Bioindustri Omnipresen

Blog

Pengertian, Fungsi, dan Perawatan Gazebo Kayu Eksterior

Gazebo adalah struktur bangunan kayu terbuka dengan atap yang dirancang untuk memberikan tempat berteduh di luar ruangan yang nyaman. Beberapa orang juga mengenalnya dengan sebutan pondokan. Gazebo yang dikenal dengan banyak nama biasanya berbentuk persegi, persegi panjang, atau bisa juga disesuaikan dengan selera Anda. Salah satu elemen pelengkap taman outdoor ini memiliki keunggulan menyajikan akses pandangan ke alam 3600.

Tahukah Sobat Bio kalau gazebo punya sejarah panjang dan mengakomodasi fungsi yang beragam di berbagai belahan negara dunia. Bangunan kayu dengan struktur sederhana seperti pondok ini tidak diragukan lagi daya pikatnya kepada anak-anak maupun lansia. Di Jepang atau Tiongkok pada mulanya gazebo dimanfaatkan sebagai tempat untuk bersantai, menikmati pemandangan alam, atau sebagai tempat kumpul. Sedangkan di Eropa, fungsinya hampir sama, namun kepemilikan gazebo terbatas pada kalangan menengah atas (aristokrat) selama abad pertengahan.

Kalau di Indonesia yang memiliki iklim tropis dan angin sepoi-sepoi, gazebo difungsikan untuk apa dan bagaimana perawatannya? Tim Bio sudah merangkumnya dalam artikel ini, simak sampai habis ya!

Fungsi Gazebo Saat Ini

Bisa juga dikenal sebagai summerhouse, gazebo juga sering digunakan sebagai tempat untuk memainkan musik pada abad 18. Fungsi gazebo erat kaitannya dengan aktivitas rekreasi dan relaksasi. Kini gazebo memiliki beberapa fungsi tambahan tergantung pada konteks dan preferensi pengembang atau pemilik bangunan, misalnya saja;

1.       Tempat bersantai di halaman belakang

Bagi Anda yang yang memiliki halaman luas dan keluarga besar yang sering berkumpul, memiliki gazebo adalah modal investasi untuk sosialisasi yang nyaman. Gazebo adalah tempat ideal untuk bersantai, menikmati cuaca yang baik. Selain itu juga bisa menjadi tempat yang nyaman untuk membaca buku dan ngobrol santai dengan anggota keluarga lainnya.

Anda bisa merancang struktur gazebo permanen atau semi permanen untuk peruntukan di hunian pribadi. Dengan struktur permanen, gazebo terbukti kuat dan tahan lama. Sedangkan jika Anda memutuskan untuk membangun gazebo semi permanen, Anda bisa menyesuaikan budget serta kemudahan untuk me-maintenance jika ada kerusakan atau perlu penggantian bagian yang rusak.

2.      Warung makan keluarga

Kini banyak pemilik warung makan keluarga, resto, atau depot yang menggunakan konsep lesehan dan ruang terbuka yang memanfaatkan material alam untuk dekorasinya. Sebut saja seperti Saung Sunda atau gubuk makan yang menjamur di berbagi kota di Indonesia dengan bangunan gazebo yang menghadap kolam ikan atau hamparan sawah hijau. Gazebo dengan meja dan kursi yang luas bisa menampung banyak orang, sekaligus menjadi alternatif wisata keluarga.

3.      Sarana Penunjang Pendidikan

Seiring dengan perkembangan kurikulum pendidikan dan cara ajar kepada murid yang dekat dengan alam, mengajar di luar ruangan dengan memanfaatkan gazebo adalah cara yang efektif untuk menerapkan pembelajaran yang interaktif. Penggunaan gazebo sebagai sarana penunjang kegiatan belajar-mengajar di luar ruangan ini sudah dimulai sejak 1962. Wah, sudah cukup lama, kan?

Gazebo untuk sarana penunjang pendidikan ini perlu dirancang dengan kuat untuk melakukan beragam aktifitas fisik dengan kegiatan anak-anak yang aktif.

4.     Venue Pernikahan

gazebo untuk venue pernikahan

Beberapa villa, rumah makan, atau hotel menyediakan gazebo di ruang terbuka yang bekerja sama dengan weding organizer untuk menyediakan jasa organisir pernikahan outdoor yang intim. Biasanya, penggunaan venue gazebo di luar ruangan ini sering dilakukan pada musim kemarau. Gazebo kayu dengan dekorasi bunga-bunga rustik ataupun berwarna-warni digunakan sebagai latar belakang untuk akad pernikahan.

Keindahan struktur gazebo yang menyatu dengan suasana alam yang sejuk menjadikan venue outdoor menjadi pilihan populer bagi generasi muda yang ingin menyelenggarakan pernikahan.

5.      Dekorasi Pelengkap Kolam Renang dan Taman

Tak jarang beberapa hotel atau homestay yang berdiri di pinggir pantai memiliki bangunan gazebo untuk bersantai para tamu setelah puas berenang. Bangunan gazebo di pinggir kolam berfungsi sebagai dekorasi pelengkap yang membuat area kolam renang semakin terlihat mewah.

Model gazebo, material, serta perawatan gazebo yang dekat dengan air pun sedikit berbeda. Misalnya saja desain gazebo bermaterial kayu yang minimalis akan cocok digunakan pada area kolam renang yang mini. Atau Anda juga bisa mengadopsi gazebo dengan atap jerami serta menambahkan beberapa kursi kayu di dalamnya untuk area kolam renang yang terbuka dan relatif lebih luas.

Memilih Material Gazebo dan Perawatannya

Punya gazebo memang enak buat leyeh-leyeh pada akhir pekan atau rehat sejenak dari aktivitas yang padat.

Meskipun model dan bentuknya beragam, gazebo tentu memiliki  enam elemen primer yaitu, pondasi untuk menahan beban angin atau barang tanpa harus ditanam.

Kedua, lantai kayu (bagi gazebo bergaya panggung) sebagai pilihan lantai yang ringan atau semen (gazebo landai). Ketiga, kolom atau tiang penyangga yang bisa memanfaatkaan kayu untuk gazebo bergaya tropis dan alami.

Mengingat gazebo merupakan bangunan tambahan yang kecil dan tidak menerima beban yang masif seperti hunian, maka kolom gazebo tidak perlu terlalu tinggi agar lebi proporsional. Umumnya bangunan gazebo berukuran 2×2 m dibangun dengan material kayu keras (hardwood) dengan kualitas tinggi seperti jati, merbau, atau bengkirai. Mau yang lebih murah? Biasanya kayu glugu (kayu kelapa) dan bambu bisa jadi alternatifnya.

Dan elemen lainnya ada bagian akhir seperti balok dan atap. Meskipun tak terlihat dari luar, namun keduanya menjadi penguat struktur gazebo secara keseluruhan. Untuk konstruksi atap gazebo tentu tidak serumit atap bangunan besar lainnya. Jadi material yang digunakan pun relatif lebih ringan dan alami seperti ijuk, alang-alang, atau genteng.

Material kayu atau bambu?

Pemilihan material juga pasti perlu mempertimbangkan peletakan gazebo antara dekat dengan air, dibangun dengan gaya panggung yang berjarak dengan tanah, serta pengaruh sinar matahari dan hujan. Keseluruhan pertimbangan tersebut berguna untuk menjamin gazebo yang fungsional dan nyaman bagi para penggunanya.

Kayu merbau: tahan air dan rayap sehingga lebih tahan lama dibanding kayu lainnya. Selain itu, kayu tersebut juga mudah dijumpai di berbagai wilayah Indonesia.

Bambu: ringan, mudah dibentuk dan disesuaikan, anti rayap, dan finishing yang mudah dan sederhana.

Dari elemen primer dan materialnya, tentu perawatan antara kayu yang berkualitas tinggi dengan kayu lunak atau bambu pasti berbeda. Berikut rekomendasi perawatan dan finishing kedua material tersebut:

Gazebo anti rayap dengan Biocide Insecticide

Sedikit berjarak dengan tanah membuat konstruksi gazebo dengan meterial kayu atau bambu riskan dengan serangan rayap. Meskipun Anda memilih material kayu atau bambu anti rayap, tetap penting untuk melakukan tindakan pencegahan agar kayu atau bambu tidak habis diserang rayap.

Pastikan memiliki stok atau mengaplikasikan obat anti rayap Biocide Insecticide pada kayu yang digunakan untuk kolom gazebo. Caranya pun praktis, cukup disemprot saja dengan cairan biocide insecticide yang telah dicampur dengan air sesuai takaran sebelu melakukan perakitan dan finishing.

Coating gazebo eksterior yang tahan cuaca ekstrim dengan Biothane

Gazebo kayu atau bambu luar ruangan seringkali mengalami permasalah finishing seperti warna yang kusam, permukaan lantai gazebo yang melengkung karena efek cuaca yang panas atau dingin karena hujan. Oleh karena itu, perlu perlindungan ekstra untuk gazebo luar ruangan agar semakin awet dengan menggunakan coating/lapisan akhir menggunakan Biothane.

Diformulasikan secara khusus untuk furnitur dan dekorasi eksterior, Biothane bisa menjadi penyempurna finishing natural yang kuat terhadap perubahan cuaca dan bisa mempertahankan warna finishing agar tidak mudah kusam.

Jika Anda memproduksi gazebo untuk mempercantik sudut bersantai untuk hunian, rumah makan keluarga, atau venue pesta, pastikan hasil garapan Anda berkualitas prima dengan kedua bahan perawatan dan finishing dari Bio Industries!

Hubungi customer service kami untuk mendapatkan produk coating dan anti rayap tersebut di bawah ini

CTA Order Produk Finishing Kayu

tanya cs bio
Tanya Bio!