Bioindustri Omnipresen

Blog

Pernis Yang Bagus Untuk Finishing Pintu

Pernis merupakan bahan finishing kayu warna transparan yang sering digunakan pada finishing bahan kayu, termasuk finishing pintu kayu. Produk ini berfungsi untuk meningkatkan estetika kayu dan melindungi media kayu yang dilapisinya.

pernis untuk finishing pintuPernis merupakan bahan finishing kayu yang sejak jaman dahulu sering digunakan dalam industri furniture maupun building. Bahan finishing sangat praktis, karena bisa langsung diaplikasikan pada media kayu tanpa harus menggunakan bahan finishing lain. Namun demikian, bahan finishing praktis ini juga bisa diaplikasikan secara bersama-sama dengan bahan finishing lain dalam proses finishing wood coating system.

Pernis clear atau sering pula disebut dengan vernis atau varnish sudah lama dikenal sejak jaman dahulu di berbagai belahan dunia, seperti di negara India, Mesir, Cina, Jepang dan Korea. Kata “varnish” berasal dari kata latin “vernix” yang berarti resin yang berbau.

Awalnya pernis dikembangkan dari mencampur resin-getah pinus dengan pelarut. Setelah itu diaplikasikan ke media kayu dengan cara dikuaskan untuk mendapatkan efek keemasan dan lapisan film yang keras untuk melindungi media yang dilapisi.

Varnish berkembang seiring perkembangan teknologi. Saat ini, kita mengenal pernis dibedakan menjadi dua macam, yaitu solvent based dan water based. Vernis solvent based merupakan kombinasi dari drying oil, resin, thinner atau solvent. Sedangkan pernis water based menggunakan air sebagai pelarutnya.

Fungsi Pernis

Secara umum, fungsi pernis ada dua macam. Pertama, untuk fungsi proteksi. Produk finishing ini diaplikasikan untuk memberikan proteksi terhadap kayu. Kayu yang telah diaplikasikan dengan produk ini diharapkan lebih tahan terhadap paparan lingkungan dari yang sifatnya biotik maupun abiotik.

Fungsi kedua, yaitu untuk meningkatkan nilai estetika kayu. Selain difungsikan untuk meningkatkan daya tahan kayu, vernis juga dimaksudkan untuk meningkatkan estetika kayu. Keindahan alami kayu seperti struktur dan serat kayu alami tetap mampu diperlihatkan meskipun sudah di-finishing menggunakan vernis. Karena hasil aplikasinya  adalah transparan.

Rekomendasi Memilih Pernis yang Bagus

Secara umum, pernis dimaksudkan untuk keperluan indoor. Pernis merupakan bahan finishing yang terbuat dari colorant dan top coat. Vernis yang pewarnanya adalah dye bersifat tidak begitu tahan terhadap paparan cuaca secara langsung seperti yang dialami furniture noutdoor. Warnanya akan cepat memudar saat kayu diletakkan di lingkungan outdoor. Namun, ada beberapa brand yang bisa digunakan baik untuk kebutuhan indoor maupun outdoor, salah satunya adalah brand Biovarnish.

pernisBiovarnish merupakan produk finishing brush system yang diproduksi oleh Bioindustries. Meskipun begitu, produk ini juga bisa diaplikasikan dengan spray system. Produk ini memiliki hasil aplikasi yang lebih baik, dan bisa diaplikasikan baik untuk kebutuhan indoor maupun outdoor. Keunggulan lain produk ini adalah pelarutnya yang menggunakan air, bukan solvent.

Produk pernis water based ini diformulasikan dengan merujuk pada standar keamanan penggunaan bahan kimia di Eropa dan US, yaitu regulasi ECHA dan US-EPA. Dengan demikian, produk ini bisa digunakan untuk finishing kayu seperti furniture maupun produk building yang akan dijual pada market yang persyaratannya eco friendly atau negara dengan standar regulasi keamanan ketat seperti Uni Eropa, Amerika, Jepang, dll.

Biovarnish, Pernis yang Bagus Untuk Finishing Pintu

Memilih bahan finishing yang berkualitas tinggi sangat penting pada saat Anda melakukan finishing pintu. Karena pintu menjadi center point untuk rumah maupun ruangan yang ada di dalam rumah. Jenis dan desain pintu yang digunakan bisa mencerminkan keseluruhan desain rumah. Bagi industri penghasil pintu siap pakai, memilih bahan finishing yang berkualitas dan udah diaplikasikan akan sangat membantu kelancaran proses produksi.

Biovarnish menjadi salah satu produk finishing yang diunggulkan untuk diaplikasikan saat pengerjaan finishing kayu seperti pintu. Cat kayu yang bagus untuk pintu ini memiliki warna yang tajam dan cerah, dengan transparansi warna yang bagus. Berbagai varian warna Biovarnish wood stain akan memudahkan Anda untuk memilih jenis warna yag sesuai dengan konsep rumah Anda.

Untuk memaksimalkan hasil finishing menggunakan Biovarnish, Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler sebelumnya jika diperlukan. Biovarnish Wood Filler difungsikan sebagai dempul kayu untuk menutup pori-pori kayu yang besar, menutupi cacat tekstur permukaan kayu, dan mampu menghasilkan finishing akhir yang close pore.

Setelah aplikasi Biovarnish, sangat disarankan untuk mengaplikasikan Biovarnish clear coat untuk memaksimalkan hasilnya. Biovarnish clear coat difungsikan sebagai topcoat untuk menutup akhir lapisan film dan untuk memberikan efek glossy pada hasil finishing pintu. Produk ini tersedia dalam varian gloss dan doff.

Untuk mendapatkan produk pernis water based ini, silahkan hubungi Customer Service Bioindustries ke no 0822-4338-0001 (phone, sms, wa). Untuk Anda yang berdomisili di Yogyakarta dan sekitarnya, Anda bisa mengunjungi Bio Service Point Jogja. Untuk Anda yang berdomisili di daerah Jepara, bisa menghubungi Bio Service Point Jepara. Sedangkan untuk Anda yang berdomisili di wilayah Cirebon, Anda bisa menghubungi Bio Service Point Cirebon. Semoga bermanfaat.

tanya cs bio
Tanya Bio!