Manfaat Lilin Lebah (Beeswax) untuk Finishing Kayu - Bioindustries

Manfaat Lilin Lebah (Beeswax) untuk Finishing Kayu

beeswax lilin lebah

Lilin lebah (Beeswax) adalah lilin alami yang diproduksi dalam sarang lebah oleh lebah madu. Beeswax adalah sejenis ester dari asam lemak dan berbagai alkohol rantai panjang.

Biasanya, untuk lebah penjaga madu, 10 kg madu dapat menghasilkan 1 kg lilin. Zat ini umumnya digunakan pada industri kosmetik, industri wood finishing, dll.

Dalam hal ini akan kita bahas kegunaan atau manfaat lilin lebah atau yang biasa disebut beeswax pada wood finishing. Untuk yang pertama, Beeswax berfungsi untuk meningkatkan ketahanan substrate atau media kayu terhadap faktor-faktor perubahan cuaca.

Seperti yang kita alami saat ini, cuaca yg terjadi di Indonesia mengalami perubahan yang cukup ekstrim beberapa tahun terakhir. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan kayu secara signifikan.

Untuk manfaat yang kedua, beeswax berfungsi untuk memperindah dan mempertajam warna kayu. Warna kayu yang sebelumnya kusam bisa menjadi cerah setelah dilapisi dengan beeswax. Keindahan warna kayu akan semakin terlihat dan lebih awet daripada yg tidak memakai beeswax sebagai pelapisnya.

Untuk perbedaan antara yang menggunakan beeswax dan tidak bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

aplikasi beeswax pada kayu

hasil tampilan kayu setelah diproses dengan bahan beeswax

Bahan Finishing Berbahan Beeswax Madu dari Bio Industries

Untuk Bio Industries sendiri, kami memiliki dua varian produk yang menggunakan beeswax sebagai bahan utamanya. yaitu Bio polish Beeswax dan Biopolish Linseed Oil. Kedua varian ini memiliki fungsi yang sama seperti yang telah dijelaskan pada uraian sebelumnya, hanya memiliki perbedaan pada bahan campuran produknya saja.

beeswax memanfaatkan lilin lebah untuk menghasilkan kualitas hasil finishing yang maksimal namun tetap aman.

biopolish memanfaatkan beeswax untuk menghasilkan kualitas hasil finishing yang maksimal namun tetap aman.

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 340 orang responden
%d bloggers like this: