Fungsi Silica Gel dan Penyerap kelembaban Kontainer Yang Perlu Anda Tahu

Fungsi silica gel dan container desiccant adalah untuk menyerap kelembaban udara dalam box dan atau ruang yang cukup besar seperti kontainer ataupun gudang penyimpanan.

fungsi silica gel dan container desiccantSecara umum kita mengenal produk penyerap kelembaban adalah silica gel. Kita sering mendapati produk silica gel yang diletakkan di box sepatu, tas, pakaian, dompet, kemasan produk farmasi, kemasan makanan ringan, bahkan di kemasan produk elektronik. Fungsi silica gel dalam kemasan produk-produk tersebut adalah untuk mencegah kerusakan produk yang diakibatkan karena kelembaban udara.

Lantas, apa bedanya dengan produk container desiccant? Secara umum, produk container desiccant difungsikan untuk menjaga kelembaban di ruangan yang lebih besar yang tidak bisa dicover secara optimal saat menggunakan silica gel. Misalnya saja gudang penyimpanan barang atau untuk kebutuhan khusus seperti di container untuk pengiriman barang yang membutuhkan waktu lama.

Produk penyerap kelembaban kontainer ini merupakan generasi baru produk perlindungan untuk proses pengiriman barang, yaitu dengan teknologi yang mampu mengurangi titik pengembunan mengontrol proses kondensasi. Sehingga tingkat resiko kerusakan barang  karena tingginya kelembaban udara dalam kontainer selama proses kirim barang bisa minimalisir.

Perbedaan Silica Gel dan Penyerap Kelembaban Kontainer

Perbedaan mendasar antara silica gel dan produk penyerap kelembaban untuk kontainer adalah pada kemampuan daya serapnya dan tentu saja bahan baku yang digunakan. Daya serap silica gel ada di kisaran 15-35% dari beratnya sendiri. Sedangkan produk desiccant ini memiliki daya serap minimal 80% bahkan hingga 200% dari berat awal pada RH 80% suhu 250C. Ini juga yang menjadi alasan perbedaan efektifitas pemakaian kedua produk tersebut.

Perbedaan lainnya ada pada lifetime produk. Produk silica gel biasanya memiliki lifetime yang relatif lebih lama, yaitu sekitar 6 bulan. Sehingga produk ini sangat cocok digunakan untuk menyerap kelembaban pada produk yang disimpan lama seperti sepatu, tas, obat, dan alat elektronik. Sedangkan produk container desiccant biasanya memang didesain untuk lifetime sesuai standar waktu pengiriman ekspor yang berkisar antara 3-4 bulan.

Fungsi Silica Gel dan Kapan Harus Menggunakan Silica Gel

silica gel food gradeMungkin Anda akan bertanya-tanya, kapankah saat yang tepat untuk menggunakan silica gel dan kapankah harus menggunakan produk desiccant absorbent. Produk silica gel dengan karakteristik daya serap antara 15-35% dan lifetime hingga 6 bulan sangat cocok sebagai absorbent pada kondisi humidity rendah di lingkungan terbatas, seperti dalam box, lemari, atau wadah tertutup lainnya yang berukuran kecil seperti kemasan makanan kering, kemasan obat, dll.

Silica gel yang direkomendasikan adalah jenis silica gel white dan silica gel natural. Sedangkan silica gel blue tidak kami rekomendasikan karena terbuat dari bahan yang tidak aman untuk manusia maupun lingkungan. Silica gel white dan natural lebih direkomendasikan karena sifatnya yang tidak beracun, tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa dan tidak mudah terbakar. Sehingga aman digunakan, bahkan jika digunakan untuk menyerap kelembaban pada wadah makanan kering.

Selain mampu menyerap lembab, silica gel juga mampu mencegah pembentukan karat pada logam, mencegah resiko hubungan arus pendek listrik mikro. Silica gel juga efektif mencegah oksidasi dan dekomposisi bahan kimia yang diakibatkan kelembaban udara.

Lantas, bagaimana cara pemakaiannya? Sebagai bahan pengawet dalam kemasan, letakkan silica gel di dalam kemasan bersama barangnya. Sesuaikan jumlah silica gel dengan ukuran kemasan. Setelah itu, tutup rapat untuk mencegah udara luar masuk.

Sebagai acuan standar, setiap m3 membutuhkan 500 gr. Namun, tingkat kelembaban udara dalam kemasan dan ruangan sangat mempengaruhi jumlah silica yang dibutuhkan. Semakin tinggi tingkat kelembabannya, semakin banyak jumlah silica yang dibutuhkan, dan semakin cepat titik jenuhnya tercapai.

Kapan Harus Menggunakan Container Desiccant 

Produk penyerap kelembaban container mengandung kombinasi bahan-bahan chemical absorbent yang secara ilmiah telah terbukti efektif menyerap kelembaban udara dalam ruangan. Contoh bahan kimia yang terkandung dalam container desiccant adalah SiO2, CaCl2, Amylopectin dan Bentonite.

Penyerap kelembaban kontainer berbeda dengan jenis penyerap kelembaban seperti silica gel. Container desiccant mampu menyerap kelembaban hingga lebih dari 200% beratnya sendiri. Produk penyerap kelembaban untuk kontainer ini didesain mampu menyerap uap air dan mengubahnya menjadi bentuk gel. Sehingga produk ini sangat aman digunakan karena tidak akan menimbulkan kebocoran pada kontainer.

Secara umum, fungsi container desiccant adalah untuk melindungi kontainer atau ruang penyimpanan dari kelembaban tinggi yang menyebabkan jamur. Produk ini mampu melindungi proses pengiriman menggunakan kontainer dengan variasi suhu dan kelembaban. Selain itu, container desiccant juga efektif untuk mencegah resiko kerusakan yang diakibatkan serangan jamur dan bakteri selama pengiriman barang.

Produk container desiccant juga efektif untuk menyerap kelembaban udara di ruang penyimpanan, seperti gudang, ruang dokumen, laboratorium, gudang obat, gudang makanan, ruang produksi, dan lain-lain. Untuk memaksimalkan fungsi, usahakan ruangan selalu dala kondisi yang tertutup sehingga udara dari luar bisa diminimalisir masuknya.

Lantas, apa keunggulan produk penyerap kelembaban kontainer tersebut dibandingkan produk desiccant lainnya? Keunggulann dari produk ini adalah daya serapnya lebih efektif dibanding produk sejenis lainnya di pasaran. Selain itu, produk ini juga tidak berbau dan tidak berasa sehingga aman dan tidak mengontaminasi barang yang disimpan di dalam container atau di ruang penyimpanan.

Keunggulan lainnya, uap air yang diserap akan diubah menjadi gel sehingga tidak akan terjadi kebocoran atau tumpah ke kontainer atau gudang penyimpanan. Produk ini juga aman karena bebas dari bahan kimia berbahaya (free DMF). Produk container desiccant telah memenuhi standar regulasi SGS International, sehingga bisa diterima di seluruh negara tujuan ekspor.

Rekomendasi Pemakaian Shipping Container Desiccant

Kontainer ukuran 20 feet direkomendasikan untuk menggunakan container desiccant sejumlah 6-10 unit atau lebih. Kontainer ukuran 40 feet direkomendasikan menggunakan container desiccant sejumlah 10-15 unit  atau lebih.

Untuk menggunakan produk ini cukup mudah. Gantungkan saja pada dinding container atau gudang penyimpanan dalam jarak yang merata. Kemudian buka tutup plastiknya sesuai petunjuk pada setiap unit kotak kemasaan container desiccant. Tutup container atau ruang penyimpanan secara rapat agar udara lembab dari luar tidak masuk ke dalam container atau ruang penyimpanan. Lakukan pengecekan secara berkala. Apabila bahan aktif habis segera ganti dengan yang baru.

Kemasan Silica Gel dan Container Desiccant

Silica gel white dan natural tersedia dalam ukuran 1 gr, 2 gr dan 5gr, tersedia dalam kemasan 1 kg dan 1 box isi 20 kg. Sedangkan container desiccant tersedia dalam kemasan 1 kg dan 1 box berisi 10 unit atau 12 unit. Itulah uraian singkat mengenai fungsi silica gel dan penyerap kelembaban kontainer. Untuk informasi lebih lanjut dan atau pemesanan produk container desiccant dari Bioindustries, silahkan hubungi costumer care kami di no 0878-3934-6433. Dapatkan harga khusus untuk agen dengan menghubungi no hotline 0822-4338-0001. Anda juga bisa memesan via email info@bioindustries.co.id. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 406 orang responden
%d bloggers like this: