Pelatihan Finishing Water Based Bersertifikasi Bersama Bio Institute - Bioindustries

Pelatihan Finishing Water Based Bersertifikasi Bersama Bio Institute

Pelatihan di bidang furniture, yaitu pelatihan finishing bersertifikasi nasional (Diklat 3-In-1 Berbasis Kompetensi Bidang Finishing Furniture Angkatan III) baru saja diselenggarakan oleh Balai Diklat Industri (BDI) Kementerian Perindustrian, menggandeng Bioindustries, Asmindo dan HIMKI.

pelatihan finishing bersertifikasi bio institutePelatihan diselenggarakan selama enam hari, di-isi dengan teori dan praktek. Pada tanggal 23 April 2018 ujian untuk angkatan ketiga dengan tema furniture khusus untuk finishing. Ujian finishing berlangsung satu hari di Jalan Kyai Mojo No. 70 Yogyakarta setelah lima hari sebelumnya pelajaran materi finishing dilakukan.

Setelah sebelumnya memfokuskan diri pada pendidikan berbasis pada industri plastik, logam dan juga kerajinan, di tahun 2018 ini BDI mulai menggarap industri furniture. Bekerjasama dengan Bio Institutee sebagai penyedia instruktur dan ASMINDO dan HIMKI, pelatihan untuk para pengrajin furniture dalam kompetensi finishing furniture diselenggarakan. Target peserta untuk tahap awal adalah para aplikator atau teknisi di perusahaan yang tersebar di area DIY dan Jateng. Hingga saat ini, pelatihan berbasis kompetensi di bidang finishing furniture ini telah diselenggarakan untuk ketiga kalinya.

Mengapa Bio Institute Mengambil Peran Dalam Pelatihan Finishing Furniture Bersertifikasi?

Bio Institute sejak 16 tahun yang lalu telah secara aktif mengkampanyekan pentingnya menggunakan bahan finishing ramah lingkungan. Memberikan edukasi ke berbagai pihak yang terkait langsung dengan proses finishing di berbagai perusahaan furniture di Indonesia merupakan proses penting yang harus dilakukan. Harapannya, para peserta tersebut bisa menularkan kemampuannya pada karyawan lain dan mampu memberikan masukan pada pemangku kebijakan di perusahaannya untuk menggunakan bahan finishing yang ramah lingkungan.

pelatihan finishing bio institute bioindustriesPeranan penting Bio Institute dalam BDI pertama, kedua hingga ketiga ini disambut dengan baik oleh para peserta. Materi utama yang disampaikan tidak hanya mengenai cat solvent yang selama ini digunakan saja namun juga penggunaan cat water based yang kini banyak dibutuhkan di industri. Materi yang disampaikan oleh tim dari Bio Institute sangat membuka wawasan para pengrajin furniture karena hingga sampai saat ini pengetahuan para peserta mengenai cat water based sangat minim.

Merupakan gebrakan yang sangat besar untuk mengubah penggunaan cat solvent dan beralih dalam penggunaan cat water based yang lebih aman dan juga ramah lingkungan. Materi yang disampaikan sangat lengkap mulai dari teori dasar finishing hingga praktek finishing yang memang saat ini banyak dibutuhkan di dunia industri furniture.

Tujuan dari pelatihan yang diselenggarakan BDI ini adalah untuk meningkatkan kompetensi, memperoleh sertifikasi dan juga penempatan kerja. Beberapa peserta yang memang sudah bekerja di industri furniture atau kerajinan mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan di bidang finishing dan mendapatkan sertifikasi. Sedangkan untuk para peserta yang belum bekerja akan mendapatkan penempatan pekerjaan disesuaikan dengan kebutuhan industri. Jadi tidak heran BDI memberi nama Diklat 3 in 1 dalam pelatihan ini.

bio institute pelatihan bioindustriesDi setiap angkatan jumlah peserta yang bisa mengikuti diklat dibatasi dengan jumlah 40 orang per angkatan dengan ujian di akhir diklat yang akan menentukan apakah peserta lolos sertifikasi. Ujian dibagi menjadi dua yaitu ujian praktek dan juga ujian wawancara. Batasan peserta yang dapat mengikuti adalah peserta umur 18 tahun hingga 40 tahun.

Selama tiga angkatan pelatihan di tahun 2018 dan rencana pelatihan angkatan keempat Bio Institute akan tetap memberikan materi yang bermanfaat bagi para peserta. Materi-materi daging di bidang finishing furniture yang berorientasi pada meningkatnya kemampuan peserta di bidang finishing dan lulusnya peserta dalam ujian sertifikasi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan Bio Institute, termasuk informasi pelatihan yang diselenggarakan, Anda bisa menghubungi no hotline yang tertera di bagian header website ini.

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 262 orang responden
%d bloggers like this: