Membuat Disinfektan Mudah, Murah dan Massal dengan WA-250 - Bioindustries

Membuat Disinfektan Mudah, Murah dan Massal dengan WA-250

membuat disinfektan menggunakan Sodium Hypocloride

Ditengah wabah coronavirus yang masih terus berkembang saat ini, sangat penting untuk menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan. Anda dianjurkan untuk rutin menjaga kondisi tubuh dan lingkungan agar tetap sehat dan bersih untuk mencegah serangan virus maupun mikroorganisme lainnya. Cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi wabah ini adalah dengan menggunakan disinfektan untuk menjaga sanitasi lingkungan.

Disinfektan adalah cairan pembersih yang umumnya terbuat dari Sodium hypochlorite, hidrogen peroksida, atau alkohol. Bahan ini digunakan untuk membunuh bakteri, virus, kuman, protozoa, dan mikroorganisme berbahaya lainnya pada permukaan benda mati atau ruangan.

Saat ini, penggunaan disinfektan direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk menjaga kebersihan pada high-touch surface atau benda-benda yang paling sering disentuh banyak orang. Contohnya, gagang pintu, meja, tempat tidur, dan kamar mandi.

Sodium hypocloride 0.1%-0.5% adalah bahan disinfektan yang efektif membasmi virus dan bakteri untuk kebutuhan sanitasi lingkungan. WA-250 merupakan bahan pemutih kayu yang mengandung bahan aktif sodium hypocloride dengan konsentrasi tinggi yaitu 25%.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan WA-250 sebagai bahan untuk membuat disinfektan sendiri dengan mudah dan biaya yang relatif murah dalam jumlah massal. Misalnya saja untuk pembersihan pabrik, workshop, perkantoran, rumah tinggal, dan fasum seperti pasar, taman bermain, sekolah, dll.
Ingin tahu bagaimana cara membuat disinfektan dengan WA250? Simak cara pembuatannya berikut ini!

Cara Membuat Disinfektan Mudah dan Murah dengan WA-250

disinfectan berbahan WA-250

Anda dapat membuat disinfektan dengan mudah dan murah dalam jumlah massal untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan menggunakan WA-250. Anda perlu menurunkan konsetrasi Sodium hypochlorite pada WA-250 hingga mencapai 0,5%. Caranya adalah dengan melakukan pengenceran menggunakan air bersih agar bahan ini dapat digunakan sebagai disinfektan untuk menjaga sanitasi lingkungan di sekitar Anda.

Berikut cara membuat cairan disinfektan dengan mengunakan WA-250:
• Larutkan 1 lt WA250 = 50 lt air bersih = 50 liter disinfektan

• Anda juga dapat membuat dalam skala kecil:
100 ml + 4900 ml air bersih = 5 liter disinfektan

• Aduk hingga merata campuran WA-250 yang telah dilarutkan dengan air bersih. Simpan di botol semprot untuk memudahkan penggunaan disinfektan.

• Anda juga dapat menambahkan bahan deterjen pembersih lantai saat membuat larutan disinfektan WA-250.

Hanya dengan bahan dan cara yang sederhana, Anda dapat membuat disinfektan dengan mudah, cepat dan tentu saja murah untuk kebutuhan sendiri maupun kebutuhan massal. Penasaran berapa biaya yang perlu Anda keluarkan untuk membuat disinfektan dengan WA250? Yuk kita hitung rincian biayanya!

Perhitungan Biaya

Disinfektan dengan menggunakan bahan dasar WA-250 cukup mudah dan murah dalam proses pembuatannya. Tidak percaya? Ini dia biaya yang Anda butuhkan untuk membuat disinfektan dengan WA250:

Harga 1 kg WA-250 maksimal = Rp. 100.000.
1 kg WA-250 dapat Anda larutkan dengan air bersih hingga menjadi 50 lt disinfectan.
Maka, jika dihitung harga per liter disinfektan WA-250 adalah Rp. 100.000/50lt = Rp. 2.000 / lt.

Anda hanya mengeluarkan biaya Rp. 2.000 / 1 liter disinfektan WA-250. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan harga disinfektan di pasaran saat ini.

Disinfektan WA-250 Lebih Efektif Dibandingkan Alkohol

Untuk sanitasi lingkungan, penggunaan larutan disinfektan dari WA-250 lebih efektif jika dibandingkan dengan alkohol. Penggunaan alkohol dapat membunuh mikroba dengan cepat, namun alkohol juga akan cepat menguap di udara dalam beberapa detik.

Penggunaan disinfektan dari alkohol tentu saja kurang efektif untuk diaplikasikan pada rungan terbuka. Apalagi jika sewaktu-waktu virus, bakteri dan mikroba lainnya dapat kembali menempel di permukaan lantai, pintu, dan bagian lain dari ruang kerja atau rumah Anda.

Sedangkan penggunaan disinfektan dari bahan sodium hypochlorite dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan alkohol. Sodium hipochlorite dapat bertahan hingga lebih dari 2 jam pada udara terbuka, sehingga lebih direkomendasikan sebagai bahan sanitasi lingkungan kerja, fasum atau rumah Anda.

Manfaat Disinfektan untuk Mencegah Virus

membuat disinfektan dengan sodium hypocloride WA-250

Setiap sudut tempat yang Anda kunjungi atau benda-benda umum yang biasa Anda sentuh pasti mengandung banyak bakteri, virus, dan mikroorganisme. Berdasarkan rekomendasi dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), banyak tempat umum yang harus dibersihkan dengan menggunakan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus.

Beberapa lokasi tersebut diantaranya adalah sekolah, kampus, tempat penitipan anak, pusat bisnis, dan semua tempat yang dikunjungi masyarakat umum di luar rumah. Penggunaan disinfektan juga dapat membantu mencegah penyebaran flu, pilek, infeksi, dan penyakit lainnya seperti Coronavirus yang saat ini penyebarannya meluas dengan sangat cepat.

Selain menjaga kebersihan dan melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah Corona di berbagai fasilitas umum, Anda juga dianjurkan untuk rutin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizier. Dengan rutin menggunakan disinfektan pada rumah dan ruangan terbuka di sekitar Anda, diharapkan dapat menjadi salah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan dan kebersihan ditengah kondisi penyebaran virus saat ini.

Cara Mudah Membersihkan Rumah dan Fasum dengan Disinfektan

sanitasi fasum dengan disinfectan berbahan WA-250

Berikut ini adalah rekomendasi dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) untuk membersihkan rumah dengan disinfektan:

• Gunakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan permukaan dengan disinfektan untuk menghindari paparan langsung dengan virus atau bakteri
• Gunakan masker saat membersihkan rumah dan fasum dengan disinfektan
• Cuci atau sikat dengan deterjen dan air apabila lantai atau permukaan barang dan ruangan terlalu kotor sebelum disemprot dengan disinfeksi
• Jika permukaannya terlihat bersih, cukup semprotkan larutan disinfektan lalu lap dan biarkan mengering
• Bersihkan benda-benda yang sering disentuh secara teratur.

Referensi:
1. Jurnal of school of nursing USP DOI: 10.1590/S0080-623420150000400020
2. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0195670185800141
3. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prepare/cleaning disinfection.html CDC_AA_refVal=https%3A%2F%2Fwww.cdc.gov%2Fcoronavirus%2F2019-ncov%2Fcommunity%2Fhome%2Fcleaning-disinfection.html

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 392 orang responden
%d bloggers like this: