Hari Anak Nasional, Jangan Biarkan Anak Terpapar Zat Berbahaya Dalam Cat - Bioindustries

Hari Anak Nasional, Jangan Biarkan Anak Terpapar Zat Berbahaya Dalam Cat

Hari Anak Nasional, pastikan untuk memberikan yang terbaik untuk anak. Termasuk saat memberikan mainan anak. Berikan anak mainan yang aman. Jangan biarkan anak terpapar zat berbahaya dalam cat.

perayaan hari anak nasional

Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli menjadi momentum untuk melihat kembali, sejauh mana anak-anak Indonesia merasakan kebahagiaan. Apakah hak-hak anak sudah tertunaikan? Adakah anak-anak yang masih harus berjuang keras untuk mendapatkan hak-hak dasarnya?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut menjadi sangat relevan untuk dipertanyakan kembali, mengingat sudah 35 tahun Hari Anak Nasional dirayakan di negeri ini. Harapan Pak Harto selaku Presiden RI yang berkuasa saat itu mungkin perlu kita tengok kembali.

“Bergembiralah dan tumbuhlah menjadi anak-anak yang sehat, cerdas, taat kepada orang tua, patuh kepada bapak dan ibu guru, taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan cinta kepada Tanah Air kalian yang indah dan luas ini,” begitu sambutan Pak Harto kala itu.

Sehat, cerdas, taat, patuh, taqwa, cinta menjadi kata kunci utama dari sambutan Beliau. Harapan yang sangat jelas dari momentum perayaan Hari Anak Nasional. Pertanyaannya, sudahkah anak-anak kita merasakan hal tersebut?

Memberikan Yang Terbaik Untuk Anak, Upaya Sadar Membuat Anak lebih Bahagia

Jika merujuk pada pidato sambutan Pak Harto pada peresmian Hari Anak Nasional yang pertama, paling tidak orang tua perlu mengupayakan enam poin. Pertama, mengupayakan agar anak-anak tumbuh sehat, baik sehat jasmani maupun rohani. Kedua, mengupayakan supaya anak-anak menjadi generasi yang cerdas akal dan hatinya.

Poin ketiga, mengkondisikan agar anak-anak menjadi sosok yang menyayangi keluarganya, patuh pada kedua orang tuanya. Selain itu, orang tua juga memegang peranan penting untuk pembentukan generasi yang beriman dan bertaqwa pada Tuhannya.

Poin terakhir, orang tua juga dituntut untuk menciptakan kondisi yang membuat anak terlibat aktif dan secara suka rela melakukan tanggung jawabnya sebagai warga Negara. Mencintai tanah tumpah darahnya dan menjadi bagian dari solusi atas permasalahan negeri ini.

Anak Sehat, Masa Depan Lebih Cerah

Anak yang sehat menjadi harapan dari setiap orang tua. Oleh karena itu, orang tua perlu mengupayakan untuk memberikan yang terbaik untuk anaknya. Pertimbangan kesehatan anak perlu menjadi concern para orang tua sebelum memberikan atau membelikan sesuatu untuk anak-anaknya. Termasuk diantaranya saat memberikan mainan untuk anak, atau membelikan furniture anak.

Saat ini berkembang kekhawatiran terhadap dampak buruk mainan anak. Salah satu kekhawatiran yang muncul adalah penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya yang digunakan untuk mengecat mainan anak maupun berbagai jenis furniture anak.

Beberapa bahan kimia berbahaya yang sering ditemukan pada material cat antara lain formaldehyde atau dikenal juga dengan formalin, lead atau timbal, Arsenic, Isosianat, hidrokarbon, dll. Jenis hirokarbon (bensen, toluene, silen dan berbagai zat mudah menguap lainnya) termasuk dalam zat berbahaya yang perlu diwaspadai.

Mengenal Zat Kimia Berbahaya Yang Terkandung Dalam Cat Mainan Anak

pentingnya cat aman untuk anak
Mengapa zat-zat kimia di atas perlu diwaspadai keberadaannya dalam mainan anak maupun furniture anak? Penyebabnya adalah bahan-bahan kimia tersebut dikenal sebagai bahan kimia berbahaya yang penggunaannya diatur secara ketat. Tidak boleh melebihi ambang batas yang ditetapkan oleh regulasi penggunaan bahan kimia dalam suatu produk.

Sebagai contoh, penggunaan formaldehyde dalam cat bisa menjadi polutan di udara. Apabila kadar formaldehyde di udara lebih dari 0,1 mg/kg, bisa menyebabkan pusing, tenggorokan seperti terbakar, pedih di mata bagi yang menghisapnya. Studi lain menyebutkan bahwa terpapar zat ini dalam jumlah berlebih bisa memicu aktifnya sel kanker.

Formalin juga bisa mengikat DNA dan protein. Efeknya bisa mengganggu bahkan merusak system saraf pada janin. Dampak lebih jauhnya bisa menyebabkan cacat pada janin. Apabila terpapar dalam jumlah banyak, bisa memicu hipotermia, bahkan bisa menyebabkan koma dan kematian.

Bahaya Timbal Pada Furniture dan Mainan Anak

Furniture anak maupun mainan anak yang dicat juga dituding menjadi salah satu sumber timbal yang rawan meracuni anak. Sebagaimana telah dilansir oleh berbagai penelitian, timbal merupakan logam berat yang bersifat toxic terhadap manusia.

Timbal memang dapat masuk ke tubuh anak dari berbagai sumber, misalnya makanan, minuman, air, debu dan udara yang tercemar. Sumber lain yang cukup dikhawatirkan adalah dari mainan dan furniture anak, karena intensitas interaksinya yang cukup tinggi.

Timbal sering digunakan dalam industry cat untuk pigmen warna. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa timbal bisa memicu kerusakan system syaraf, kanker paru, iritasi saluran pernafasan maupun iritasi kulit.

Jika terpapar Pb dalam dosis tinggi bisa meningkatkan kadar Pb darah pada anak-anak, bisa mencapai 70 µg/dL. Kondisi ini bisa memicu terjadinya kerusakan kapiler dan arteriol, edema otak, degenerasi neuron, ataksia, kejang-kejang dan koma.

Semakin tinggi kandungan Pb dalam darah, diikuti dengan menurunnya poin IQ. Jika kadar Pb dalam darah mencapai tiga kali dari batas normal (intake normal berkisar 0,3 mg/hari), akan memicu terjadinya penurunan tingkat kecerdasan intelektual anak.

Pastikan Untuk Memilih Mainan Anak Menggunakan Cat Yang Aman

plitur kayu water based

Itulah beberapa jenis zat kimia berbahaya yang perlu diwaspadai dalam mainan anak maupun furniture anak. Sangat penting bagi orang tua untuk lebih aware, lebih berhati-hati dalam memilih jenis mainan maupun mebel untuk anak.

Jangan sungkan untuk menelisik terlebih dahulu. Mencari tahu jenis cat yang digunakan untuk mainan atau furniture yang Anda beli. Pastikan menggunakan jenis cat yang aman, non-toxic, tidak bau. Atau pesan langsung ke pengrajin mainan anak dan furniture dengan note mereka diminta menggunakan cat yang aman, bisa menjadi alternatif pilihan.

Jika ada waktu luang, Anda bisa membuat sendiri mainan anak menggunakan bahan cat yang aman. Toh sekarang banyak tutorial untuk membuatnya di youtube. Anda bisa melihat berbagai tutorial cara pembuatan mainan kayu sederhana di sana. Anak Anda pasti akan lebih menyukai saat terlibat dalam proses pembuatannya.

Jangan lupa, gunakan cat aman dan ramah anak seperti cat Biovarnish dan Bioduco Chalk Paint. Cat kayu aman dan ramah lingkungan untuk segala kebutuhan pengecatan media kayu, MDF, triplek, partikel board, bambu, serat alam, dll.  Untuk informasi lebih lanjut dan cara pemesanannya, silahkan hubungi no hotline Bioindustries. Selamat berkarya untuk anak tercinta.

 

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 505 orang responden
%d bloggers like this: