Cat Kayu Biovarnish Untuk Finishing Kusen

Cat kayu Biovarnish merupakan bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan. Hadir dengan berbagai keunggulan, Biovarnish sangat direkomendasikan untuk kebutuhan finishing kayu warna natural transparan.

finishing kusen mudah menggunakan cat kayu biovarnishFinishing furniture maupun building kayu seperti kusen dan pintu membutuhkan bahan finishing yang bukan hanya berkualitas, tapi juga aman.  Faktor keamanan menjadi penting, karena baik furniture, kusen maupun pintu memiliki tingkat interaksi yang cukup tinggi dengan anggota keluarga. Oleh karena itu, perlu untuk diperhatikan pemilihan bahan finishing yang digunakan. Sangat penting untuk memilih bahan finishing yang aman bagi seluruh anggota keluarga, tanpa melupakan kualitas bahan finishing tersebut.

Salah satu bahan finishing kayu yang aman dan ramah lingkungan adalah cat kayu Biovarnish dari Bioindustries. Biovarnish merupakan salah satu bahan finishing kayu yang berbahan dasar water-based acrylic. Produk ini diformulasikan sesuai standar keamanan internasional seperti US-EPA dan UE-ECHA Reach Regulation. Biovarnish tidak mengandung racun dan senyawa organik mudah menguap yang terkandung di dalamnya jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan berdasarkan regulasi-regulasi tersebut.

Seperti kita ketahui, secara umum cat mengandung senyawa organik yang sayangnya cukup berbahaya jika terkandung dalam jumlah yang melebihi ambang batas yang diperbolehkan. Salah satunya adalah VOC (volatile organic compound) atau kandungan senyawa organik yang mudah menguap. Yang termasuk dalam kategori VOC ini di antaranya solvent dan thinner. Keberadaan VOC ditandai dengan bau, walaupun cat yang tidak berbau belum tentu bebas VOC.

efek solvent pada manusiaSejak pembuatan di pabrik, cat sudah menggunakan solvent atau pelarut. Solvent memegang peranan dalam pembentukan film yang baik. Solvent digunakan sebagai pencampur cat karena dengan takaran yang pas bisa membuat cat memiliki kekentalan yang juga pas. Ini membuat cat menjadi mudah diaduk, mudah diaplikasikan, dan cepat kering.

Namun thinner tidak ramah bagi lingkungan dan juga tidak ramah bagi kesehatan manusia. Polimerisasi (salah satu tahap dalam pembuatan cat) yang menggunakan teknologi terbaru memungkinkan proses pembuatan cat tidak membutuhkan solvent lagi. Nah, cat kayu water based merk Biovarnish merupakan contoh produk cat kayu yang tidak memerlukan pelarut organik seperti thinner dalam proses pembuatan maupun proses aplikasinya.

Cat kayu Biovarnish terdiri dari Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear Coat. Biovarnish Wood Filler difungsikan untuk menutupi cacat tekstur kayu, menutup pori-pori kayu, dan akan menghasilkan finishing akhir yang close pore. Biovarnish Wood Stain difungsikan sebagai pewarna kayu dengan hasil warna yang tajam dan cerah, serta tranparansi yang bagus. Biovarnish clear coat berfungsi sebagai topcoat yang menutup lapisan film serta memberi efek glossy pada hasil finishing akhir.

Keunggulan Cat Kayu Biovarnish Untuk Finishing Kusen

  1. Aman dan Ramah Lingkungan (Non Toxin, Low VOC, No Fragrance)

Produk Biovarnish dikembangkan sebagai solusi pengganti bahan plitur kayu konvensional, atau pernis kayu shellac gum berpelarut minyak atau thinner. Berbagai penelitian internasional menunjukkan bahwa cat berpelarut solvent seperti thinner dan minyak terbukti mengandung zat-zat berbahaya seperti golongan logam berat seperti merkuri, cobalt, dan timbal, serta Volatile Organic Compounds (VOC). Produk ini juga tidak berbau, sehingga tidak mengganggu proses aplikasi dengan bau yang menyengat. Cat yang bau seringkali digunakan sebagai indikasi penggunaan bahan kimia tertentu, misalnya formaldehide.

Golongan logam berat berbahaya dan VOC mampu memicu kerusakan organ dalam, memicu aktifnya sel kanker, mempengaruhi turunnya kecerdasan otak, dan berbagai penurunan fungsi tubuh lainnya. Nah, produk Biovarnish tidak mengandung logam berat berbahaya, serta kandungan VOC-nya sangat rendah, yaitu jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan oleh regulasi yang mengatur tentang standar pemakaian bahan kimia.

  1. Transparansi Warna Bagus (good clarity)

Biovarnish tersedia dalam 20 pilihan warna wood stain yang mampu menghasilkan warna yang cerah tajam, dengan standard transparansi warna yang sangat baik. Hal ini penting untuk menjamin dihasilkannya lapisan film yang mampu menonjolkan keindahan teksture serat dan warna dari kayu.

  1. Mudah Digunakan

Cat kayu Biovarnish ini juga sangat mudah untuk diaplikasikan, baik dengan cara di-kuas, di-bal, maupun dengan cara di-spray. Berbagai pilihan cara aplikasi ini mempermudah Anda melakukan proses finishing pada media ukir atau untuk proses aplikasi di lokasi yang cukup sulit, misalnya di tempat tinggi seperti di lantai dua. Atau apabila Anda memerlukan kecepatan tinggi untuk mengejar proses produksi.

  1. Mudah Diratakan (Good Levelling)

Keunggulan lain yang perlu dipertimbangkan adalah produk ini mudah untuk diratakan (good levelling). Ini akan memudahkan kita dalam proses aplikasi, sehingga lebih hemat dan waktu yang dibutuhkan menjadi lebih cepat.

Itulah 5 keunggulan Biovarnish yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih cat kayu ini. Lantas, bagaimanakah cara aplikasi yang benar untuk Biovarnish ini? Berikut akan kami bahas cara mudah mengaplikasikan Biovarnish untuk finishig kusen maupun finishing pintu, dan finishing furniture.

Finishing Kusen Kayu Menggunakan Cat Kayu Biovarnish

Sebelum proses finishing dilakukan, pastikan substrat kayu (kusen) sudah kering sempurna dan bersih dari kotoran maupun minyak. Siapkan pula alat yang mau digunakan untuk aplikasi, seperti kuas, bal, spray gun serta kain/kertas amplas . Siapkan pula bahan-bahan yang akan digunakan, yaitu Biovarnish series yang terdiri dari Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Clear Coat.

 

Aplikasi Biovarnish Wood Filler

Setelah substrat kayu siap, tahap pertama yaitu aplikasi Biovarnish Wood Filler. Produk ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu warna jati dan mahoni. Sesuaika pilihan Biovarnish Wood Filler sesuai warna kayu. Apabila jenis kayu yang digunakan berbeda, pilihlah warna yang paling mendekati.

Aplikasikan wood filler menggunakan pisau scrub (palet), kuas, bal, atau spray gun searah serat. Anda bisa mengencerkannya jika diperlukan. Setelah kering, amplas permukaan kayu dengan kertas amplas jenis alumunium oxide no 240 searah serat sampai halus dan serat kayu terlihat. Pastikan wood filler teramplas habis dan yang tersisa yang ada di dalam pori-pori.

Aplikasi Biovarnish Wood Stain

Siapkan Biovarnish Wood Stain sesuai warna yang Anda inginkan, misalnya warna walnut brown atau warna dark brown. Jika dianggap perlu, tambahkan air bersih untuk mengencerkan atau untuk menurunkan kepekatan warna. Gunakan rasio 2 wood stain : 1 air, atau sesuaikan dengan kebutuhan.

Aplikasikan dengan menggunakan spray gun, bal, kuas spon, atau kuas yang dibungkus dengan kain lembut bersih. Tunggu hingga kering, sekitar 60 menit. Tidak disarankan untuk dijemur secara langsung di bawah sinar matahari. Setelah kering, lakukan pengamplasan menggunakan amplas no 400. Ulangi prosesnya dengan rasio pengenceran 4:1. Tunggu hingga kering ± 30 menit.

Aplikasi Biovarnish Clear Coat

Tahap terakhir yaitu aplikasi Biovarnish Clear Coat. Fungsinya untuk melindungi, melapisi, sekaligus memberikan efek glossy. Biovarnish clear coat tersedia dalam pilihan gloss dan doff. Tambahkan air bersih dengan perbandingan 2:1. Aduk perlahan-lahan hingga rata sempurna/homogen. Aplikasikan menggunakan kuas, bal ataupun spray gun hingga didapatkan tampilan yang halus dan rata. Biarkan mengering pada suhu kamar.

Itulah proses mudah aplikasi Biovarnish untuk finishing kusen kayu. Untuk mendapatkan produk cat kayu aman dan sangat mudah diaplikasikan ini, Anda bisa menghubungi CS Bioindustries di no 0822-2026-5056 dan 0878-3934-6433 via WA, telepon maupun SMS. Anda juga bisa mengunjungi Bio Service Point Jogja, Bio Service Point Jepara, atau Bio Service Point Cirebon untuk mendapatkan produknya secara langsung. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 262 orang responden
%d bloggers like this: