Finishing Kusen Kayu Warna Natural Menggunakan Biovarnish - Bioindustries

Finishing Kusen Kayu Warna Natural Menggunakan Biovarnish

Finishing kusen warna natural transparan menggunakan cat kayu yang bagus dan tahan lama, Biovarnish.

finishing kusen kayu untuk finishing warna natural transparan menggunakan biovarnishKusen merupakan bagian tak terpisahkan dari rumah. Meskipun bentuk dan jumlahnya tak seberapa dibanding bagian rumah lainnya, namun konsep atau desain kusen bisa sangat mempengaruhi konstruk rumah secara keseluruhan. Oleh karena itu, penentuan desain dan bagaimana hasil finishingnya perlu dipikirkan sejak awal.

Desain kusen bisa memperkuat konsep rumah secara keseluruhan. Desain rumah klasik akan semakin kuat kesan klasik dan elegan jika ditunjang dengan desain kusen yang klasik pula. Jika Anda menginginkan sentuhan yang agak modern di rumah klasik Anda, memainkan desain kusen dan memberinya sentuhan modern sudah cukup untuk mendapatkan kesan tersebut.

Memilih Cat Kayu Yang Mudah Aplikasinya Untuk Finishing Kusen

Bicara tentang desain kusen tidak terlepas dari proses finishing yang dilakukan. Keberhasilan proses finishing akan mempengaruhi tampilan akhir desain yang diharapkan. Oleh karena itu perlu memperhatikan jenis, bahan dan bagaimana teknik aplikasi yang akan digunakan.

Dari sekian banyak jenis finishing kusen yang dikenal saat ini, finishing kusen warna natural transparan merupakan jenis finishing yang banyak digunakan karena kenetralannya. Jenis finishing ini bisa masuk ke berbagai desain kusen untuk memperkuat desain rumah secara keseluruhan. Untuk menghasilkan finishing warna natural, diperlukan penggunaan bahan finishing yang memiliki warna natural transparan seperti, Biovarnish.

Biovarnish merupakan cat kayu water based yang mampu memberikan tampilan akhir natural transparan. Bahan finishing kayu ini memiliki warna yang tajam dan cerah, dengan transparansi warna yang bagus. Tingkat kilapnya pun bisa disesuaikan dengan kemauan konsumen, apakah menginginkan tampilan akhir yang glossy atau doff.

Keunggulan lain yang mengemuka adalah produk ini sangat mudah diaplikasikan. Biovarnish bisa diaplikasikan dengan berbagai cara, baik dengan cara dikuas maupun dengan cara disemprot. Selain itu, produk ini mudah rata saat diaplikasikan. Hal ini tentu saja menguntungkan untuk proses finishing kusen yang desainnya rumit atau posisinya yang sulit dijangkau.

Cat Kayu Water Based Aman dan Ramah Lingkungan

biovarnish untuk finishing kusen warna natual transparanPenggunaan cat kayu Biovarnish sendiri akan membuat penggunanya lebih terlindungi dari paparan zat berbahaya yang berasal dari bahan finishing. Cat kayu warna transparan ini tergolong dalam bahan finishing water based. Dengan begitu, kandungan zat berbahaya tergolong sangat rendah. Produk ini bahkan telah memenuhi standar regulasi keamanan bahan finishing kayu yang berlaku di negara-negara maju, dengan mengacu pada ketentuan dari US-EPA dan ECHA yag diberlakukan di Europe.

Produk ini diformulasikan bebas formalin, timbal, meruri dan berbagai bahan kimia berbahaya lainnya. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena terkadang produk cat kayu water based lainnya masih menggunakan bahan kimia berbahaya tertentu seperti formalin untuk mengejar kualitas hasil produksinya.

Biovarnish terdiri dari tiga item produk, yaitu Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear Coat. Biovarnish Wood Filler difungsikan sebagai dempul kayu untuk menutupi cacat tekstur permukaan kayu, menutup pori-pori kayu yang besar dan untuk menghasilkan finishing akhir yang close pore. Biovarnish Wood Stain difungsikan sebagai pewarna dalam proses finishing kayu dengan hasil warna yang tajam dan cerah, serta tranparansi warna yang bagus. Biovarnish clear coat difungsikan sebagai topcoat untuk menutup akhir lapisan film dan untuk memberikan efek glossy pada hasil finishing akhir.

Coating Proses Finishing Kusen Kayu Menggunakan Biovarnish

Media kayu (kusen) perlu disiapkan sebelum proses coating dilakukan. Untuk memperhalus media kayu, amplas media kayu menggunakan amplas no 120. Lakukan pengamplasan searah serat kayu sampai permukaan media benar-benar halus dan rata. Pastikan media kayu telah benar-benar kering (MC ≤ 12%) dan permukaan media kayu bebas dari debu, kotoran dan bekas minyak yang akan mengganggu penetrasi bahan cat atau coating.

Siapkan pula alat yang mau digunakan. Anda bisa menggunakan kuas, bal maupun spray gun untuk aplikasi Biovarnish. Sehingga Anda memiliki banyak pilihan cara untuk proses finishing, terutama untuk proses finishing kayu kusen di tempat yang sulit seperti di gedung lantai dua.

Aplikasi Biovarnish Wood Filler

biovarnish wood fillerSetelah media kayu siap, tahap pertama yang perlu dilakukan adalah aplikasi Biovarnish Wood Filler. Produk ini tersedia dalam dua varian warna, yaitu warna mahoni dan warna jati. Pilih Biovarnish Wood Filler sesuai warna yang dibutuhkan. Jika kayu kusen yang digunakan berbeda, pilih warna yang paling mendekati.

Aplikasikan Biovarnish Wood Filler menggunakan pisau palet, kuas atau semprot searah serat, dan tunggu hingga kering benar. Anda bisa mengencerkannya jika diperlukan. Apabila diencerkan, pastikan Anda mengaduk secara perlahan hingga homogen. Setelah kering, amplas permukaan lapisan dengan kertas amplas jenis alumunium oxide no 240 searah serat sampai halus dan serat kayu terlihat. Ulangi lagi prosedur aplikasi ini untuk memastikan seluruh pori-pori telah tertutup sempurna.

Aplikasi Biovarnish Wood Stain

biovarnish wood stainSiapkan Biovarnish Wood Stain sesuai warna yang diharapkan. Apabila dianggap perlu, tambahkan air bersih untuk mengencerkan dan untuk menurunkan kepekatan warna. Rasio yang disarankan adalah 2:1. Aplikasikan menggunakan spray gun, bal atau kuas yang dibungkus dengan kain lembut yang bersih. Tunggu sampai benar-benar kering, yaitu sekitar 60 menit. Namun tidak disarankan untuk dijemur secara langsung di bawah sinar matahari.

Setelah kering, lakukan pengamplasan menggunakan amplas no 400. Ulangi prosesnya dengan rasio pengenceran 5:2. Tunggu hingga kering ± 30 menit.

Aplikasi Biovarnish Clear Coat

biovarnish clear coatTahap terakhir adalah aplikasi Biovarnish Clear Coat untuk melindungi, melapisi, sekaligus memberikan efek tampilan akhir glossy atau doff. Tambahkan air bersih dengan perbandingan 2:1. Aduk perlahan-lahan hinggai benar-benar homogen. Aplikasikan menggunakan kuas, bal ataupun spray gun hingga didapatkan tampilan yang halus dan rata. Biarkan mengering pada suhu kamar.

Untuk mendapatkan kering sentuh, diamkan selama ±20 menit pada suhu. Sedangkan kering packing bisa didapatkan ±24 jam (overnight) dan kering full curing 7 x 24 jam. Sebelum kering sentuh didapatkan, kami tidak menyarankan untuk dilakukan proses penjemuran atau dikeringkan dengan suhu > 32C. Penjemuran atau oven dapat dilakukan setelah proses kering sentuh.

Itulah proses mudah aplikasi Biovarnish untuk finishing kusen kayu. Untuk mendapatkan produk cat kayu water based yang sangat mudah aplikasinya ini, silahkan hubungi Customer Service Bioindustries ke no 0822-2026-5056 dan 0878-3934-6433. Anda juga bisa berkunjung langsung ke Bio Service Point Jogja, Bio Service Point Jepara, atau Bio Service Point Cirebon. Semoga bermanfaat.

 

 

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 328 orang responden
%d bloggers like this: