Menuju IFEX 2018 : Prediksi Trend Furniture 2019-2020 - Bioindustries

Menuju IFEX 2018 : Prediksi Trend Furniture 2019-2020

Seperti apakah prediksi trend furniture 2019-2020 yang akan terlihat jelas di pameran IFEX 2018? 

prediksi trend furniture 2019-2020

IFEX, gelaran pameran furniture dan craft terbesar tahun ini akan segera tiba. Pameran internasional yang menjadi salah satu barometer desain furniture dan craft di Asia ini menjadi ajang prestisius bagi perusahaan-perusahaan furniture dan craft untuk memamerkan desain terbaiknya.

Mengulang kesuksesan di tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2018 ini, IFEX mengusung tema “The Essence of Infinite Innovation”, dan menggandeng 500 perusahaan yang akan menampilkan desain terbaik produk furniture dan craft, seperti furntiure rotan, outdoor furniture dan home decor.

IFEX merupakan ajang pertemuan tahunan antara perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang furniture dan craft dengan buyer luar negeri. Tidak heran apabila semua perusahaan furniture dan craft di Indonesia berusaha menampilkan desain-desain terbaik mereka untuk memikat para buyer.

Sudah menjadi rahasia umum jika desain-desain yang ditampilkan di IFEX merupakan desain yang dipersiapkan untuk satu hingga dua tahun mendatang. Oleh karena itu, mengetahui prediksi trend furniture dan trend warna furniture maupun interior desain tahun 2019-2020 secara umum menjadi sangat penting. Ketepatan dalam memprediksi desain maupun warna tentu saja akan mempengaruhi penilaian buyer dalam memilih desain yang mereka inginkan.

10 Trend Desain Interior 2020 yang Akan Mempengaruhi Trend Furniture

furniture minimalis modernBerdasarkan survey yang dilakukan terhadap 2.000 member IFDA di seluruh AS termasuk yang ada di Jepang, berikut trend yang diperkirakan akan booming di tahun 2019-2020 :

  1. Di tahun 2020, penduduk dunia terutama yang tinggal di wilayah perkotaan seperti di AS akan lebih memilih untuk tinggal di rumah yang lebih kecil dengan jumlah ruangan yang lebih terbatas.
  2. Ruang tamu formal akan hilang dari rumah-rumah modern. Ruang tamu tidak akan lagi berfungsi tunggal sebagai ruang tamu. Tetapi akan lebih fungsional, seperti untuk bercengkrama dengan keluarga, ruang untuk nonton, bahkan untuk makan malam bersama.
  3. Ruang makan akan menjadi ruang serbaguna tempat anggota keluarga beraktivitas. Untuk belajar, bermain dan berbagai aktivitas lainnya.
  4. Kamar tidur akan menjadi ruang yang lebih multifungsi, bisa sekaligus menjadi ruang kantor atau aktivitas utama lainnya.
  5. Ruang yang lebih sempit mensyaratkan furniture yang lebih kecil juga. Furniture beralih ke desain furniture multifungsi, modular, mudah dipindah dengan kecenderungan ukuran yang kecil.
  6. Dapur sekaligus ruang makan semakin disukai dengan meningkatnya interes terhadap dunia masak memasak.
  7. Desain furniture dan patio untuk outdoor dibuat dengan konsep minim perawatan dan tentu saja tetap mengusung konsep fungsional.

Itulah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dari sisi desain interior yang tentu saja akan sangat berdampak terhadap desain furniture. Lantas, seperti apakah desain furniture yang diprediksikan akan menjadi trend di tahun 2019-2020?

Prediksi Trend Furnitue 2019-2020

Desain furniture terus berkembang dari waktu ke waktu. Gaya hidup manusia, desain rumah dan desan interior maupun eksterior sangat mempengaruhi desain furniture di rentang waktu yang sama.  Jika dulu konsep furniture terlihat matematis, sofa + televisi berarti berbicara furniture untuk ruang tamu, dan ranjang + 1 set lemari pakaian berarti bicara furniture untuk kamar tidur, konsep ke depan akan berubah.

Seperti telah disampaikan di atas, konsep ruang akan berubah. Ruang tamu tidak lagi sekedar ruang tamu, ruang tidur pun juga tak lagi sekedar tempat untuk tidur saja. Konsep ruang menjadi lebih liat, tidak kaku seperti dulu. Ini sesuai dengan hasil prediksi dari WHO, bahwa di tahun-tahun mendatang sebagian besar orang lebih memilih tinggal di perkotaan yang lebih padat.

Hal ini berdampak pada ketersediaan lahan yang semakin terbatas, sehingga bentuk hunian akan semakin ramping. Lantas, apa hubungan trend hunian dengan trend furniture 2019-2020? Poin pentingnya adalah dengan hunian yang kecil maka kecenderungan orang akan mengurangi jumlah furniture di dalam rumah agar rumah tetap terasa lapang.

Selain jumlah furniture, konsep hunian modern minimalis juga mempengaruhi desain furniture yang digunakan. Desain furniture multifungsi, modular dan berukuran kecil akan semakin berkibar. Meja dan stool multifungsi akan menjadi jenis furniture yang banyak diburu.

Modular stool dengan banyak fungsi seperti bedside table, tempat duduk, meja kecil, meja rias dan berbagai fungsi lainnya. Untuk meja, konsep meja multifungsi yang kreatif akan menarik minat. Meja multifungsi yang bisa difungsikan sebagai meja untuk menerima tamu, meja belajar, meja kantor, bahkan sekaligus sebagai ruang penyimpanan.

Dengan konsep seperti ini, sangat wajar jika meja dan stool menjadi pilihan furniture yang diperhitungkan di tahun-tahun mendatang. Untuk kursi, jenis kursi yang tidak memakan tempat, ramping, dan mudah untuk digeser-geser akan menjadi pilihan.

Konsep serupa juga berlaku di outdoor. Furniture outdoor diprediksi akan bergeser pada jenis furniture yang lebih ramping dan multifungsi. Selain itu, furniture outdoor juga didesain minim perawatan. Hal ini berkaitan erat dengan karakter urban living yang serba dinamis dan ingin praktis.

Prediksi Trend Warna Furniture dan Craft 2019-2020

Dalam laporan penelitian tentang trend di tahun 2020, Behance merilis beberapa trend warna yang akan mempengaruhi dunia desain, seperti desain fashion, desain otomotif, desain industrial dan desain produk, termasuk furniture dan home decorative. Selaras dengan hasil penelitian lainnya, tahun 2020 banyak dipengaruhi dengan pilihan gaya hidup urban living.

Teknologi terbaru, experiental, ultramodern, customized, socialista, intelligent, sustainable, empowered, weallthy, handcrafted menjadi isu yang menginspirasi pembuatan desain produk. Lantas, warna-warna apa saja yang akan muncul di tahun 2020? Dalam laporan penelitian tersebut, beberapa warna diprediksikan akan menjadi trend. Diantaranya, warna black charcoal atau warna arang, natural kayu, grey patina (kayu teroksidasi), driftwood (efek seperti kayu terhanyut).

Lantas, bagaimana dengan warna-warna solid? Di tahun 2020-an, diprediksikan warna solid yang berkembang adalah warna-warna yang tajam dan cerah. Jika di tahun-tahun silam banyak diwarnai dengan warna-warna pastel, justru di tahun 2020-an ini warna-warna kuat diprediksikan lebih mendominasi.

Warna-warna tajam seperti tile red, green, lemon yellow maupun blue akan mewarnai berbagai desain produk di sekitar kita. Tentu saja warna putih dan abu-abu masih akan terlihat mewarnai hunian. Selain itu, warna-warna metallic seperti warna pearl, gold dan cooper masih menjadi pilihan untuk menampilkan kesan glamour.

Itulah beberapa warna yang diprediksikan akan menjadi trend di tahun 2020. Warna-warna inilah yang akan mewarnai produk-produk furniture dan craft yang akan dipamerkan di gelaran IFEX 2018, seperti halnya yang telah terlihat di beberapa pameran besar furniture dan craft kelas dunia yang sudah berlangsung sebelumnya, seperti di Jerman, UK dan US.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi IFEX. Anda akan mendapatkan banyak inspirasi desain furniture dan craft, sekaligus bahan dan pengetahuan proses finishing untuk menghasilkan desain furniture dan craft yang sesuai kebutuhan trend 1 hingga 2 tahun mendatang. Prediksi trend furniture 2019-2020 bisa Anda dapatkan di event ini. Sampai jumpa di IFEX 2018, di JIEXPO Kemayoran Jakarta, 9-12 Maret 2018. Jangan lewatkan kesempatan emas untuk melihat demo finishing produk furniture menggunakan bahan finishing water based setiap harinya di booth Bioindustries.

 

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 464 orang responden
%d bloggers like this: