarnish Wood Stain.

Keunggulan Biovarnish Wood Stain Untuk Finishing Kayu Warna Transparan

Biovarnish Wood Stain adalah bahan finishing kayu water based untuk finishing kayu exterior maupun interior. Produk ini bisa diaplikasikan secara kuas maupun semprot .

Berikut enam keunggulan Biovarnish Wood Stain untuk aplikasi finishing kayu dengan hasil akhir warna transparan.
 Pilihan warna lengkap
 Proses aplikasi mudah
 Produk diformulasikan menggunakan bahan yang aman
 Aplikasi cepat
 Hemat biaya produksi
 Bisa diaplikasikan dengan dikuas maupun disemprot

LENGKAP
Biovarnish Wood Stain memiliki varian warna sangat lengkap untuk menciptakan berbagai model finishing kayu. Pilihan warna wood stain ini akan memudahkan Anda untuk menghasilkan furniture yang indah sesuai dengan peruntukannya.

Berikut list warna-warna yang bisa Anda pilih dari katalog warna Biovarnish Wood Stain:
1. Yellow ox
2. Candy Brown
3. Walnut Brown
4. Dark Brown
5. Red Teak
6. Red Ox
7. Light Walnut
8. Dark Walnut
9. SHP Brown
10. Gardena Teak
11. Cherry
12. Light Brown
13. Brown
14. Papua Rose
15. Dark Teak
16. Red GL
17. Red Mahogany
18. Salak Brown
19. Black
20. Sonokeling

MUDAH
Produk plitur kayu water based Bovarnish dapat diaplikasikan dengan mudah. Baik dengan menggunakan kuas maupun disemprot. Produk ini saat diaplikasikan mudah halus dan rata (good self-leveling and no sagging). Sehingga Anda tidak perlu khawatir dalam proses aplikasinya akan terjadi kasus cat ndlewer ataupun brush mark parah.

Kemudahan aplikasi ini bisa dirasakan, baik saat diaplikasikan pada media kayu, plywood, mdf, composite wood, bambu, maupun rotan dan natural fiber. Mudahnya aplikasi ini juga tidak hanya berlaku bagi para professional. Bahkan sudah banyak ibu-ibu rumah tangga yang merasakan kemudahan aplikasi dari Biovarnish.

AMAN
Biovarnish Wood Stain terbukti aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan sesuai standard sertifikasi keamanan bahan finishing kayu internasional (EU-REACH regulation dan US-EPA). Produk ini bebas racun (non-toxic) dan tidak bau dengan kandungan volatile organic compound (zat-zat mudah menguap di suhu ruang) jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan (very low VOC.

CEPAT
Meskipun hanya diencerkan dengan menggunakan air (water based, Biovarnish wood stain juga cepat kering. Tidak ada perbedaan yang signifikan dengan bahan solvent based. Bahkan pewarna kayu dengan hasil transparan ini dapat didigunakan pada malam hari dan relatif tidak beresiko ngabut (hazy).

HEMAT
Biovarnish Wood Stain tidak membutuhkan minyak atau thinner. Pelarut cukup dengan air bersih untuk mendapatkan daya sebar lebih luas. Sehingga bisa lebih hemat biaya produksinya. Selain itu, aplikasi wood stain water based ini bisa dilakukan tanpa harus di bawah terik matahari. Aplikasi bisa dilakukan di pagi, siang, maupun sore hari.

Cara Aplikasi Mudah Menggunakan Biovarnish Wood Stain

Biovarnish Wood Stain bisa diaplikasikan bersama wood filler dan clear coat untuk menghasilkan hasl finishing close pore. Berikut step aplikasinya :

Persiapan Media
Pastikan permukaan media kayu sudah diamplas dan bersih dari debu, minyak dan kotoran lainnya. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori besar maupun cacat kayu lainnya. Aplikasikan menggunakan pisau scrape (kape), ke seluruh permukaan. Biarkan kering (+ 60 menit). Setelah kering, lakukan proses amplas. Pastikan seluruh permukaan teramplas habis, yang tersisa hanya yang di dalam pori-pori.

Aplikasi Wood Stain
Siapkan Biovarnish Wood Stain sesuai warna yang diharapkan. Lakukan pengenceran bila perlu dengan menggunakan air sampai didapatkan viscositas sesuai alat yang akan digunakan. Aduk homogen, pastikan tercampur rata.

Setelah itu, aplikasikan sesuai alat yang dimiliki. Anda bisa menggunakan kuas maupun spray gun.
Setelah proses aplikasi selesai, biarkan mengering tanpa dijemur di bawah sinar matahari. Amplas ambang jika sudah kering. Ulangi proses jika warna yang terhasilkan belum sesuai acuan warna.

Aplikasi Clear Coat
Siapkan Biovarnish Clear Coat sesuai tingkat glossy yang diharapkan (ready gloss dan matte). Bila diperlukan, lakukan proses pengenceran menggunakan air. Encerkan hingga didapatkan viscositas yang sesuai dengan alat yang digunakan.

Aplikasikan sesuai alat. Biovarnish Clear Coat mudah diaplikasikan menggunakan kuas dan bisa diaplikasikan dengan spary gun. Setelah selesai, biarkan hingga kering amplas (+ 60 menit). Amplas ambang, dan ulangi prosesnya untuk mendapatkan hasil yang lebih optimum.

Cek selengkapnya di video aplikasi berikut :

Itulah bahasan singkat mengenai enam keunggulan Biovarnish Wood Stain beserta cara aplikasinya dalam finishing kayu transparan. Informasi lebih detail bisa Anda dapatkan dengan menghubungi no hotline Bioindustries maupun dengan menghubungi cabang dan agen terdekat di kota Anda.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 299 orang responden
%d bloggers like this: