Lima Keunggulan Cat Kayu Water Based Biovarnish Untuk Finishing Kayu Interior

Cat kayu water based Biovarnish memiliki lima keunggulan utama, yaitu aman dan ramah lingkungan, tahan air dan cuaca, transparansinya bagus, mudah digunakan, dan cepat kering.

furniture interior warna walnut brownFinishing kayu interior membutuhkan bahan finishing yang bukan hanya berkualitas, tapi juga aman.  Faktor keamanan menjadi penting, karena furniture interior tingkat interaksi dengan anggota keluarga sangat tinggi. Oleh karena itu, perlu untuk diperhatikan pemilihan furniture yang aman, mencakup bahan baku, bentuk, dan bahan serta jenis-jenis finishing yang digunakan.

Biovarnish merupakan salah satu bahan finishing kayu yang berbahan dasar water-based acrylic. Kita mengenal ada macam-macam finishing furniture. Cat kayu water based ini bisa digunakan untuk jenis finishing warna natural transparan, baik untuk kayu interior maupun eksterior, seperti furniture, dinding kayu, pintu, kusen jendela, pagar, pergola dll.

Keunggulan Biovarnish, Cat Kayu Water Based Untuk Furniture Interior

  1. Aman dan Ramah Lingkungan (Non Toxin, Low VOC)

Biovarnish dikembangkan secara khusus sebagai solusi pengganti bahan plitur kayu konvensional, atau pernis kayu shellac gum yang biasanya menggunakan bahan pelarut minyak atau thinner. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa cat yang pelarutnya menggunakan solvent seperti thinner dan minyak terbukti mengandung beberapa zat berbahaya seperti golongan logam berat, seperti mercuri, kobalt, dan timbal.

Selain itu, cat berpelarut solvent juga terindikasi mengandung senyawa kimia berbahaya, seperti Volatile Organic Compounds (VOC) yang mampu memicu terjadinya kerusakan organ dalam, mempengaruhi turunnya kecerdasan otak, memicu aktifnya sel kanker, dan berbagai penurunan fungsi tubuh lainnya. Biovarnish kandungan VOC-nya sangat rendah, jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan.

  1. Tahan Air dan Cuaca (water repellent & weather resistant)

Biovarnish dikembangkan dengan standar kualitas yang tinggi. Merk cat kayu water based ini tahan terhadap air (water repellent). Selain itu, produk Biovarnish ini juga memiliki daya tahan yang bagus terhadap efek cuaca. Produk ini memiliki UV resisstant yang bagus, sehingga warna tidak mudah kusam.

  1. Transparansi Warna Bagus (good clarity)

cat kayu water basedBiovarnish merupakan cat kayu transparan yang tersedia dalam beberapa pilihan warna wood stain yang cerah tajam, dengan standard transparansi warna yang sangat baik. Ini menyebabkan hasil finishing yang didapatkan tetap mampu menampilkan keindahan teksture serat dan warna kayu yang exotis. Anda bisa memilih warna di katalog warna cat kayu ini sesuai rencana desain furniture yang akan Anda gunakan.

  1. Mudah Digunakan

Cat kayu aman dan ramah lingkungan ini sangat mudah untuk diaplikasikan. Produk ini bisa diaplikasikan, baik dengan cara di-kuas, bal, maupun dengan cara di-spray. Proses aplikasi dengan cara spray bisa mempermudah Anda melakukan proses finishing pada media ukir atau berbagai media yang susah dijangkau menggunakan kuas. Atau jika Anda perlu kecepatan tinggi untuk mengejar proses produksi cepat.

  1. Mudah Diratakan (Good Levelling)

Keunggulan merk pernis kayu Biovarnish yang lain adalah produk ini saat diaplikasikan mudah untuk diratakan (good levelling). Hal ini akan mempermudah aplikator untuk mendapatka hasil finishing yang maksimal. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk aplikasi menjadi lebih cepat.

Itulah lima keunggulan dari Biovarnish, cat kayu interior maupun eksterior untuk aplikasi finishing furniture interior maupun eksterior rumah. Sangat cocok untuk finishing furniture interior, produk ini juga bagus untuk jenis finishing furniture eksterior. Lantas, bagaimanakah cara finishing kayu natural Biovarnish untuk finishing furniture interior? Berikut akan kami sampaikan cara finishing kayu politur Biovarnish untuk finishing interior.

Cara aplikasi Biovarnish, Cat Kayu Water Based yang Aman

  • katalog warna biovarnish wood stainHaluskan permukaan kayu dengan amplas dan pastikan bebas debu, kotoran dan sisa bekas minyak
  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk menutup cacat tekstur kayu dan pori-pori, serta untuk mendapatkan hasil finishing yang close pore.
  • Pilih Biovarnish Wood Stain sesuai dengan warna dasar kayu atau sesuai warna yang diinginkan
  • Jika perlu, tambahkan air bersih untuk mengencerkan sambil diaduk pelan sampai benar-benar homogen. Direkomendasikan menggunakan komposisi 2 bahan berbanding 1 air untuk aplikasi kuas.
  • Gunakan kuas halus dan aplikasikan ke seluruh permukaan kayu sebagai lapisan warna dasar, diamkan atau tunggu +/- 60 menit atau sampai benar-benar kering.
  • Gunakan amplas nomor 400 untuk memotong bulu kayu dan menghaluskan lapisan dasar.
  • Aplikasikan pernis kayu bening Biovarnish Clear Coat sebagai penutup lapisan coating. Encerkan dengan air untuk mempermudah aplikasi. Gunakan kuas halus yang telah dilapisi / dibungkus dengan kain katun halus untuk mendapatkan hasil finishing yang lebih halus dan rata.
  • Tunggu sampai kering dan ulangi untuk lapisan berikutnya sampai mendapatkan warna rata dengan hasil finishing yang halus dan mengkilap sempurna.

Itulah lima keunggulan dari Biovarnish, cat kayu water based untuk finishing furniture interior beserta cara aplikasinya. Untuk informasi lebih lanjut dan proses pemesanan, bisa menghubungi Customer Service Bioindustries di no 0878 3934 6433 atau di no 0822 2026 5056. Anda juga bisa menghubungi secara langsung Bio Service Point Jogja, Bio Service Point Cirebon dan Bio Service Point Jepara. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 341 orang responden
%d bloggers like this: