5 Kelebihan Cat Kayu Water Based Bioduco

Cat kayu water based Bioduco merupakan salah satu brand cat berpelarut air yang cukup punya nama di Indonesia, terutama di kalangan industri furniture tanah air.

cat kayu water basedBioduco yang diproduksi oleh Bio Industri Omnipresen ini bisa dikatakan merupakan salah satu pelopor cat water based di Indonesia. Rekam jejaknya yang hampir 14 tahun menjadi saksi perjalanan panjang campaign water based wood coating system di Indonesia.

Perjalanan panjang proses campaign cat water based di Indonesia tak terlepas dari masifnya penggunaan cat solvent based di  masyarakat. Masih banyak yang belum mengetahui perbedaan maupun keunggulan cat water based, termasuk alasan mengapa harus menggunakan cat berpelarut air. Dibanding cat solvent based, berikut ini keunggulan cat kayu water based, terutama seri cat berbasis air, Bioduco.

Baca Juga : Cat Orchid Enamel Paint untuk Mengecat Kayu dan Besi.

Kelebihan Cat Kayu Water Based dari Aspek Keamanan

Dari aspek keamanan, cat kayu berpelarut air lebih unggul karena sedikitnya atau bahkan tidak mengandung senyawa organik mudah menguap sama sekali. Pada cat-cat berbasis solvent based hampir bisa dipastikan terdapat senyawa organik yang mudah menguap. Kandungan senyawa organik mudah menguap adalah kandungan alami pada pelarut seperti thinner dan spiritus.

Baca Juga : merk cat bambu yang tahan air dan tahan cuaca

Beberapa produk dari merek cat kayu water based Bioduco bahkan telah mengantongi sertifikat standar food grade. Artinya, produk-produk cat tersebut aman untuk mengecat atau finishing alat makan atau tableware dan kitchenware seperti mangkuk, piring, sendok, gelas, talenan, hingga nampan dari kayu, bambu, eceng gondok, dan serat alam yang lain.

Kelebihan Cat Kayu Water Based dari Aspek Keawetannya

Baca Juga:  Full Step Pengawetan dan Finishing Kayu Mahoni Menggunakan Cat Water Based

Baca Juga : cara mengecat sangkar kayu menggunakan cat water based

cat water basedDari segi keawetan, water based paint Bioduco menawarkan keawetan lebih lama dibanding cat oil based. Lapisan cat yang dibentuk produk ini memiliki fleksibilitas sangat baik sehingga dapat mengikuti perubahan suhu. Lapisan cat Bioduco tidak akan cracking, serta memberikan proteksi lebih lama pada media aplikasi. Aplikasi produk-produk tersebut cocok untuk banyak jenis kebutuhan, mulai dari heavy duty, outdoor, hingga indoor.

Kelebihan Cat Water Based dari Aspek Biaya Produksi

Dari aspek biaya produksi (cost of production), cat water based Bioduco lebih unggul karena:

  1. Menggunakan pengencer atau pelarut air yang bersih dan netral. Perusahaan yang menggunakan Bioduco dalam proses produksi mereka tak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk membeli pelarut untuk mengencerkan campuran cat mereka, seperti thinner atau spiritus.
  2. Memiliki daya sebar luas
  3. Kualitas ketajaman warna yang bagus sehingga aplikasinya tidak boros
  4. Tidak menyebabkan gangguan dan ancaman kesehatan pengecat sehingga tidak perlu ada jaminan pada persoalan tersebut

Kelebihan Cat Water Based dari Aspek Aplikasi
Dari aspek aplikasi, water based paint menawarkan kelebihan karena bisa diaplikasikan dengan banyak cara. Pada cara-cara yang beresiko menimbulkan bahaya bagi aplikatornya, cat water based pun tetap aman digunakan. Sebagai contoh, pada aplikasi dengan penyemprotan atau spraying. Bila yang disemprotkan adalah cat berbasis oil, hamburan solvent yang beracun akan membahayakan pekerja. Hal ini tidak berlaku bila yang digunakan adalah water based paint yang aman bagi kesehatan. Selain itu, cat berbasis air seperti Bioduco sangat mudah dalam aplikasinya, baik menggunakan kuas maupun spray.

Kelebihan Cat Water Based dari Aspek Target Market

Baca Juga:  Seperti Apa Cat Mainan Kayu SNI?

Dari aspek target market, water based paint menawarkan kelebihan untuk mereka yang menyasar pasar ekspor dan produksi bahan yang aman. Misalnya, bila Anda ingin menjual furniture di negara-negara Eropa, Amerika atau memproduksi mainan kayu untuk anak, penggunaan cat kayu water based bisa membantu Anda menyasar target market tersebut.

Itulah beberapa kelebihan dari cat kayu water based, termasuk Bioduco. Selain menyediakan cat merek Bioduco, Bio Industri Omnipresen juga menyediakan cat merek Biovarnish, Orchid Enamel Paint dan Biopolish.

Biovarnish

Biovarnish

Biovarnish merupakan plitur kayu water based untuk eksterior dan interior, mudah dikuas dan bisa disemprot. Lengkap, aman, mudah, cepat, hemat. Plitur kayu water based ini hadir dalam varian produk sangat lengkap untuk menciptakan berbagai model finishing kayu, mulai dari wood filler, sanding sealer, wood stain (pasta), liquid stain, glaze, clear coat

Lihat Varian Biovarnish