Bioindustri Omnipresen

Blog

Bagaimana Finishing Natural Warna Walnut Mempengaruhi Kesehatan Mental?

Dari coffe table hingga partisi ruangan, finishing walnut adalah warna klasik favorit 8 dari 10 Sobat Bio di seluruh Indonesia. Perpaduan warna coklat tua keunguan mampu memperkuat aksen serat kayu alami dan memberi kesan hangat, bersih, sekaligus mewah. 

Membawa Alam ke Dalam Bangunan

Alam adalah kekuatan utama dan menjadi highlight dari tren warna pada 2023 ini. Sebagaimana kesadaran terhadap isu kesehatan mental, warna juga berperan penting untuk mewujudkan kesehatan mental bagi para penggunanya. Bagimana hal tersebut bisa berpengaruh? Yuk artikel ini sampai tuntas. 

 

Dalam psikologi warna, coklat adalah warna yang hangat, nyaman, dan memberikan efek penyembuhan. Seperti halnya warna walnut yang memiliki warna coklat kehitaman yang indah. Warna tersebut mudah digunakan untuk dekorasi interior banyak ruangan atau dipadu-padankan dengan warna lainnya. Selain itu, media sosial juga berperan untuk mengangkat isu tersebut ke permukaan dan mengkaitkan dengan pemilihan warna. Sehingga banyak orang yang merasa terhubung dan merasakan hal yang sama untuk mengatasi kecemasan, serta memilih warna yang cocok untuk meningkatkan kesehatan mental. 

Kondisi penduduk yang padat, terbatasnya ruang terbuka menjadian kita semakin terisolasi dari alam. Namun, di sisi lain, manusia terus berupaya untuk terhubung dengan alam untuk meningkatkan kualitas serta harapan hidup manusia. Sayangnya tidak semua orang bisa mengakses alam yang terbuka dengan mudah. Penggunaan finishing natural pada furnitur bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara untuk menghadirkan alam di dalam bangunan, menciptakan ruang yang nyaman dan menyenangkan.  

Dengan menggunakan pendekatan ilmu kesehatan, biologi, maupun psikologi, orang-orang di belahan dunia manapun senang menghabiskan waktu di alam, sehingga dalam masyarakat urban saat ini mereka membawa alam ke dalam bangunan mereka. Salah satu caranya adalah dengan memilih material atau cat finishingnya. 

Bagi Sobat Bio yang menyukai produksi furniture dan home décor dengan gaya dekorasi minimalis sekaligus hangat dan sedikit perpaduan gaya interior Jepang-Skandinavia (Japandi) juga bisa memilih warna walnut untuk menunjang keindahan estetika dekorasi dan berfokus pada tampilan yang sederhana, alami, menampilkan kenyamanan, dan mengedepankan furnitur yang berkelanjutan. Menggunakan warna walnut tidak hanya digunakan untuk mebel kayu saja, melainkan juga bisa diaplikasikan pada pintu, bufet, nakas, dan dekorasi kayu lainnya. 

Mix and Match Japandi Style dengan Warna Walnut

Tahukah Sobat Bio jika warna walnut terinspirasi dari warna pohon kenari (Juglans nira) dan menjadi salah satu jenis kayu keras (hardwood) terbaik di seluruh dunia, karena berwarna coklat gelap, keras, berpori padat, serta serat kayu yang indah. Oleh karena itu, kayu walnut tidak perlu diberi pernis melainkan hanya perlu dilapisi top coat saja untuk melindungi permukaan dan menonjolkan serat alaminya.

Namun, hal tersebut tidak menghalangi jenis kayu lain untuk mendapatkan keindahan warna walnut, loh, Sobat Bio. Anda bisa mengaplikasikan warna coklat walnut pada jenis kayu lunak seperti jati belanda maupun jenis kayu lainnya dengan desain bentuk yang minimalis. 

Style desain interior perpaduan antara gaya Jepang dan Skandinavia memiliki sejarah panjang. Keduanya memiliki  ciri khas yang sudah bertahan selama ratusan tahun lamanya. Terbentuknya gaya interior Japandi ini muncul terutama saat restorasi Meiji, yakni ketika terbukanya bandar pelabuhan dan perekonomian Jepang pada 1860-an. Keindahan bangunan Jepang yang didominasi oleh kayu menjadi inspirasi bagi seniman dan desainer Skandinavia. 

Di sisi lain, kedua gaya desain interior ini memiliki kesamaan yang menekankan pada material alami dan organik seperti kayu, khususnya bentuk kayu minimalis. Serta penggunaan palet warna netral yang menekankan pada warna coklat, putih, krem, dan hijau. Jadi, Anda bisa menggunakan hampir semua jenis kayu yang dibentuk minimalis untuk interior Japandi. 

Desain interior Japandi ini semakin banyak digunakan kembali ketika para pemengaruh (influencer) gencar menata rumah dan menerapkan hidup minimalis selama pandemi. Pilihan warna coklat dan sumber pencahayaan alami  yang luas semakin cocok dengan konsep minimalis ini. 

Finishing Warna Walnut untuk Furniture dan Home Decor Japandi

 

Jika Sobat Bio tertarik untuk menghadirkan tren desain interior melalui furniture atau home decor untuk skala lokal maupun ekspor, Anda bisa memilih warna walnut untuk finishing seluruh proyek furniture Anda. Palet warna coklat yang lebih gelap cocok diaplikasikan pada kayu untuk menonjolkan corak gaya Jepang pada tampilan akhir. 

Furniture dengan finishing walnut untuk desain Japandi bisa diletakkan di beberapa tempat. Misalnya saja kitchen set dan meja-kursi makan yang ditempatkan di area dapur. Selain itu, cahaya alami dan cat pastel bisa jadi perpaduan furniture gaya Japandi warna walnut. 

Warna walnut tidak hanya bagus ketika diaplikasikan di ruang terbuka untuk umum, tetapi juga bisa diaplikasikan untuk tempat tidur dan bufet di dalam kamar tidur.

3 Variasi Biovarnish Wood Stain dan Liquid Stain Warna Walnut

Terdapat dua cara yang bisa Anda gunakan untuk mengaplikasikan finishing kayu, yaitu menggunakan kuas dan menggunakan spray. Oleh karena itu, terdapat juga dua jenis stain/ pernis yang cocok diaplikasikan pada masing-masing teknik. Teknik kuas akan lebih cocok menggunakan wood stain dengan tekstur yang lebih kental. Sedangkan teknik spray menggunakan spray gun lebih cocok menggunakan liquid stain agar warna lebih merata dan cepat kering. 

Berikut 3 rekomendasi wood stain dan liquid stain yang bisa Anda aplikasikan untuk finishing home décor maupun furnitur dengan warna walnut dari Biovarnish, produk pernis water based andalan Bio Industries untuk finishing yang lebih cepat kering, ramah lingkungan, dan aman. 

  • Dark Walnut RX 208

Warna walnut yang banyak diadopsi oleh cat kayu biasanya diambil dari warna permukaan kayu teras (heartwood) kenari. Untuk mendapatkan warna coklat yang pekat, campurkan Wood/Liquid Stain varian Dark Walnut RX 208 dengan air menggunakan perbandingan 1:1. Kemudian Anda bisa mengaplikasikan sesuai dengan ketebalan dan hasil warna yang diinginkan. Pernis warna coklat gelap dengan sedikit warna keemasan ini sempurna untuk menonjolkan serat kayu Anda. Dan akan lebih baik ketika dilapisi clear coat atau polyurethane berpelarut air untuk mengunci dan meningkatkan warna walnut pada serat kayu,

  • Walnut Brown RX 209

Varian warna Walnut Brown RX 209 ini satu tingkat lebih gelap jika dibandingkan dengan dark walnut. Dengan warna yang lebih gelap tersebut akan cocok jika diapikasikan pada furniture outdoor. Warna yang lebih gelap memberikan ketajaman warna yang lebih tahan lama serta tidak mudah memudar jika terkena sinar matahari.  

  • Light Walnut RX 211

Intensitas Light Walnut ini merupakan yang paling terang jika dibandingkan dengan kedua warna di atas. Dengan warna kuning kecoklatan yang lebih netral dan hangat, warna inilah yang paling cocok untuk mendapatkan warna coklat walnut yang sedang-sedang. 

 

Jadi, warna walnut mana yang menarik bagi Anda? 

tanya cs bio
Tanya Bio!