Finishing Kayu Natural Untuk Furniture Jati - Bioindustries

Finishing Kayu Natural Untuk Furniture Jati

Finishing kayu natural transparan untuk kayu jati bisa dihasilkan dengan menggunakan sanding sealer dan topcoat water based.

finishing kayu natural untuk furniture jati dengan sanding sealer dan topcoatFurniture berbahan kayu jati pada umumnya mengekspose keindahan dari serat kayu jati. Seperti kita ketahui, kayu jati terkenal sebagai kayu berkualitas tinggi. Baik dari sisi keawetannya maupun dari sisi keindahan tampilannya. Tidak ada yang menyanggah eksotisnya struktur dan serat kayu jati.

Keindahan serat jati ini sangat sayang kalau sampai tidak terlihat. Oleh karena itu, proses finishing furniture jati rata-rata menggunakan bahan finishing dengan hasil warna aplikasi transparan. Ini dimaksudkan agar serat kayu maupun warna alami dari substrat kayu tetap ter-expose.

Ada banyak teknik yang bisa digunakan untuk menghasilkan finishing natural pada furniture jati. Kali ini kita akan membahas salah satu teknik finishing untuk mendapatkan hasil finishing natural pada media kayu jati dengan menggunakan produk-produk dari Bioindustries. Produk yang akan digunakan pada finishing kali ini adalah produk BioColours Sanding Sealer dan BioColours Topcoat Matte.

Mengapa kedua produk ini digunakan? Alasan utamanya adalah karena kita menginginkan hasil natural yang masih mempertahankan warna asli kayu jati dan mampu mengekspose keindahan seratnya. Secara umum, Sanding Sealer akan membantu menutup pori dan memperbaiki cacat permukaan media kayu serta menghaluskannya tanpa menutup serat kayu, karena hasilnya bening transparan.

Sedangkan BioColours topcoat matte berfungsi sebagai pelapis akhir yang akan melindungi media kayu dari factor luar, dengan hasil bening tidak menutup substrat. Hasil matte akan memperkuat kesan natural kayu jati, karena tampilan akhirnya yang tidak mengkilap.

Fungsi Sanding Sealer Dalam Finishing Kayu Natural

Pertanyaan yang sering muncul adalah apa peran penting atau fungsi sanding sealer dalam finishing kayu natural pada furniture jati ini? Mengapa perlu menggunakan sanding sealer? Apa akibatnya jika tidak menggunakan sanding sealer?

Dalam proses finishing natural ini, sanding sealer difungsikan untuk membangun struktur utama lapisan coating. Sanding sealer akan mengisi pori-pori kayu, menutup dan memperbaiki cacat permukaan kayu, menghaluskan tekstur kayu dan sekaligus memperindah tampilan media kayu yang dilapisi.

Untuk memenuhi peran penting dan kegunaan sending sealer di atas, ada empat syarat performa sanding sealer yang harus dipenuhi. Apa saja syaratnya?

Pertama, sanding sealer harus mempunyai daya rekat agar mampu menghasilkan lapisan film yang kuat dan tahan lama. Apabila lapisan yang terhasilkan mudah terkelupas, efeknya adalah bisa gagalnya fungsi perlindungan dari keseluruhan lapisan film coating yang terhasilkan.

Kedua, sanding sealer tersebut harus efektif menutup permukaan media kayu. Daya tutup yang bagus akan membantu menutup dan memperbaiki cacat permukaan media kayu. Daya tutup yang bagus berkontribusi besar terhadap kualitas lapisan utama. Pada akhirnya hasil coating yang diperoleh akan maksimal, dan mampu memberikan perlindungan maksimal pada media kayu sekaligus mempercantik tampilannya, baik untuk furniture interior ataupun furniture jati yang peletakannya untuk eksterior rumah.

Ketiga, daya kerataan yang baik (good self-leveling). Kemampuan sanding sealer dalam self-leveling sangat penting karena mempengaruhi jumlah sanding sealer yang diperlukan dalam aplikasi. Sanding sealer dengan daya kerataan yang baik akan membantu menghemat penggunaan bahan.

Ke-empat, mudah diamplas. Sanding sealer yang mudah diamplas (good sanding perform) akan membantu mendapatkan hasil aplikasi yang bagus. Selain itu, juga akan membantu menghemat waktu aplikasi, bahan serta amplas yang digunakan.

Kenapa Harus Menggunakan BioColours Sanding Sealer?

sanding sealer water basedBioColours Sanding Sealer direkomendasikan untuk digunakan dalam proses finishing natural transparan pada kayu karena berbagai keunggulannya. Produk ini formulasi  karakter sifat PH, kekerasan dan kelenturannya disesuaikan dengan karakter sifat kimia fisika substrat kayu. Jadi, saat sanding sealer diaplikasikan mampu menghasilkan lapisan film coating yang menyatu dengan substrat kayu.

Berikut beberapa keunggulan sanding sealer water based keluaran Bioindustries ini :

  1. Daya rekat yang kuat (high bonding strength),
  2. Daya tutup yang bagus,
  3. Daya sebar luas
  4. Film flexibility yang bagus sehingga tahan bentur.
  5. Mudah diaplikasikan baik dengan cara dikuas maupun di-spray,
  6. Cepat kering dan
  7. Mudah diamplas (good sanding performance) atau dalam bahasa jawanya tidak mbolot.
  8. Aman, Low VOC (Volatile Organic Compounds) sesuai dengan standar European Chemical Agency (ECHA), sehingga terhindar dari bahaya bahan kimia yang terkandung pada cat solvent based.
  9. Non toxic, sesuai dengan regulasi US-Environmental Protection Agency (US-EPA).

Dengan keunggulan ini, BioColours Sanding Sealer sangat tepat untuk digunakan pada proses finishing kayu natural pada furniture jati. Baik furniture jati indoor maupun outdoor. Bahkan untuk jenis furniture yang membutuhkan keamanan lebih seperti furniture untuk anak maupun untuk bayi.

Aplikasi Finishing Kayu Natural Dengan Sanding Sealer dan Topcoat

BioColours Sanding Sealer Water BasedBerikut cara aplikasi finishing kayu natural dengan menggunakan produk sanding sealer dan topcoat water based, yaitu BioColours Sanding Sealer dan BioColours Topcoat Matte dari Bioindustries :

  1. Persiapan
  • Siapkan media kayu, bersihkan. Pastikan media kayu bersih dari minyak, debu. Pastikan sudah teramplas halus permukaan media.
  • Usahakan MC kayu kurang dari 15%.
  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan. Alat : Spray gun, kertas amplas aluminium oxide no 270 dan no 400, gelas ukur, gelas plastic kosong, kain politur. Bahan: BioColours Sanding Sealer, BioColours Topcoat matte, air bersih.
  1. Tahap Finishing :
  • Siapkan BioColours Sanding Sealer, encerkan dengan air jika diperlukan. Gunakan rasio 2 sanding sealer : 1 air. Aduk hingga larutan homogen dan didapatkan viscositas sesuai alat yang digunakan. Aplikasikan menggunakan spray gun untuk hasil terbaik. Tunggu hingga kering, sekitar +/- 60 menit. Amplas ambang menggunakan kertas amplas aluminium oxide no 400. Ulang proses aplikasi untuk meningkatkan daya rekat dan daya tutupnya. Setelah kering lakukan pengamplasan ambang menggunakan amplas no 400.
  • Siapkan BioColours Topcoat Matte, tambahkan air jika perlu. Gunakan rasio 2 topcoat : 1 air. Aduk hingga homogen dan diperoleh viscositas sesuai alat yang digunakan. Aplikasikan menggunakan spray gun untuk hasil terbaik. Tunggu hingga kering. Untuk kering sentuh membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit. Sedangkan untuk kering amplas membutuhkan waktu +/- 60 menit. Amplas ambang menggunakan kertas amplas aluminium oxide no 400. Ulang proses aplikasi untuk hasil lebih baik.

Cara Mendapatkan BioColours Sanding Sealer dan BioColours Topcoat Matte

Untuk mendapatkan BioColours Sanding Sealer dan BioColours Topcoat Matte, Anda bisa mengunjungi kantor Bioindustries secara langsung di Bio service point Jogja, Jepara dan Cirebon. Selain membeli, Anda bisa mendapatkan infomasi tentang produk maupun berkonsultasi cara aplikasi finishing kayu natural atau berbagai jenis finishing kayu lainnya menggunakan produk cat kayu water based Bioindustries. Selain membeli di ketiga cabang tersebut, Anda juga bisa membeli secara retail pada agen terdekat di wilayah Anda. Jangan khawatir, produk-produk ini sudah tersedia di agen-agen yang tersebar di berbagai wilayah di Indoesia.

Selain itu, saat ini Bioindustries juga sedang mengembangkan program keagenan. Apabila Anda tertarik untuk menjadi mitra kami dengan menjadi agen di kota Anda, atau untuk pembelian produk-produk Bioindustries via online, silahkan hubungi no hotline 0822 4338 0001. Dapatkan keuntungan menarik dengan menjadi agen produk Biovarnish, Orchid, Bioduco, Biopolish, termasuk produk sanding sealer, topcoat dan produk-produk Bioindustries lainnya. Jangan lupa subscribe langsung via form yang sudah disiapkan di sidebar agar Anda tidak ketinggalan informasi terkini tentang dunia woodworking di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 453 orang responden
%d bloggers like this: