Tips Cerdas Merawat Furniture Kayu Jati Antik

perawatan furniture / furniture polish

Memiliki furniture / mebel kayu jati seperti memiliki benda antik yang semakin lama semakin mahal harganya, untuk itu kita perlu merawat furniture kayu jati tersebut  dengan baik agar tetap awet terjaga keindahannya dan bahkan dapat diwariskan secara turun temurun.

Sebelum ditemukannya teknologi bahan pelapis (wood coating), masyarakat jawa menggunakan ampas kelapa untuk menggosok atau memoles perabot kayu jatinya agar keindahan warna serat kayunya tetap telihat cemerlang, mengkilap dan tidak mudah berubah warna, sayangnya ampas kelapa ini sering menyebabkan jamur pada permukaan kayu. disamping itu masyarakat jawa juga menggunakan bahan lilin lebah / bees wax untuk melindungi kayu jati dari resapan air sehingga tidak mudah lapuk, tetap kuat dan ulet.

Setelah mengenal teknologi bahan pelapis, para pengajin kayu menggunakan bahan serlak gum yang dikenal dengan istilah plitur serlak, melamin, NC, dan terakhir teknologi bahan finishing kayu water based wood coating yang lebih aman sudah mulai banyak digunakan untuk merawat furniture kayu jati.

Meskipun demikian, perawatan rutin merupakan hal mutlak yang harus dilakukan agar furniture jati yang berharga tersebut tetap tenjaga keindahannya dan tetap bernilai tinggi sepanjang masa.

Berikut beberapa tips untuk merawat furniture kayu jati anda tetap awet:

  1. Tempatkan furniture pada tempat yang bersi, kering dengan suhu normal. Kelembaban udara tinggi dapat mempercepat proses oksidasi kayu, menyebabkan serangan jamur dan merupakan kondisi ideal untuk perkembangabikan rayap atau serangga kayu lainnya. Jauhkan furniture dan perabot kayu dari AC maupun sumber-sumber fluktuasi suhu dan kelembaban.
  2. Pastikan permukaan furniture selalu bersih dan hygenis, dengan selalu membersihkan dari debu dan kotoran.
  3. Gunakan air bersih dan sedikit ditergent untuk membersihkan kotoran yang mebandel, dan jangan gunakan bahan pembersih furniture (funiture cleaner) yang mengandung bahan solvent seperti, metanol, toluen, acetone dll, bahan bahan kimia spirit seperti ini memang dapat membersihkan dengan mudah tapi dapat merusak lapisan film cat atau coating.
  4. Segera lap dan keringkan dengan sempurna saat furniture kayu tertumpah air.
  5. Gunakan Biopolish untuk memoles permukaan furniture untuk menjaga keindahan warna kayu dan memperpanjang usia proteksi lapisan coating

Dengan cara merawat furniture kayu rutin tersebut, dijamin furniture jati anda baik yang minimalis maupun ukiran akan awet sepanjang masa bahkan menjadi perabot warisan keluarga.

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 323 orang responden
%d bloggers like this: