Bioindustri Omnipresen

Blog

Ide Warna Unik Cat Pintu Kayu yang Bagus dan Cocok dengan Konsep Bangunan

Pintu yang dirancang dengan baik bisa menjadi titik fokus yang menonjol dan mempercantik ruangan. Warna pintu yang tepat dapat memberikan sentuhan personal serta menghadirkan karakter baru ke suluruh ruangan.

Bagi Anda yang sedang membangun rumah, menjadi developer, atau sedang merenovasi bangunan, salah satu keputusan penting yang harus diambil untuk menyempurnakan keindahan interior dan eksterior bangunan adalah memilih warna untuk pintu dan kusen jendela. Tim Bio merangkum lima warna cat pintu kayu water based dari Orchid Enamel Paint dan Biovarnish Series yang bagus dan cocok dengan konsep bangunan yang bisa Sobat Bio coba!

Warna Cat Pintu Kayu Solid

Pemilihan warna-warna solid untuk cat kayu cocok diaplikasikan pada kayu memiliki serat kayu biasa atau banyak memiliki mata kayu. Berikut beberapa opsi warna untuk memperindah tampilan pintu kayu dengan warna solid.

1.  Warna Cat Pintu Kayu Putih Klasik Orchid Enamel Paint (WX-101)

finishing kayu warna putih klasik

Pilihan cat kayu warna putih klasik relatif lebih mudah untuk menciptakan susana yang bersih, berkelas, sekaligus mewah untuk ruangan, rumah dan lainnya. Warna netral ini pun cocok dipadukan dengan material kaca, batu, atau besi. Biasanya, warna putih pada elemen bangunan identik dengan warna monokrom dan sering dijumpai pada konsep hunian atau bangunan minimalis Skandinavian atau American classic. Palet warna monokrom yang tidak banyak pilihan warna bisa menciptakan suasanya yang tenang, loh. Anda bisa menggunakan warna putih klasik ini pada bingkai jendela atau pintu sliding yang dipadu padankan dengan kaca, atau furnitur lain.

Jika konsep bangunan bergaya Skandinavian menonjolkan warna monokrom-minimalis dan menggabungkan warna-warna kayu natural, maka konsep American classic identik dengan warna lembut yang didominasi warna putih dan krem, serta furnitur berukuran besar untuk menonjolkan ciri khas interior klasik dan mewah.

2.      Golden Yellow (YX-102)

Ingin memiliki bangunan rustik yang estetik? Warna kuning keemasan ini bisa menjadi pilihan alternatif yang unik. Salah satu warna primer tang eye catching ini banyak digunakan untuk desain interior maupun desain produk, termasuk sering digunakan pada pintu kayu dan kerangka jendela. Bagi Anda yang ingin melakukan finishing pintu, warna kuning bisa membuat suasana ruangan menjadi lebih segar dan ceria.

finishing pintu golden yellow

Kalau di Indonesia, penggunaan warna kuning banyak banget digunakan di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Tahukah Sobat Bio jika warna kuning punya makna khusus dalam tradisi masyarakat Melayu. Selain untuk fungsi estetika, warna kuning keemasan menjadi warna sakral yang melambangkan kejayaan, keagungan, kemegahan serta kesucian. Melansir dari kaltimkece, upaya restorasi kesultanan dan kerajaan lokal di seluruh kawasan Indonesia, menggunakan warna kuning keemasan untuk menonjolkan adat yang khas.

3.      Ocean Blue (BX- 101)

finishing pintu warna biru

Sama-sama estetik, biru jadi palet warna pintu on point yang mengingatkan Anda pada luasnya langit dan lautan. Inspirasi terbesar penggunaan warna biru untuk pintu bangunan adalah kawasan Santorini, Yunani. Serta kawasan semenanjung selat Bosporus. Meskipun demikian, tidak harus tinggal dan memiliki proyek pembangunan di pinggir laut. Anda juga bisa mencoba warna ini untuk proyek tengah kota atau dataran tinggi. Kombinasi warna biru laut ini terlihat sangat menakjubkan di samping tanaman besar seperti bougenville, dan dipadukan dengan dinding putih.

Cat Pintu Kayu Warna Natural

Ingin menonjolkan keindahan serat alami kayu Anda? Warna natural coklat dari pernis yang mempertajam warna serat kayu adalah pilihan ideal. Berikut beberapa rekomendasi warna natural yang unik dari Biovarnish Wood Stain dan Liquid Stain.

4.     Plitur Kayu Gardena Teak RX 215

Siapa yang tidak kenal dengan warna dan keindahan serat kayu jati? Warna ini banyak diminati oleh industri mebel atau kontraktoor perumahan. Tampilan coklat kekuningan gardena teak ini paling mendekati warna asli kayu jati. Anda hanya perlu mengaplikasikan warna kayu gardena teak ini pada kayu jati, merbau, bengkirai dengan campuran air. Kemudian menyempurnakan keindahan dan menambah kekuatan finishing dengan clear coat matte.

5.      Dark Teak RX 214

Ingin warna pintu kayu lebih gelap? Anda bisa mempertimbangkan penggunaan warna dark teak dan memadukannya dengan gaya bangunan industrial atau japandi. Warna kayu yang gelap dan finishing matter memberi kesan yang begitu elega dan mewah.

Itu dia lima warna pintu yang unik. Namun, kelima warna tersebut bukan satu-satunya pilihan Anda. Anda dapat memilih warna apapun yang Anda inginkan karena pintu kayu memang harus mencerminkan identitas Anda. Tidak ada salahnya mencoba mengkobinasikan rekomendasi warna di atas dalam proyek konstruksi Anda atau renovasi rumah.

Hubungi kami customer service kami untuk mengetahui bagaimana kami dapat membantu Anda menciptakan finishing yang indah dan rapi di bawah ini.

CTA Order Produk Finishing Kayu

tanya cs bio
Tanya Bio!