Pemilihan Jenis Dempul dan Cara Aplikasi Dempul yang Benar

Bagaimanakah cara aplikasi dempul yang benar? Dan jenis dempul seperti apakah yang tepat untuk finishing kayu yang kita lakukan? Temukan jawabannya di sini.

aplikasi dempul yang benar biovarnish wood fillerProses finishing bukanlah proses yang simple. Karena pada dasarnya, finishing adalah seni. Hasil seperti apa yang akan didapatkan, sangat tergantung dari desain awal yang dibuat dan proses aplikasinya. Hasil finishing adalah perpaduan antara media, alat, bahan, dan skill dari aplikatornya. Skill yang bagus hasilnya juga kurang memuaskan jika tanpa didukung degan bahan yang tepat dan berkualitas.

Untuk bahan finishing sendiri ada banyak sekali macamnya tergantung seperti apakah hasil yang Anda harapkan. Pada dasarnya proses finishing terdiri dari beberapa tahapan, yaitu aplikasi basecoat, maincoat, coloring dan topcoat. Walaupun untuk aplikasi di lapangan, sangat tergantung dari hasil finishing yang diharapkan. Proses step lengkap yang diawali dari aplikasi dempul atau filler dan diakhiri dengan topcoat ini biasanya sering diaplikasikan untuk industri furniture yang membutuhkan hasil maksimal atau untuk kepentingan ekspor.

Penggunaan dempul kayu biasanya juga dilakukan apabila mengharapkan hasil finishing close pore. Finishing close pore adalah finishing  kayu yang menutup semua pori-pori kayu bahkan cacat pada kayu. Fungsi dari finishing ini adalah untuk menutup pori-pori kayu yang bekerja menyerap kelembapan yang ada di udara. Lantas bagaimana dengan finishing close pore pada jenis finishing warna natiral transparan? Bisakah dempul kayu digunakan untuk jenis finishing ini? Jika Anda menginginkan hasil finishing close pore untuk warna natural transparan yang mengekspos keindahan serat kayu, Anda  bisa menggunakan dempul kayu untuk warna natural yaitu wood filler.

Secara umum kita mengenal dua jenis wood filler sebagai dempul kayu yaitu dempul yang terbuat dari solvent based dan juga dempul yang terbuat dari water based. Dempul kayu solvent adalah dempul kayu yang terbuat dari bahan solvent dengan kandungan logam berat. Bahkan untuk cara aplikasinya ada yang diencerkan terlebih dahulu menggunakan solvent seperti thinner atau spiritus. Sedangkan wood filler water based adalah jenis dempul kayu yang terbuat dari bahan dasar air dan bahan pelarutnya juga air. Semua jenis dempul tersebut dapat Anda gunakan untuk semua jenis kayu dan untuk hasilnya tergantung dengan jenis warna yang Anda inginkan.

Cara Aplikasi Dempul Yang Benar

Melihat dari jenis dempul kayu yang berbagai macam, Anda bisa memilih dempul manakah yang ingin Anda gunakan. Sedangkan cara aplikasi dempul kayu sendiri tidak ada yang berbeda jauh baik itu dempul kayu solvent based dan juga dempul kayu water based. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dalam menggunakan dempul kayu:

  1. Persiapkan alat terlebih dahulu seperti amplas, bahan pelarut baik itu air maupun solvent, bahan aplikasi Anda bisa menggunakan pisau pallet atau dengan kain katun putih yang bersih dan juga kering. Persiapkan juga media kayu yang akan Anda gunakan itu sudah bersih kering dan halus bebas dari debu kotoran, jika permukaan belum halus amplas terlebih dahulu dan bersihkan sisa debu amplas.
  2. Siapkan dempul kayu yang akan Anda gunakan dan campurkan menggunakan bahan pelarutnya tergantung dengan jenis dempul kayu. Larutkan dengan sedikit bahan pelarut dan campurkan hingga rata. Bagi kayu yang memiliki cacat permukaan cukup dalam Anda bisa mengisinya dengan dempul menggunakan pisau pallet. Untuk menutup pori-pori lakukan teknik bal yaitu dengan mengusapkan dempul kayu menggunakan kain katun bersih dan kering ke seluruh permukaan kayu sambil ditekan.
  3. Tunggu dempul hingga kering, masing-masing dempul memiliki kecepatan kering berbeda. Untuk solvent biasanya membutuhkan waktu ± 1 jam di bawah panas matahari . Sedangkan jika Anda mengunakan dempul kayu water based seperti Biovarnish Wood Filler Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit saja tanpa dijemur pada panas matahari.
  4. Jika sudah kering lakukan pengamplasan hingga dempul yang tersisa hanya yang di dalam pori-pori, serta permukaan kayu sudah halus. Raba permukaan media kayu untuk membuktikan bahwa permukaan sudah benar-benar halus. Jika pada bagian cacat kayu masih terlihat dalam, Anda bisa melakukan aplikasi ulang hingga bagian cacat yang ingin diperbaiki memiliki tampilan atau permukaan yang sama rata. Setelah selesai dengan dempul Anda bisa melanjutkan proses selanjutnya yaitu pewarnaan

Simak video aplikasi dempul kayu yang benar menggunakan Biovarnish wood filler berikut :

Pemilihan Warna Dempul Yang Sesuai Dengan Warna Kayu  

Setelah Anda mengetahui cara aplikasi dempul kayu yang mudah maka saatnya Anda mempersiapkan untuk dempul kayu mana yang akan digunakan. Produk yang saat ini sangat diminati oleh masyarakat terutama pengusaha mebel adalah dempul kayu water based. Produk dempul kayu water based adalah produk dempul yang pelarutnya menggunakan air. Produk ini lebih aman dan juga tidak berbahaya bagi tubuh manusia karena tidak mengandung logam berat, seperti formalin, merkuri dan juga timbal. Merk Biovarnish Wood Filler sudah banyak digunakan pada furniture yag diekspor ke pasaran internasional seperti Eropa dan juga Amerika. Alasan utama produk ini paling disukai adalah karena aman dan ramah lingkungan. Bahkan pembuatannya sudah sesuai dengan standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan juga US EPA (Enviromental Protection Agency).

Ada tiga warna Biovarnish Wood Filler yang bisa Anda pilih sesuai dengan hasil warna dan juga jenis kayu yang Anda inginkan. Berikut ini penjelasannya yang perlu Anda ketahui:

  1. Biovarnish Wood Filler Warna Ramin

Produk Biovarnish Wood Filler Ramin adalah produk  dempul kayu yang bisa digunakan untuk beberapa jenis kayu yang memiliki warna terang atau putih seperti jenis kayu ramin, kayu pinus, kayu jati belanda, kayu albasia, kayu ulin, kayu sungkai, dll. Warna ramin ini lebih ke warna putih hingga kekuningan. Sehingga jika Anda menginginkan warna natural pada jenis kayu putih dan serat dapat terlihat dengan jelas sebaiknya memilih jenis Biovarnish Wood Filler warna ramin ini.

  1. Biovarnish Wood filler Warna Mahogany

Melihat dari namanya saja, produk ini adalah produk yang akan memberikan seperti warna kayu mahoni. Jika warna kayu yang digunakan mendekati warna kemerahan, seperti  kayu mahoni, kayu merbau, kayu bengkirai, kayu sonokeling, kayu eboni, dll, Nada bisa menggunakan Biovarnish wood filler warna mahoni.

  1. Biovarnish Wood Filler Warna Jati

Warna kayu jati adalah warna yang paling diminati. Hal ini juga dikarenakan jenis kayu jati adalah jenis kayu yang paling terkenal akan kekuatannya. Sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkan kayu jati. Kayu jati pun sangat bervariasi warnanya, ada yang cokelat muda atau cokelat tua. Tetapi jika Anda menggunkan Biovarnish Wood Filler warna kayu cokelat tua atau mudah tetap dapat memberikan penampilan yang menarik.

Dari ketiga jenis warna Biovarnish Wood Filler, pada dasarnya Anda bisa menggunakan semua jenis warna yang terang atau tua pada jenis kayu apapun. Hanya saja warna yang akan membedakannya. Untuk pewarnaan setelah penggunaan Biovarnish Wood Filler Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Stain yang merupakan coloring kayu dengan pilihan warna yang lebih beragam.

Untuk pembelian Biovarnish Wood Filler, Anda bisa menghubungi kantor kami di Bio Center Jogja, Bio Service Point Jepara, Bio Service Point Cirebon, ataupun melalui para agen yang tersebar di berbagai kota. Anda juga bisa menghubungi kami di no 0274-388-301, no WA 0822-4338-0001 atau via email di info.bioindustries@gmail.com.

Khusus untuk area jepara dan sekitarnya, bisa menghubungi kami di no telepon di 0291-598992. Anda juga bisa mengunjungi langsung di alamat kami di Jalan Raya Kudus No 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. Sedangkan untuk area Cirebon, Anda bisa menghubungi no 0231-320759 atau datang langsung ke kantor cabang Cirebon di Jl Ki Sabalanang No 23 Karangsari, Weru, Cirebon, Jawa Barat. Demikianlah cara aplikasi dempul yang benar. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 504 orang responden
%d bloggers like this: