Menghilangkan Jamur pada Furniture Kayu - Bioindustries

Menghilangkan Jamur pada Furniture Kayu

jamur kayu beracun, jamur kayu hijau

Mengapa kayu bisa jamuran dan bagaimana cara menghilangkan jamur pada furniture kayu? 

Secara prinsip jamur mudah tumbuh pada media dan lingkungan yang lembab karena permukaan kayu umumnya bersifat higroscopic (cenderung menyerap kelembaban). Spora jamur mudah tumbuh apalagi jika udara lembab. Jamur kayu seperti ini hanya bisa tumbuh jika MC/kelembaban kayu sangat tinggi dan berada di lingkungan yang sangat lembab.

Lalu bagaimana cara ampuh mencegah jamur?

Sebelumnya mari kita kenali beberapa macam jenis jamur. Jenis jamur ada yang berbahaya dan juga ada yang bisa dikonsumsi. Namun terlepas jamur ini bisa dikonsumsi atau tidak, ada baiknya, kami perkenalkan dua bentuk jamur yang biasa menjangkiti kayu.

Baca juga : Silica Gel Bagus sebagai Penyerap Kelembaban

Jamur Permukaan

jamur debu, jamur utih, jamur permukaan
Jamur ini biasa tumbuh di permukaan kayu. Untuk mencegah dan menghilangkan jamur permukaan kita harus tahu persis sebab utama serangan jenis jamur ini.

Berikut beberapa sebab utama tumbuhnya :
1.  Kelembaban udara ruangan sangat tinggi

2. Rendahnya sirkulasi udara dalam ruangan yang menyebabkan keelembaban udara bertahan dalam waktu tertentu sehingga memungkinkan jamur tumbuh dipermukaan.
3. Adanya debu dan kotoran yang menempel dipermukaan benda. Debu halus bersifat menyerap kadar air di udara dan mempertahankan kelembaban di permukaan benda dan menjadi media jamur tumbuh subur. Ini adalah sebab-sebab umum, dan banyak lagi sebab khusus tergantung kasusnya.

Jamur Kayu Blue stain

jamur blue stain
Jamur kayu Blue Stain banyak terjadi akibat MC/kelembaban serat kayu tinggi. Apalagi pada kayu yang mempunyai getah dengan kandungan gum tinggi seperti kayu pinus, kayu mangga, nangka dll. Gum merupakan molekul dengan bobot molekul tinggi bersifat hidrofilik maupun hidrofobik, biasanya bersifat koloid dan dalam bahan pengembang yang sesuai dapat membentuk gel, larutan ataupun suspensi kental pada konsentrasi yang sangat rendah.

Kandungan gum pada serat kayu akan menahan kadar air dalam serat dan memicu tumbuhnya jamur blue atau black stain. Meskipun sudah difinishing dan ditempatkan pada tempat kering, jamur ini akan terus tumbuh dan menurunkan nilai estetika kayu. Nilai ekonomis kayu juga ikut turun. Bisa dibilang, menghilangkan jamur ini relatif sulit.

Baca juga : Cara menghilangkan getah kayu jati

Jamur Kayu Surface Mold
 
jamur mold
Jamur jenis ini adalah jamur permukaan yang bisa tumbuh dimana saja.  Bisa di atas permukaan cat, kayu, furniture bahkan di atas kaca sekalipun.
Pada kayu atau furniture, sebenarnya jamur ini tidak merusak truktur kekuatan serat kayu. tapi dapat menurunkan nilai estetika dan mengganggu pernafasan bagi yang alergi debu atau spora jamur.

solusi:
untuk menghilangkan jamur ini, gunakan cairan anti jamur kayu dengan cara divakum atau cukup direndam di larutan anti jamur sebelum proses pengeringan. Sebelum kayu benar-benar kering sebaiknya ditumpuk silang dengan jarak tumpukan 2,5cm (sistem staking KD).

Musim hujan segera datang. Saat pergantian musim seperti ini kelembaban udara meningkat dan serangan jamur semakin tinggi. Anda dapat menggunakan Biovarnish waterbased wood coating untuk bahan finishing yang tahan jamur. Jangan lupa untuk menggunakan silika gel pada box packing. Gunakan pula Container Desiccant Be Dry untuk mencegah jamur di gudang dan mencegah banjir kontainer dan panen jamur di kontainer. Bahan ini akan benar-benar bisa mencegah jamur pada furniture kayu. 

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 277 orang responden
%d bloggers like this: