Musim Hujan Tiba Saatnya Menggunakan Cat Kayu Water Based - Bioindustries

Musim Hujan Tiba Saatnya Menggunakan Cat Kayu Water Based

Musim hujan seringkali merupakan problem tersendiri bagi para aplikator finishing. Finishing menggunakan cat kayu water based bisa menjadi solusi untuk problem finishing di musim penghujan.

finishing menggunakan cat kayu water based untuk melindungi furniture dari serangan jamurSejak akhir tahun lalu, hujan kembali menghiasi hari-hari dengan kondisi curah hujannya semakin tinggi. Bagi sebagian rumah pasti sudah bersiap-siap untuk memperbaiki rumah untuk mencegah kebocoran yang muncul.  Namun tidak hanya rumah saja yang perlu untuk dilindungi dan juga diperbaiki. Anda juga perlu mewaspadai segala perabotan yang ada di rumah. Misalnya saja kelembapan tinggi di dapur bisa menyerang lemari penyimpanan makanan Anda.

Jika lemari tidak diberikan perlindungan dengan cat yang tepat maka jamur akan cepat tumbuh pada permukaan kayu. Jamur yang tumbuh ini akan merusak kayu. Tak hanya itu, makanan yang disimpan di dalam lemari juga akan cepat rusak. Makanan akan ditumbuhi juga dengan jamur, terutama pada jenis makanan yang rawan terhadap jamur.

Tidak hanya perabotan di dalam rumah, pada perabotan di luar ruangan seperti meja, kursi teras bahkan untuk pagar kayu atau pagar besi di rumah Anda. Bayangkan saja kelembaban yang tinggi akan diserap oleh perabotan kayu, apalagi jika perabotan tersebut menggunakan kualitas bahan finishing yang kurang baik. Baik itu besi atau kayu pasti akan dengan mudah ditumbuhi dengan jamur dan juga karat. Terlebih lagi ketika pagar besi atau pagar kayu Anda sudah mengelupas akibat musim kemarau panjang tahun lalu. Air hujan dapat meresap ke dalam pori kayu dengan cepat dan tersimpan di dalam sehingga menimbulkan jamur.

Lalu, adakah solusi yang paling tepat untuk menghadapi jamur yang menyerang? Sebenarnya, proses pencegahan jamur ini bisa dilakukan sejak proses finishing terhadap furniture atau perabotan lain dilakukan. Menggunakan jenis cat yang tepat bisa membantu menahan serangan jamur. Cat water based bisa menjadi solusi untuk permasalahan finishing di musim penghujan. Di musim penghujan, jika Anda menggunakan bahan finishing solvent based pasti akan menghadapi kendala susah kering karena minimnya matahari, dan hasil finishing yang ngabut. Masalah-masalah tersebut bisa diatasi dengan cat water based.

Nah, untuk kebutuhan ini Anda bisa menggunakan bahan-bahan cat berpelarut air dari Bioindustries yang menyediakan berbagai macam produk cat kayu water based yang aman dan juga ramah lingkungan. Kenapa perlu menggunakan cat yang pelarutnya menggunakan air? Berikut akan kami bahas alasan mengapa cat water based bisa menjadi solusi.

Keunggulan Cat Kayu Water Based Untuk Finishing Di Musim Hujan

Solusi utama dari persoalan finishing di musim penghujan adalah menggunakan cat water based.  Namun apa alasan Anda harus menggunakan produk cat water based? Banyak alasan mengapa Anda harus memilih cat water based, terutama keunggulannya yang akan didapatkan khususnya untuk proses aplikasi di musim penghujan. Apa saja keunggulannya? Berikut keunggulan-keunggulan yang akan Anda dapatkan dari proses finishing menggunakan cat water based:

  1. Proses aplikasi mudah

cat water based mudah diaplikasikan, cepat keringDengan menggunakan produk cat kayu water based Anda bisa mengaplikasikan dengan mudah khususnya jika Anda menggunakan cat kayu Biovarnish atau cat kayu besi Orchid. Produk-produk tersebut dapat digunakan dengan mudah menggunakan kuas ataupun dengan spray gun. Proses aplikasi kuas kebanyakan diragukan karena hasilnya yang kurang maksimal, namun dengan menggunakan produk cat kayu dari Bioindustries hasilnya akan memuaskan tanpa meninggalkan jejak kuas atau brush mark. Khusus untuk aplikasi spray system, Anda bisa menggunakan seri produk BioColours.

  1. Cepat kering

Ini yang paling utama ketika Anda melakukan proses finishing di musim penghujan. Kelembaban yang meningkat di udara akan sangat tinggi sehingga akan membuat cat lama mengering. Cat yang lama mengering biasanya timbul ketika Anda menggunakan produk cat solvent dimana masa pengeringan membutuhkan panas matahari secara langsung. Panas matahari akan membantu penguapan sempurna dari bahan solvent yang terdapat di dalam cat. Ketika Anda menggunakan cat solvent di musim penghujan maka hasil pengeringan tidak akan sempurna, dimana hasilnya akan cenderung mengembun dan hasilnya kurang maksimal.

Jika Anda menggunakan cat water based maka proses cepat kering akan sempurna tanpa efek mengembun. Cat water based dari Bioindustries tidak memerlukan proses harus dijemur di bawah terik matahari. Proses pengeringannya tidak bergantung pada keberadaan sinar matahari secara langsung. Sehingga, meskipun dalam kondisi hujan, proses pengeringan bisa berjalan optimal.

  1. Aman dan ramah lingkungan

Ketika Anda menggunakan produk cat kayu water based Anda tidak pelru khawatir lagi tentang masalah keamanan lingkungan dari bahan kimia berbahaya. Bahan yang digunakan oleh cat kayu water based khususnya untuk produk cat kayu dari Bioindustries tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya seperti formalin, timbal, merkuri, timah dan lain sebagainya yang termasuk dalam zat organik atau logam berat.

  1. Tahan Lama

Musim penghujan seringkali menyebabkan tampilan dari  perabotan Anda dan bahkan juga pagar berkurang keindahannya. Misalnya saja terdapat bercak-bercak hujan atau cat yang mudah luntur. Hal tersebut tidak akan mudah terjadi apabila Anda menggunakan cat water based. Ketahanan dari cat kayu water based terletak dari lapisan film yang keras, kuat namun juga lentur. Jadi apabila terjadi perubahan bentuk dari material akibat perubahan cuaca, cat akan tetap dapat mengikuti tanpa menimbulkan efek luntur atau efek cracking.

Keunggulan cat water based yang lain bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan produk cat water based dari Bioindustries. Perabotan Anda akan dilengkapi oleh cat yang telah dilengkapi dengan bahan anti jamur, anti karat dan juga anti rayap. Sehingga perabotan Anda akan lebih terjaga dari faktor luar yang menyerang.

Di musim penghujan ini, Anda tidak hanya membutuhkan cat water based saja. Menambahkan bahan anti jamur agar cat lebih kuat lagi melawan pertumbuhan jamur di musim hujan bisa menjadi pilihan tepat. Anda bisa menggunakan bahan BioCide Surface Film Preservatif yang akan mencegah tumbuhnya jamur permukaan pada media kayu. Obat jamur ini tergolong obat jamur untuk mencegah munculnya jamur permukaan. Untuk proses aplikasinya dapat dicampur dengan bahan finishing yaitu cat kayu water based. Dengan menggunakan BioCide Film Preservative ini maka cat akan lebih kuat dalam melindungi furniture dan perabotan dari pertumbuhan jamur permukaan.

Langkah Perawatan Kayu Di Musim Penghujan

be dry untuk menyerap lembab ruangan

Pada musim penghujan, Anda tidak hanya merawat perabotan menggunakan bahan cat water based saja. Namun Anda juga membutuhkan bahan penyerap lembab khususnya bagi tempat penyimpanan benda seperti lemari buku, lemari makanan, lemari kamar ataupun kotak penyimpanan. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa perabotan di dalam ruangan akan sangat mudah untuk berjamur karena kelembaban ruangan maka Anda perlu untuk menggunakan bahan serap lembab khusus.

Ada banyak sekali bahan penyerap lembab tergantung dengan tempat dimana Anda perlu untuk merawat kayu. Jika terdapat dalam ruangan misalnya saja perabotan yang besar seperti kitchen set, tempat tidur, dining table dan perabotan berukuran besar lainnya Anda bisa menggunakan produk desiccant absorber.

Product desiccant absorber ini sangat mudah digunakan bahkan tidak membutuhkan banyak ruang untuk meletakkan. Yang perlu Anda lakukan adalah meletakkan dengan cara digantung pada salah satu sudut ruangan misalnya saja kamar. Anda bisa membuka bungkus plastik kemudian langsung digantung di dalam ruangan. Bahan serap lembab ini akan bekerja sangat efektif untuk menyerap kelembaban di dalam ruangan. Anda cukup mengecek sesekali apabila bahan tersebut sudah tidak dapat digunakan kembali.

silica gel white untuk menyerap lembab box Bahan serap kelembaban yang lainnya adalah produk Silica Gel. Bentuk dari Silica Gel ini berukuran kecil sehingga untuk menggunakannya akan lebih mudah. Misalnya Anda akan mengatasi kelembaban kayu pada kitchen set. Maka Anda bisa meletakkan beberapa Silca Gel di dalam cabinet kitchen set. Anda bisa meletakkan 2 hingga 3 bungkus Silca Gel. Fungsi dari Silica Gel ini tidak hanya untuk mencegah atau melakukan perawatan pada kayu namun juga untuk mencegah tumbuhnya jamur pada makanan atau pada benda yang disimpan dalam lemari. Anda juga bisa menaruhnya di kotak obat, kotak makanan kering, kotak sepatu ataupun barang fashion lainnya.

Musim hujan telah tiba, saatnya Anda untuk beralih menggunakan cat kayu water based. Karena cat jenis ini akan membantu Anda menangani problem lambat kering pada proses finishing, sekaligus mengurangi potensi media yang di-finishing dari kerusakan akibat jamur. Manfaatkan pula bahan penyerap kelembaban untuk mengefektifkan proses pencegahan tumbuhnya jamur pada perabotan.

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 231 orang responden
%d bloggers like this: