Finishing Garden Furniture Warna Patina Grey

Cara finishing garden furniture warna patina grey dapat dihasilkan dengan menggunakan water based wood coating system.

Trend warna garden furniture banyak yang menggunakan warna-warna natural dan patina, salah satunya warna patina grey. Warna patina grey dianggap sesuai dengan konsep rumah yang berkiblat pada gaya classic modern dan art deco.

Warna patina grey terinspirasi dari warna yang dihasilkan pada kayu yang mengalami proses oksidasi pada iklim pantai yang cenderung kering dan panasnya cukup terik. Warna kayu yang dihasilkan adalah putih abu-abu yang cenderung pucat dengan aksen hitam kecoklatan yang tercipta di sepanjang guratan seratnya.

finishing garden furniture warna patina grey

Finishing garden furniture warna patina grey menghadirkan kesan eksotisme masa lampau dari warna kayu yang seolah-olah kayu tua yang lapuk pada desain garden furniture. Desain ini akan menjadi focal point pada keseluruhan desain outdoor yang akan membantu menguatkan konsep desain rumah secara keseluruhan.

Untuk lebih mudah memahami, kami mencontohkan dengan menggunakan teknik finishing warna patina grey menggunakan produk water based wood coating dari Bio Industri Omnipresen. Teknik finishing warna patina grey tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil finishing kayu dengan warna yang terkesan seperti kayu yang teroksidasi dan terkena panas ekstrem. Warna grey menjadi pilihan pada tipe finishing ini dengan kombinasi glaze black untuk mengisi serat-serat kayu.

Aplikasi ini menggunakan material finishing Biovarnish Sanding Sealer, Bioduco Pearl, Biovarnish Glaze Black, dan Bioduco Top Coat  Death Matt. Sebelum proses coating dilakukan, pastikan furniture bebas dari minyak, debu dan kotoran yang menempel, dan dalam kondisi benar-benar kering (ditandai dengan MC ≤ 12%). Ampelas permukaan kayu hingga halus dan rata.

Proses Finishing Garden Furniture Menggunakan Cat Water Base

Biovarnish Sanding Sealer

Baca Juga:  4 Langkah Praktis Mencegah Serangan Jamur Pada Kayu

Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer yang berfungsi untuk menutup pori-pori dan cacat kayu, memotong bulu kayu yang masih tertinggal, dan melindungi media kayu. Untuk menurunkan kepekatan bahan, tambahkan air dengan rasio 2:1. Aplikasikan cat dengan cara spray.

Setelah proses aplikasi selesai, biarkan minimal 1 jam, kemudian ampelas hingga permukaan media halus dan rata. Untuk menghasilkan finishing yang close pore, ulangi proses ini 2 hingga 3 kali.

Bioduco Pearl

Langkah selanjutnya, aplikasikan Bioduco Pearl untuk mendapatkan warna sesuai yang diinginkan. Anda bisa menurunkan kepekatan dari bahan ini dengan cara menambahkan air, perbandingannya 2:1. Aplikasikan larutan yang sudah dibuat dengan cara spray. Biarkan selama 1 jam, namun jangan dijemur di bawah sinar matahari. Setelah itu, sanding dengan menggunakan ampelas No.320.

Biovarnish Glaze

Aplikasikan Biocolours Glaze Black untuk membuat lapisan pertama, dan Biovarnish Glaze untuk lapisan keduanya. Bila diperlukan, turunkan kepekatannya dengan menambahkan air. Aplikasikan dengan menggunakan kain katun yang bersih atau kuas. Setelah selesai, biarkan minimal 30 menit.

Bioduco Top Coat Death Matte

Aplikasi top coat ini merupakan tahapan terakhir dari finishing garden furniture warna patina grey ini. Gunakan Bioduco Top Coat Death Matt yang berfungsi untuk melapisi dan melindungi media kayu, sekaligus memberikan efek tampilan akhir death matte.

Anda bisa mengencerkan larutan jika dirasa perlu dengan cara menambahkan air dengan rasio 2:1. Pastikan larutan diaduk sampai merata. Semprotkan larutan tersebut hingga mendapatkan tampilan yang rata dan halus. Setelah itu, biarkan mengering di suhu kamar.

Kering sentuh dari aplikasi warna patina grey sekitar 20 menit, sedangkan untuk kering packingnya kira-kira 24 jam. Untuk kering full curing memerlukan waktu kira-kira 7×24 jam. Sebelum kering sentuh tidak disarankan untuk dipanaskan menggunakan oven atau dijemur langsung di bawah matahari.

Baca Juga:  Cara Finishing Kayu Rustic Black Wash dengan Water Based Wood Coating

Demikianlah cara aplikasi finishing garden furniture warna patina grey yang menggunakan bahan-bahan finishing water based dari Bio Industries. Teknik finishing ini menghasilkan warna patina grey dengan tingkat film glossy 63% (death matt).

Biovarnish

Biovarnish

Biovarnish merupakan plitur kayu water based untuk eksterior dan interior, mudah dikuas dan bisa disemprot. Lengkap, aman, mudah, cepat, hemat. Plitur kayu water based ini hadir dalam varian produk sangat lengkap untuk menciptakan berbagai model finishing kayu, mulai dari wood filler, sanding sealer, wood stain (pasta), liquid stain, glaze, clear coat

Lihat Varian Biovarnish