Presiden HobiKayu Serahkan Bantuan Meja Ke Posko Bio Peduli Lombok - Bioindustries

Presiden HobiKayu Serahkan Bantuan Meja Ke Posko Bio Peduli Lombok

Presiden HobiKayu serahkan bantuan meja untuk mendung program Bio Peduli Lombok – Seribu Meja Untuk Anak Negeri, wujud empati untuk korban gempa Lombok.

bio peduli lombok, seribu meja untuk anak negeriGerakan seribu meja untuk anak negeri terus bergulir. Gerakan yang digagas Bio Peduli tersebut ternyata disambut sangat luar biasa oleh banyak komunitas maupun perorangan. Seperti yang terlihat di hari Sabtu, tanggal 22 September 2018. Posko Bio Peduli didatangi tamu istimewa, yaitu Om Doneh (presiden HobiKayu Nasional) dan Pak Yeyek (ketua HobiKayu Istimewa).

Program seribu meja untuk anak Lombok ini merupakan bentuk empati kepada masyarakat Lombok. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Z. Arifin Wicaksono, Direktur Bioindustries, Inisiator Program “1000 Meja Untuk Anak Negeri”

“Ketika kita mendengar ada bencana di Lombok, lalu kita berinisiasi apa yang bisa kita sumbangkan untuk Lombok sebagai bentuk empati terhadap saudara-saudara kita yang sedang terkena bencana. Kebetulan kita juga pernah merasakan hal yang sama. Sebagai orang yang berkecimpung di dunia kayu, sebagai penghobi maupun pebisnis di dunia kayu. Rasanya ingin berbuat sesuatu dari apa yang kita bisa. Makanya kita berinisiasi membuat meja untuk anak-anak di Lombok. “

“Saat ini juga ada relawan yang mendirikan sekolah darurat di sana. Nah, sebagai kontribusi kita, maka kita berinisiasi membuat meja belajar untuk mendukung para relawan yang sudah membuat sekolah darurat di sana. Harapannya, anak-anak bisa belajar lebih nyaman. Kita buat desain yang sederhana, yang penting bisa dipakai dan bermanfaat untuk mereka.”

Komunitas HobiKayu Bergabung dalam Program Seribu Meja Untuk Lombok

peduli gempa lombok

Ide seribu meja untuk anak Lombok ini ternyata direspon positif oleh banyak kalangan. Banyak mitra Bio dan komunitas-komunitas yang ada di Yogyakarta ikut bergabung dalam program ini. Salah satunya Komunitas HobiKayu, baik di HobiKayu pusat maupun berbagai chapter di Indonesia juga turut bergabung. Dalam wawancara singkat yang dilakukan di Posko Bio Peduli, Om Doneh menyampaikan alasannya ikut bergabung dalam gerakan 1000 meja untuk anak negeri tersebut.

“Begitu mendengar apa yang terjadi di Lombok, yang terpikir adalah apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka. Sebagai komunitas, sebagai orang yang mampu yang secara ekonomi, kita punya banyak kemampuan. Nah, apa yang bisa kita berikan buat Lombok. Dan kebetulan kita bekerja sama dengan Bio, karena Bio punya program Bio Peduli Lombok, yaitu program Seribu Meja Untuk Anak Negeri. Jadi sangat pas, kita bisa saling dukung saling support.”

Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Presiden HobiKayu, komunitas HobiKayu di berbagai daerah ikut serta mendukung program tersebut. Sebut saja Komunitas HobiKayu Istimewa, HobiKayu Kediri, HobiKayu Malang, HobiKayu Bandung, HobiKayu Bogor, HobiKayu Depok, Carpenter Bakarang Dau dan beberapa komunitas lainnya. Komunitas-komunitas tersebut membuat meja di daerah masing-masing, kemudian setelah selesai dikirim ke Posko Bio Peduli untuk nantinya diberangkatkan secara terpusat ke Lombok.

Seperti yang disampaikan oleh Pak Arifin di Posko Bio Peduli beberapa waktu lalu.

“Kita juga didukung banyak pihak ini. Misalnya saja Om yeyek dan kawan-kawan di HobiKayu Istimewa. Mereka sangat antusias sekali, berhari-hari membantu dalam proses perakitan. Terima kasih juga kami sampaikan kepada warga Huntap Merapi. Mereka menunjukkan empatinya sebagai sesama korban bencana.

“Partner-partner yang lain, juga terima kasih sekali. PT Tatalestari Rimbabuana, BLPT Yogyakarta, ASMINDO, UD Mayar, dan komunitas relawan, seperti Komunitas HobiKayu Istimewa, HobiKayu Kediri, HobiKayu Malang, HobiKayu Bandung, Carpenter Bakarang Dau,  RYM for Humanity, Kerabat Keliling Jogja, LSC, 5758, Laskar Jurnalis Merapi, Foklar, Merkid’s, The Kremuns, Mapala UPN, Olifant, dan berbagai pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.”

Saat ini, proses pengerjaan meja sudah di angka 75%. Sebagian besar meja sudah selesai proses assembling dan tinggal proses finishing saja. Bahkan sebagian sudah terpacking rapi, siap untuk dikirim ke Lombok. Semoga apa yang kita lakukan ini memberikan dampak positif untuk kebangkitan Lombok. Sekecil apapun kontribusi kita, jika dilakukan bersama-sama berbanyak orang, semoga semakin besar efek baik yang terasakan.

  • Bio Peduli Lombok, Seribu Meja Untuk Anak Negeri
Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 563 orang responden
%d bloggers like this: