Pengertian Pernis Adalah dan Fungsinya

Pernis adalah bahan finishing transparan yang sering digunakan pada finishing bahan kayu, berfungsi untuk meningkatkan estetika dan melindungi media kayu yang dilapisinya.

pernis adalahPernis adalah bahan finishing kayu yang seringkali digunakan dalam industri furniture maupun building karena kepraktisannya. Bahan finishing ini bisa langsung diaplikasikan pada berbagai jenis furniture kayu tanpa harus menggunakan bahan finishing lain. Namun demikian, pernis juga bisa diaplikasikan dalam sistem coating, dipadu dengan bahan-bahan lain.

Pernis atau sering pula disebut dengan vernis atau varnish sudah dikenal sejak jaman dulu di berbagai wilayah di dunia, seperti Mesir, India, Cina, Jepang dan Korea. Para ahli sejarah menyampaikan, bahwa awalnya varnish telah populer di India dan Cina sebelum berkembang di Jepang dan Korea.

Kata “varnish” berasal dari kata latin “vernix” yangartinya resin yang berbau. Awalnya resin dikembangkan dari mencampur resin-getah pinus dengan pelarut, kemudian diaplikasikan dengan cara kuas untuk mendapatkan efek keemasan dan lapisan film yang keras untuk melindungi media yang dilapisi. Pernis menghasilkan lapisan film dengan warna transparan, baik tanpa warna ataupun mengandung sedikit warna. Hasil akhir lapisan film-nya biasanya glossy, walaupun ada juga jenis pernis yang tampilan akhirnya doff.

Secara umum, pernis/vernis/varnish dibedakan menjadi dua, yaitu pernis solvent based dan pernis water based. Pernis solvent based biasanya merupakan kombinasi dari drying oil, resin, thinner atau solvent. Sedangkan pernis water based menggunakan air sebagai pelarutnya.

Pernis Adalah Bahan Finishing Praktis

Pernis bisa diaplikasikan dengan cara kuas maupun dengan cara semprot/spray. Pada pernis solvent based, setelah pernis diaplikasikan maka lapisan film akan terbentuk dan mengeras seiring dengan menguapnya solvent yang digunakan. Sedangkan pada pernis water based, proses pembentukan lapisan film terjadi seiring menguapnya air yang digunakan sebagai pelarut.

Keunggulan finishing dengan pernis selain praktis dan mudah aplikasinya adalah kualitas estetikanya yang mampu menampilkan keindahan serat kayu alami. Meskipun yang digunakan adalah pernis warna namun tetap mampu memperlihatkan keindahan serat kayu di bawahnya.

Karena praktis dan hasil finishingnya menarik, berbagai proses finishing kayu pun banyak memanfaatkan pernis. Metode finishing dengan pernis banyak diminati untuk lantai kayu, kusen, pintu, wooden toys, handycraft hingga furniture. Di pasaran, berbagai produk pernis telah banyak beredar dengan beragam variasi. Anda bisa menemukan pernis yang unggul karena tahan lama, hingga pernis yang mampu memberikan hasil akhir finishing yang berkualitas tinggi.

Fungsi Pernis

Pernis adalah bahan finishing. Sebagaimana bahan finishing lainnya, pernis memiliki dua fungsi, yaitu:

  1. Fungsi Proteksi. Pernis diaplikasikan untuk memberikan proteksi terhadap kayu. Kayu yang telah diaplikasikan dengan pernis diharapkan lebih tahan terhadap paparan lingkungan dari yang sifatnya biotik maupun abiotik.
  2. Fungsi Estetika. Selain diaplikasikan untuk memberikan proteksi, pernis juga dimaksudkan untuk meningkatkan estetika kayu. Produk-produk pernis sendiri telah hadir di pasaran untuk mewujudkan keindahan kayu idaman Anda.

Rekomendasi Memilih Pernis yang Bagus

pernisSecara umum, berbagai produk pernis dimaksudkan untuk keperluan indoor. Pernis adalah bahan finishing yang terbuat dari colorant dan top coat. Berbagai jenis produk pernis, terutama pernis yang pewarnanya adalah dye, memiliki sifat yang tidak begitu tahan terhadap paparan outdoor. Warna pernis akan cepat memudar saat kayu diletakkan di lingkungan outdoor pada masa pakai yang lebih pendek dari yang seharusnya. Namun, ada beberapa jenis/brand pernis yang bisa digunakan baik untuk kebutuhan indoor maupun outdoor, salah satunya brand Biovarnish.

Biovarnish merupakan seri produk finishing brush system yang diproduksi oleh Bioindustries. Produk ini memiliki hasil aplikasi yang lebih baik, dan bisa diaplikasikan baik untuk kebutuhan indoor maupun outdoor. Keunggulan lain produk pernis adalah kelarutannya pada air, bukan solvent. Dengan demikian, produk ini bisa digunakan untuk finishing kayu yang akan dijual pada market yang persyaratannya eco friendly atau negara dengan standar regulasi keamanan ketat seperti Uni Eropa, US, Jepang, dll. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 367 orang responden
%d bloggers like this: