Jenis Cat Kayu Eksterior untuk Rumah Bergaya Modern Kontemporer

Finishing pagar rumah bergaya modern kontemporer bisa diaplikasikan menggunakan cat kayu eksterior seperti Biovarnish dan Orchid Enamel Paint.

cat kayu eksterior interior warna natural transparan BiovarnishPerkembangan arsitektur modern telah membuat cat kayu eksterior juga dikembangkan dengan teknologi yang lebih canggih. Cat eksterior tidak lagi hanya monoton menggunakan warna-warna netral, tetapi juga hadir dengan berbagai variasi warna yang indah. Jika beberapa saat lalu kita tidak punya banyak pilihan ketika kita akan mengecat pagar atau elemen bagian luar rumah lainnya, sekarang Anda tidak perlu bingung. Ada beragam jenis cat eksterior untuk kayu yang akan membuat hunian Anda tampak lebih menawan.

 

Ragam Cat Kayu Eksterior

Ada tiga jenis cat kayu eksterior yang bisa Anda pilih. Pertama, jenis cat eksterior warna transparan. Cat ini sangat berguna jika Anda ingin mempertahankan warna asli kayu. Keindahan serat dan tekstur perabotan kayu akan ditampilkan dengan cat transparan pelapis kayu ini. Cat transparan juga melindungi kayu karena cat ini bisa menutup dengan sempurna.

Contoh cat kayu transparan adalah Biovarnish dan BioColours. Dua brand milik Bioindustries tersebut saat ini sedang banyak dibicarakan di dunia finishing baik online maupun offline. Kedua jenis cat warna transparan ini merupakan seri cat water based yang bukan hanya menonjolkan sisi keamanan untuk aplikator maupun lingkungan, tetapi juga dari sisi kualitasnya.

Jenis cat kayu eksterior yang kedua adalah cat opaque atau disebut sebagai cat solid. Cat ini selain memberikan warna pada permukaan kayu, juga bisa menyembunyikan bagian kayu yang cacat. Cat solid mempunyai daya tutup yang sangat sempurna sehingga semua cacat kayu tidak kelihatan. Contohnya adalah seri cat BioColours Bioduco dan Orchid Enamel Paint.

Yang ketiga adalah cat untuk efek khusus. Dilihat dari namanya, cat ini berfungsi menampilkan efek khusus pada permukaan kayu yang dicat. Jika Anda ingin mengubah tekstur perabotan, Anda bisa menggunakan cat ini. Efek ini saat ini sedang booming di dunia furniture. Contohnya adalah cat untuk finishing white wash, black wash, maupun jenis finishing rustik lainnya. BioColours Glaze sering digunakan untuk mempertegas efek yang ingin dihasilkan.

Cat Kayu Eksterior Untuk Finishing Pagar Warna Solid dan Warna Transparan

Pagar adalah elemen terbesar eksterior yang juga harus didesain dengan baik karena merupakan elemen pertama yang dilihat. Untuk menambah daya tarik, Anda bisa memilih cat dengan warna-warna yang unik. Anda tinggal menyesuaikan dengan desain keseluruhan rumah Anda.

Jika pagar kayu memiliki keindahan tekstur dan serat kayu yang menawan, cukup gunakan cat kayu transparan untuk melapisinya. Anda bisa menggunakan cat kayu Biovarnish untuk finishing pagar warna transparan. Jika Anda menginginkan pagar kayu dengan warna solid, Anda bisa menggunakan seri produk Orchid Enamel Paint. Keduanya bisa diaplikasi, baik dengan cara dikuas maupun dengan cara disemprot (spray system).

Cat kayu Biovarnish dan Orchid kami rekomendasikan, karena dua jenis cat tersebut sangat mudah diaplikasikan, dan mampu menghasilkan hasil finishing yang bukan saja berkualitas, tapi juga aman dan ramah lingkungan. Cat water based untuk kayu ini diformulasikan dengan mendasarkan pada regulasi dari lembaga-lembaga yang mengatur tingkat keamanan pemakaian bahan kimia dalam produk finishing, seperti ECHA-Reach Regulation dan US-EPA.

Cara Aplikasi Biovarnish Untuk Finishing Pagar Warna Natural

Sebelum proses finishing dilakukan, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti : cat kayu Biovarnish, (wood filler, wood stain dan clear coat), air bersih dengan PH ±7, kuas berukuran 3 inci dan 5 inci (bisa juga menggunakan spray gun) pisau pallet,  amplas alumunium oxide no. 240 dan 400, gelas plastik, kain lap bersih dan kering. Pastikan media sudah bersih, kering dan juga bebas  dari kotoran atau debu. Lakukan proses pengamplasan untuk menyiapkan kayu.

Cara detail pengamplasan bisa dicek di video berikut:

 

Berikut cara aplikasi finishing pagar wara natural transparan menggunakan seri produk Biovarnish:

  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler ke seluruh permukaan kayu dengan pisau pallet searah serat kayu. Encerkan dengan air jika perlu. Tunggu dempul hingga kering sekitar 20-30 menit kemudian amplas dengan kertas amplas no. 240 hingga serat kayu terlihat dan permukaan kayu halus. Ulang aplikasi jika dirasa perlu
  • Siapkan Biovarnish Wood Stain. Campurkan Biovarnish Wood Stain dengan air, gunakan perbandingan 4 bahan : 1 air dalam gelas plastik. Aduk hingga benar-benar rata. Kuaskan ke seluruh permukaan media kayu menggunakan kuas berukuran 5 inci secara horizontal searah serat kayu. Untuk bagian siku atau bagain kecil yang sulit dijangkau gunakan kuas berukuran 3 inci secara vertikal (bisa juga menggunakan spray gun). Aplikasikan hingga semua bidang tertutup dengan cat. Tunggu kering sekitar 60 menit kemudian amplas ambang dengan kertas amplas no. 400. Jika warna belum sesuai dengan yang diinginkan, ulangi lagi tahapan ini sampai didapat warna yang diharapkan.
  • Siapkan Biovarnish Clear Coat. Aplikasikan Biovarnish clear coat yang sudah dicampur dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air. Untuk cara aplikasinya tidak jauh berbeda dengan Biovarnish Wood Stain. Setelah diaplikasikan menggunakan kuas atau spray, diamkan hingga kering +/- 60 menit. Setelah itu amplas ambang menggunakan amplas no 400. Ulang aplikasi untuk mendapatkan hasil maksimal. Media kayu siap untuk digunakan setelah didiamkan overnight.

Cara Aplikasi Orchid Enamel Paint Untuk Finishing Pagar Warna Solid

cat kayu eksterior interior warna solid Orchid enamel paintUntuk memudahkan memahami proses finishing pagar kayu warna solid, berikut akan kami berikan contoh aplikasi finishing kayu warna solid menggunakan produk Orchid Enamel Paint. Sebelum finishing, bersihkan dan keringkan permukaan kayu. Jika Anda melakukan pengecatan ulang, maka pastikan cat lama sudah diamplas terlebih dulu, sehingga cat yang baru dapat menempel sempurna.

Pengenceran

  • Pilihlah warna Orchid Enamel Paint sesuai yang diinginkan. Produk ini tersedia dalam berbagai pilihan warna, baik warna solid opaque colors maupun metalik colors. Cek pilihan warna di color swatch Orchid Enamel Paint
  • Tambahkan air bersih ke dalam larutan cat dengan perbandingan 4 Orchid : 1 air. Aduk pelan-pelan agar rata. Lakukan pengadukan sebelum dan selama aplikasi.

Aplikasi Lapisan Dasar

  • Aplikasikan larutan Orchid yang telah dibuat tadi pada permukaan kayu dengan cara dikuas, di-ball ataupun di-spray. Anda juga bisa mengaplikasikan produk primer coat sebelum aplikasi Orchid untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna atau jika menginginkan lebih cepat didapatkan hasil yang close pore menutup sempurna.
  • Diamkan sampai lapisan cat kering sentuh (20-30 menit).

Finishing

  • Amplas ambang lapisan cat pertama menggunakan kertas amplas no 400.
  • Ulangi aplikasi Orchid, biarkan mengering serta ulangi lagi hingga didapatkan ketebalan lapisan cat serta tampilan yang diharapkan.
  • Jika menginginkan hasil yang lebih sempurna, tutup dengan topcoat semi gloss.

Itulah dua cara mudah finishing pagar warna solid maupun warna transparan menggunakan produk cat kayu eksterior dan interior Orchid enamel paint dan Biovarnish, cat water based dari Bioindustries. Untuk informasi lebih lanjut atau pembelian, silahkan kontak customer care kami di no 0878-3934-6433. Untuk area Yogyakarta dan sekitarnya, silahkan kontak Bio center Jogja. Untuk area cirebon dan sekitarnya, silahkan kontak bio service point cirebon. Dan untuk area jepara dan sekitarnya, silahkan kontak bio service point jepara. Untuk info keagenan, silahkan kontak no hotline kami di 0822-4338-0001. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 498 orang responden
%d bloggers like this: