Cara Mudah Mencegah Jamur pada Furniture Berbahan Kayu dan Bambu - Bioindustries

Cara Mudah Mencegah Jamur pada Furniture Berbahan Kayu dan Bambu

Tips dan cara mudah mencegah jamur pada furniture kayu, rotan, bamboo, Enceng gondok, veneer serta berbagai bahan yang rentan terserang jamur baik pada produk furniture, handicraft, dan lain lain.
mencegah jamur pada furniture

foto jamur biru serta berbagai jamur substrate pada kayu kelapa

Ada beberapa jenis jamur yang perlu diwaspadai keberadaannya pada furniture, baik yang berbahan kayu, babu, natural fiber maupun produk turunan kayu. Sebelum menghilangkan atau mencegah jamur pada furniture, ada baiknya kita mengenal jenis-jenis jamur yang biasa menyerang. Dari sisi lokasi tumbuhnya, jenis jamur kayu furniture dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu jamur substrate dan jamur permukaan.

Jamur Substrate Kayu

Jamur subtrate adalah jenis jamur kayu yang tumbuh di dalam substrate serat kayu. Mereka tumbuh jauh ke dalam serat kayu baik pada bagian kayu kubal sampai dengan bagian kayu teras. Pertumbuhan jamur substrate ini, umumnya lebih disebabkan / dipicu oleh kadar kelembaban subtrate (MC ) kayu yang terlalu tinggi.
Beberapa jenis jamur substrate tidak menyebabkan kerusakan struktur kekuatan serat kayu, namun akan meninggalkan bekas noda biru, hitam, coklat atau abu-abu yang sulit dibersihkan / dihilangkan hanya dengan cara dilap. Jamur jenis ini biasanya disebut dengan jamur Blue Stain, Black Stain, White Stain.
Sedangkan beberapa jenis jamur substrate lainnya seperti jamur pembusuk kayu selain meninggalkan noda warna dapat pula menyebabkan pembusukan dan pelapukan struktur serat kayu. Bagaimanapun juga keberadaan jamur kayu ini dapat menurunkan nilai ekonomis kayu.

Mencegah Jamur Pada Furniture : Jamur Permukaan

cegah jamur pada furniture
Jamur permukaan merupakan jamur yang tumbuhnya pada permukaan kayu atau di permukaan lapisan cat kayu atau lapisan coating kayu. Umumnya jenis jamur ini terlihat seperti lapisan debu atau jaringan benang kapas putih yang tumbuh dipermukaan kayu.
Pertumbuhan jamur permukaan ini lebih disebabkan oleh kondisi lingkungan yang terlalu lembab (kelembaban udara tinggi) serta kondisi permukaan media kayu atalau permukaan lapisan cat yang kotor dan berdebu. Jenis jamur permukaan ini mudah dibersihkan hanya dengan dihapus dilap saja, namun demikian dia akan segera tumbuh kembali jika kondisi media dan lingkungan memungkinkan.

Kedua jenis jamur kayu tersebut, baik jamur subtrate maupun jamur permukaan dapat menyerang semua jenis produk olahan kayu seperti log, timber atau bahkan produk jadi seperti furniture, dinding dan konstruksi rumah kayu dan lain-lain.

Bagaimanapun juga serangan jamur ini dapat menurunkan nilai estetika maupun nilai fungsional kayu yang ujungnya tentu saja akan menurunkan nilai ekonomis kayu. Untuk itu perlu dilakukan langkah-langkah pencegahan serta treatment yang epat untuk menjaga kualitas dan nilai ekonomis produk kayu tersebut.

Secara umum, tindakan untuk mencegah jamur pada furniture kayu dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu :

  1. Dengan cara menjaga dan mengendalikan kelembaban atau kekeringan kayu (MC kayu dijaga sampai mencapai kekeringan optimal).
  2. Dengan menjaga atau mengendalikan kelembaban atau kekeringan tempat atau ruangan, termasuk ruang gudang penyimpanan, ruang proses produksi, serta ruang kemasan / packaging dan juga kelembaban ruang container saat pengiriman.
  3. Dengan menggunakan bahan kimia anti jamur (fungicide) untuk treatment mencegah pertumbuhan spora jamur.

Produk dari Bioindustries untuk mencegah jamur substrat adalah Biocide Wood Fungicide. Bahan pengawet ini sangat efektif untuk mencegah munculnya jamur substrat seperti jamur blue stain. Sedangkan untuk mencegah munculnya jamur permukaan bisa menggunakan produk Biocide Surface Film Preservative. Cara aplikasinya dengan mencampurkannya pada lapisan coating 1-2%.

Demikian pembahasan mengenai cara mencegah jamur pada furniture sekaligus langkah untuk menghilangkannya. Untuk informasi lebih lanjut dan cara pembelian, silahkan menghubungi no hotline yang tertera di website atau menghubungi Bio Service Point dan agen terdekat. Semoga bermanfaat!

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 243 orang responden
%d bloggers like this: