Teknik Finishing White Wash Menggunakan Biovarnish Glaze

Teknik finishing white wash dilakukan untuk menghasilkan kesan rustic. Aplikasi ini bisa dilakukan dengan menggunakan Biovarnish, cat kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

teknik finishing white wash untuk menghasilkan kesan kayu rusticTeknik finishing kayu yang menghasilkan kesan atau efek white wash biasanya digunakan untuk menghasilkan kesan rustic pada furniture. Teknik ini juga bisa digunakan untuk menyeragamkan warna pada bahan kayu yang warna dasarnya berbeda.

Teknik finishing kayu whitewash diartikan sebagai teknik melaburkan sedikit kapur pada suat benda (wikipedia). Di dunia furniture, teknik ini seringkali diartikan dengan pemberian efek warna keputih-putihan pada bahan kayu untuk meng-ekspose tekstur dan serat kayu untuk menghasilkan kesan rustic pada furniture.

Teknik finishing white wash bisa dilakukan dengan menggunakan bahan solvent based, oil based maupun water based. Dalam artikel ini akan dijelaskan secara lebih detail cara finishing white wash dengan menggunakan Biovarnish, cat finishing water based dari Bio Industri Omnipresen yang aman dan ramah lingkungan. Anda bisa mendapatkan furniture sesuai konsep yang Anda inginkan,  tanpa perlu mengkhawatirkan dampak negatif dari bahan finishing yang Anda gunakan.

Baca juga : Menyeragamkan Warna Kayu dengan Effect White Wash Color Wood Finish

Coating Schedule Teknik Finishing White Wash Menggunakan Cat Biovarnish

Persiapan alat dan media

Untuk aplikasi finishing white wash, Anda bisa menggunakan metode spray atau kuas. Pertama-tama, siapkan kuas atau spay gun, kain bal. Siapkan juga sikat kawat kuningan, kertas ampelas No.120 atau scotch brite, kertas ampelas No.400. Untuk bahan, siapkan Biovarnish Wood Stain warna walnut brown, Biovarnish Clear Coat doff dan Glaze White.

Sikat permukaan kayu menggunakan sikat kawat kuningan searah serat untuk menciptakan texture alur serat kayu. Setelah itu, amplas dengan amplas no 120 atau scotbreath untuk menghaluskan dan memotong bulu sehingga tekture serat terlihat lebih halus dan natural.

Baca Juga:  Cara Mengecat Pagar Bambu Kayu dengan Biovarnish

Baca juga : Megenal Ampelas dan Jenis-jenisnya

Aplikasi Biovarnish Wood Stain Walnut Brown

biovarnish wood stainSiapkan Biovarnish Wood Stain warna walnut brown terlebih dahulu. Encerkan Biovarnish Wood Stain Walnut Brown tersebut dengan air, perbandingannya 2 bagian Biovarnish Wood Stain dan 1 bagian Air. Aduk hingga larutan hingga tercampur merata kemudian semprotkan tipis-tipis ke permukaan media. Hati-hati jangan sampai warna yang dihasilkan terlalu tua. Tunggu hingga kering, kemudian ampelas ambang menggunakan kertas ampelas No.400.

Baca juga : Cara Menggunakan Biovarnish Wood Stain

Aplikasi Biovarnish Clear Coat

biovarnish clear coatSiapkan Biovarnish Clear Coat doff. Aplikasikan untuk menutup lapisan warna dan mengunci warna yang dihasilkan dari aplikasi Biovarnish Wood Stain Walnut Brown, dan agar warna tidak bercampur dengan warna glaze yang akan diaplikasikan di atasnya. Caranya, encerkan bahan Biovarnish Cear Coat doff dengan perbandingan 2:1 (2 bagian bahan, 1 bagian air). Aplikasikan menggunakan spray gun atau kuas ke seluruh permukaan hingga rata. Tunggu sampai permukaan kayu kering +/- 1 jam (air dry system).

Aplikasi Glaze white

Biovarnish Glaze untuk finishing antikSiapkan Glaze warna putih (Glaze White) dan aplikasikan dengan cara disemprot atau dikuas. Glaze white dapat diencerkan dengan air bersih sesuai dengan intensitas warna dan kekentalan yang diinginkan. Tunggu beberapa saat sampai setengah kering dan hapus dengan kain basah (peras airnya terlebih dahulu) sampai yang tertinggal hanya warna putih di sela-sela alur serat.

Aplikasi Biovarnish Clear Coat

biovarnish clear coatSiapkan kembali Biovarnish Clear Coat doff. Produk ini difungsikan sebagai lapisan akhir untuk melindungi warna kayu dan substrat kayu. Biovarnish Clear Coat doff untuk menciptakan kesan natural dengan tampilan akhir doff. Encerkan dengan air bersih dengan rasio 2 bagian bahan berbanding 1 bagian air. Kemudian aduk pelan hingga tercampur merata. Lakukan proses pengadukan ini sebelum dan selama proses aplikasi dilakukan. Aplikasikan larutan clear coat menggunakan kuas atu spray gun hingga didapatkan tampilan yang halus dan rata. Biarkan mengering pada suhu kamar, kurang lebih 20 menit untuk kering sentuh.

Baca Juga:  Cara Finishing Kayu Warna Patina Grey dengan Cat Water Based

Demikianlah teknik finishing white wash menggunakan produk water based wood coating series, Biovarnish. Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan produk, Anda bisa menghubungi customer service kami di No. ini dan ini. Atau kunjungi kami kami di Bio ServicePoint Jogja, Bio Service Point Jepara dan Bio Service Point Cirebon.

Biovarnish

Biovarnish

Biovarnish merupakan plitur kayu water based untuk eksterior dan interior, mudah dikuas dan bisa disemprot. Lengkap, aman, mudah, cepat, hemat. Plitur kayu water based ini hadir dalam varian produk sangat lengkap untuk menciptakan berbagai model finishing kayu, mulai dari wood filler, sanding sealer, wood stain (pasta), liquid stain, glaze, clear coat

Lihat Varian Biovarnish