7 Faktor Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Cat Pernis Aplikasi Kuas

Untuk mendapatkan hasil finishing yang berkualitas, ada banyak faktor yang perlu diperhatikan, termasuk jenis  pernis kayu yang digunakan. Biovarnish merupakan cat pernis aplikasi kuas yang berkualitas tinggi.

cat pernis aplikasi kuas untuk finishing warna naturalDalam membeli produk finishing ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan selain masalah harga. Sebelum membeli bahan finishing, ada baiknya Anda perlu mempertimbangkan berbagai faktor tersebut.

Bahan finishing sendiri ada berbagai macam. Jika dilihat dari bahan bakunya, kita bisa membedakan bahan finishing berdasarkan resin yang digunakan, yaitu cat epoxy, acrylic, polyurethane, melamine, alkyd, polyester, nitro cellulose.

Berdasarkan ada tidaknya solvent yang digunakan, kita mengenal ada jenis cat water based, cat solvent based, cat oil based, dll. Apabila dilihat dari hasil warna finishing, ada dua macam hasil yang bisa Anda pilih yaitu warna natural transparan maupun warna solid. Warna solid akan menutup seluruh permukaan kayu, sedangkan warna natural transparan justru mengeskpose alur serat permukaan kayu.  Anda bisa menggunakan cat duco solid untuk finishing warna solid. Tetapi jika Anda menginginkan warna natural, Anda bisa memanfaatkan produk cat kayu transparan dan pernis kayu.

Lantas, apa saja faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih cat pernis aplikasi kuas? Salah satu faktor yang sering menjadi bahan pertimbangan adalah harga. Mengapa harga pernis bisa berbeda-beda padahal jika dilihat dari fungsinya adalah sama? Harga cat maupun pernis bisa berbeda karena  kualitasnya yang berbeda pula. Secara umum, harga yang mahal mengindikasikan kualitas yang baik. Namun, harga bukanlah satu-satunya faktor yang perlu dipertimbangkan. Berikut beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli cat pernis.

Tidak Hanya Harga, Perhatikan Faktor-Faktor Ini Sebelum Membeli Cat Pernis Aplikasi Kuas

Ada banyak faktor selain harga cat pernis  dalam memilih bahan finishing yang tepat. Berikut ini faktor apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih produk cat kayu termasuk pernis yang terbaik dan berkualitas.

  1. Apakah cat mudah diaplikasikan?

Hal inilah yang selalu menjadi banyak pertimbangan. Apakah cat bisa diaplikasikan dengan kuas? Apakah cat bisa diaplikasikan dengan spray? Hal inilah yang akan membantu Anda memilih produk mana yang bisa Anda aplikasikan dengan mudah terutama jika Anda seorang ibu rumah tangga.

  1. Apakah cat yang dipilih sudah aman dan ramah lingkungan?

Di luar negeri Anda akan mendapati banyak furniture dari Indonesia yang menggunakan cat kayu water based. Hal ini disebabkan cat water based tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti logam berat.  Masalah kesehatan yang ditimbulkan dari bahan cat sudah menjadi perbincangan yang alam di luar negeri sehingga saat ini banyak buyer luar negeri yang memilih furniture dengan bahan finishing water based. Produk aman dan ramah lingkungan harus dibiasakan digunakan agar menjamin kesehatan lingkungan di masa depan.

  1. Apakah cat yang dibuat tahan air?

Semua cat memang bukanlah cat anti air tetapi setidaknya Anda memilih produk yang tahan terhadap air. Tahan terhadap air berarti cat dapat menutup pori-pori kayu dengan baik. Air tidak akan meresap kedalam substrat kayu sehingga furniture bisa menjadi lebih tahan lama.

  1. Apakah cat tersebut tahan panas?

Setiap produk yang dijual oleh sebuah perusahaan cat ternama pasti akan mengeluarkan produk yang telah diuji coba kemampuannya terlebih dahulu salah satunya adalah tahan panas. Katahanan panas ini akan berfungsi ketika furniture berada di luar ruangan seperti garden furniture. Pilih cat yang mampu melindungi furniture dari panas matahari terus menerus.

  1. Apakah cat tersebut memiliki kandungan anti rayap?

Musuh utama sebuah produk kayu adalah rayap. Baik dari sisi luar maupun dari sisi dalam rayap akan menyerang kayu karena memang kayu adalah makanannya. Dengan perlindungan cat yang anti rayap maka rayap tidak akan merusak kayu. Cat ini akan memiliki kandungan bahan yang tidak disukai oleh rayap.

  1. Apakah cat memiliki kandungan anti jamur?

Selain tahan air cat juga harus anti jamur. Mungkin cat tidak akan secara langsung terkena air tetapi kelembapan udara bisa saja masuk secara perlahan ke dalam substrat kayu. Kelembapan udara inilah yang akan menimbulkan jamur. Contohnya saja lemari yang terbuat dari plywood pasti akan cepat ditumbuhi jamur jika Ana tidak memeberikan perlindungan dengan anti jamur secara rutin. Cat kayu harus memiliki kandungan anti jamur untuk mencegah jamur tumbuh dalam waktu dekat.

Apakah Jenis Cat Pernis Terbaik Yang Direkomendasikan?

color swatch BiovarnishSalah satu produk pernis kayu yang kami rekomendasikan adalah Biovarnish. Seri produk Biovarnish ini adalah salah satu produk asli Indonesia yang terbuat dari resin dan air. Bahan pencampur yang Anda perlukan adalah air sehingga jika dihitung-hitung Anda tidak akan mengeluarkan budget tinggi. Berbeda dengan pernis solvent yang harus menggunakan thinner sehingga Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli thinner.

Disamping itu penggunaan thinner tidaklah ramah lingkungan karena logam berat yang ada di dalamnya seperti formalin, timbal, merkuri dan juga VOC. Kandungan inilah yang paling harus dihindari jika Anda menginginkan hasil terbaik dan ramah lingkungan. Dan yang paling penting bisa menghindarkan keluarga tercinta maupun para pekerja dan customer dari dampak negatif bahan-bahan kimia berbahaya tersebut.

Harga cat pernis kayu Biovarnish ini juga sebanding dengan kualitas yang diberikan. Jika melihat dari faktor ketahanan air, ketahanan panas, ketahanan goresan, anti jamur dan anti rayap maka Biovarnish juaranya. Kebanyakan pernis kayu hanya dapat digunakan untuk furniture indoor saja karena tidak tahan terhadap panas dan juga air hujan terus menerus.

Sekarang mengecat segala furniture outdoor bahkan pagar pun bisa mengandalkan produk Biovarnish. Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk Biovarnish silahkan menghubungi costumer service kami di nomor 0822 2026 5056 atau 0878 3934 6433 atau silahka berkunjung langsung ke Bio Service Center Jogja, Bio Service Point Jepara, dan Bio Service Point Cirebon.

Masih ada juga kesempatan untuk menjadi agen Biovarnish hingga akhir Juli 2017 ini dan raih keuntungan sebesar-besarnya. Terutama bagi Anda yang aktif dalam komunitas,  atau jika Anda adalah seorang pembrong dan membutuhkan bahan finishing seperti cat pernis aplikasi kuas berkualitas . Sambil menyelami ilmu baru Anda bisa juga melakukan bisnis dalam komunitas. Jadilah agen Biovarnish pertama dengan mendaftarkan diri ke hotline kami di no 0822-4338-0001.  Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 228 orang responden
%d bloggers like this: