Bioindustri Omnipresen

Blog

Bio Industries Ambil Peran dalam Pelatihan Finishing Water Based

Pelatihan finishing furniture bersertifikasi nasional dengan penggunaan cat kayu water based bertujuan untuk memperkenalkan cat kayu yang ramah lingkungan pada teknisi dan masyarakat luas.

Diklat 3-In-1 Berbasis Kompetensi Bidang Finishing Furniture Angkatan III baru saja diselenggarakan oleh Balai Diklat Industri (BDI) Kementerian Perindustrian, menggandeng Bio Industries, ASMINDO, dan HIMKI.

pelatihan finishing bersertifikasi bio institutePelatihan diselenggarakan selama enam hari yang diisi dengan teori dan praktek dan didampingi oleh instruktur dari Bio Industries. Pada tanggal 23/4  ujian untuk angkatan ketiga dengan tema furniture khusus untuk finishing. Ujian finishing berlangsung satu hari di Jalan Kyai Mojo No. 70 Yogyakarta.

Pada tahun sebelumnya BDI memfokuskan diri pada pendidikan berbasis pada industri plastik, logam dan juga kerajinan. Sedangkan pada 2018 ini BDI mulai menggarap industri furniture. Target peserta untuk tahap awal adalah para aplikator atau teknisi di perusahaan yang tersebar di area DIY dan Jateng. Hingga saat ini, pelatihan berbasis kompetensi di bidang finishing furniture ini telah diselenggarakan untuk ketiga kalinya.

Memperkenalkan Finishing Furniture Berbasis Water Based Ramah Lingkungan

Bio Institute sejak 16 tahun yang lalu telah secara aktif mengkampanyekan pentingnya menggunakan bahan finishing ramah lingkungan. Memberikan edukasi ke berbagai pihak yang terkait langsung dengan proses finishing  merupakan proses penting yang harus dilakukan. Harapannya, para peserta bisa menularkan kemampuannya. Selain itu juga diharapkan mereka dapat memberikan masukan pada pemangku kebijakan di perusahaannya untuk menggunakan bahan finishing yang ramah lingkungan.

pelatihan finishing bio institute bioindustriesPeranan penting Bio Institute dalam BDI pertama hingga ketiga ini disambut dengan baik oleh para peserta. Materi utama yang disampaikan tidak hanya mengenai cat solvent yang selama ini digunakan. Namun, juga penggunaan cat water based yang kini banyak dibutuhkan di industri. Materi yang disampaikan oleh tim dari Bio Institute sangat membuka wawasan para pengrajin furniture karena hingga sampai saat ini pengetahuan para peserta mengenai cat water based sangat minim.

Merupakan gebrakan yang sangat besar untuk mengubah penggunaan cat solvent dan beralih dalam penggunaan cat water based yang lebih aman dan juga ramah lingkungan. Materi yang disampaikan sangat lengkap mulai dari teori dasar finishing hingga praktek finishing yang memang saat ini banyak dibutuhkan di dunia industri furniture.

Tingkatkan Pemahaman dan Kompetensi Peserta Berstandar Nasional

Tujuan dari pelatihan yang diselenggarakan BDI ini adalah untuk meningkatkan kompetensi, memperoleh sertifikasi dan juga penempatan kerja. Beberapa peserta yang telah bekerja memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan kemampuan mereka. Sedangkan untuk para peserta yang belum bekerja akan mendapatkan penempatan pekerjaan disesuaikan dengan kebutuhan industri. Jadi, tidak heran BDI memberi nama Diklat 3 in 1 dalam pelatihan ini.

bio institute pelatihan bioindustriesDi setiap angkatan jumlah peserta yang bisa mengikuti diklat dibatasi dengan jumlah 40 orang per angkatan. Kemudian ada   ujian di akhir diklat yang akan menentukan apakah peserta lolos sertifikasi. Ujian dibagi menjadi dua yaitu ujian praktek dan juga ujian wawancara. Batasan peserta yang dapat mengikuti adalah peserta umur 18 tahun hingga 40 tahun.

Selama tiga angkatan pelatihan di tahun 2018 dan rencana pelatihan angkatan keempat Bio Institute akan tetap memberikan materi yang bermanfaat bagi para peserta. Materi-materi daging di bidang finishing furniture yang berorientasi pada meningkatnya kemampuan peserta di bidang finishing dan lulusnya peserta dalam ujian sertifikasi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan Bio Institute, termasuk informasi pelatihan yang diselenggarakan, Anda bisa menghubungi customer service kami di bawah ini.

CTA Order Produk Finishing Kayu

tanya cs bio
Tanya Bio!