Pentingnya Finishing Kayu Food Grade dan Produk yang Kami Rekomendasikan - Bioindustries

Pentingnya Finishing Kayu Food Grade dan Produk yang Kami Rekomendasikan

finishing aman untuk kitchenware

Finishing kayu food grade sangat penting untuk produk-produk seperti alat makan, kitchen set, meja makan, dan berbagai produk lainnya yang langsung maupun tak langsung bersentuhan dengan makanan. Jenis finishing seperti ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Apalagi kebanyakan produk finishing yang ada di pasaran bukan tergolong produk yang aman ketika tercampur bahan konsumsi.

Misalnya saja cat. Banyak produk cat dan berbagai variannya (dari dasaran hingga warna) memanfaatkan pelarut solvent seperti thinner dan spiritus. Padahal, spiritus dan thinner mengandung Volatile Organic Compounds yang terlarang dan sangat berbahaya bagi kesehatan. Produk cat water based pun tak serta merta dapat diandalkan. Sebab, meski mengandung lebih sedikit VOC, produk cat water based belum tentu bebas dari logam berat hingga ftalat.

Padahal, bila dilakukan dengan baik, finishing kayu food grade untuk alat makan hingga kitchen set dapat memberikan profit besar. Selain agar tidak membahayakan konsumen, finishing juga bermanfaat meningkatkan estetika produk dan memproteksinya dari paparan biotik maupun abiotik. Sehingga masa pakai produk lebih lama dibanding yang belum difinish.

Produk untuk Finishing Kayu Food Grade yang Kami Rekomendasikan

Berikut ini produk yang kami rekomendasikan untuk finishing kayu food grade:

  1. Biopolish® Beeswax

finishing food grade dengan produk biopolish

Biopolish® Beeswax Food Grade Wood Polish adalah produk wax polish terbuat dari lilin lebah dan natural oil. Biopolish® Beeswax sudah mendapat sertifikat food grade sesuai regulasi FDA (Food and Drugs Administration) Amerika Serikat. Produk ini akan membuat produk yang difinish:

  • Lebih tajam warnanya
  • Lebih halus permukaannya
  • Anti air
  • Higienis (karena mengandung antiseptik alami)
  • Indah dengan tampilan natural wet look
  • Tak mudah retak

Berbeda dengan bahan finishing cat, Biopolish® Beeswax wood polish tidak menimbulkan lapisan coating. Produk ini bekerja dengan meresap ke dalam serat kayu sehingga sangat efektif digunakan.

Berikut cara mengaplikasikan BioPolish Beeswax untuk finishing alat makan:

  1. Amplas terlebih dahulu permukaan kayu agar bersih dari kotoran, debu atau minyak yang masih menempel pada kayu. Proses amplas ini juga berfungsi untuk meratakan media kayu, sehingga proses aplikasi mudah dilakukan.
  2. Sebelum aplikasi Beeswax, aplikasikan terlebih dahulu Biovarnish Sanding Sealer untuk menghaluskan permukaan media kayu. Bulu-bulu kayu menjadi mudah dipotong dengan proses pengamplasan. Hasilnya, permukaan substrat kayu lebih halus dan siap untuk diaplikasikan Beeswax.
  3. Aplikasikan BioPolish Beeswax merata ke permukaan kayu. Gunakan kain bersih untuk mengambil dan meratakan. Ratakan Beeswax ke seluruh permukaan media kayu. Diamkan sekitar 5-10 menit. Setelah itu gosok seluruh permukaan media kayu dengan menggunakan kain halus.

Itulah cara menggunakan BioPolish Beeswax Food Grade Wood Polish. Untuk industri pembuat kitchenware, produk ini cukup diaplikasikan sekali sebelum proses kirim ke customer. Akan lebih baik jika customer disarankan untuk melakukan pengolesan ulang seminggu sekali untuk perawatan.

Untuk end user, Biopolish Beeswax bisa diaplikasikan tanpa diamplas. Cukup bersihkan menggunakan kain katun lembut yang bersih. Lakukan perawatan seminggu sekali agar kitchenware terjaga keindahannya dan tentu saja lebih awet.

  1. Finishing Kayu Food Grade Menggunakan Biovarnish Series

cat aman untuk finishing alat makan berbahan kayu

Cat standar food grade Biovarnish dari Bioindustries menawarkan keindahan natural pada kayu yang aman digunakan. Finishing food grade menggunakan Biovarnish akan membuat material yang difinish:

  • Tampil natural indah
  • Tingkat kilau bisa disesuaikan, ready glossy dan matte.
  • Substrat kayu terproteksi dari ancaman kerusakan faktor biotik dan abiotik.
  • Lapisan permukaan lebih halus.

Berikut cara aplikasi finishing food grade natural menggunakan Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat:

  1. Amplas permukaan kayu, kemudian lap dengan kain bersih untuk memastikan media kayu bersih dari kotoran, minyak dan debu. Proses pengamplasan ini juga berfungsi untuk meratakan kayu, sehingga proses aplikasi lebih mudah dilakukan.
  2. Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer untuk menghaluskan permukaan substrat kayu. Proses aplikasi sanding sealer juga memudahkan proses pemotongan bulu kayu. Karena setelah aplikasi Biovarnish sanding sealer, bulu kayu yang semula rebah akan tegak, sehingga lebih mudah terpotong saat diamplas.
  3. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat sebagai pelapis akhir untuk melindungi substrat kayu maupun lapisan di bawahnya dari faktor biotik maupun abiotik.

Biovarnish sanding sealer dan Biovarnish clear coat merupakan cat water based. Jadi, hanya perlu dicampur menggunakan air. Proses aplikasinya juga cukup mudah, karena bisa diaplikasikan baik menggunakan kuas maupun spray gun.

Sesuaikan produk yang Anda beli dengan kebutuhan yang diperlukan. Baik Biopolish® Beeswax maupun seri cat Biovarnish menawarkan standar food grade yang bagus.

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 411 orang responden
%d bloggers like this: