Cara Membuat Finishing Kayu Warna Instant Grey Untuk Garden Furniture

Cara membuat finishing kayu warna instant grey untuk garden furniture dapat dilakukan dengan aplikasi water based wood coating system.

cara membuat finishing kayu warna instant grey

Warna instant grey merupakan salah satu warna yang menjadi trend untuk garden furniture. Gaya arsitektur rumah yang cenderung mengikuti desain art deco membuat trend furniture, baik untuk bentuk dan warna furniture mengikutinya.

Warna instant grey terinspirasi dari warna kayu yang mengalami perubahan warna karena berada di luar ruangan dalam waktu yang lama (hingga bertahun-tahun). Warna yang muncul adalah abu-abu cenderung pucat gelap yang dihiasi aksen coklat, hitam dan kehijau-hijaun terbentuk di guratan kayu, seperti halnya kayu yang terkena hujan, panas, dan temperatur yang berubah-ubah secara drastis pada waktu yang lama.

Baca Juga : Finishing Mebel dengan Cat Kayu Water Based.

Finishing garden furniture warna instant grey akan menghadirkan kesan lawas yang eksotis. Desain ini menguatkan konsep art deco yang digunakan dalam desain rumah secara keseluruhan. Jika rumah Anda menggunakan desain klasik atau klasik modern, konsep furniture warna instant grey juga bisa Anda terapkan.

Agar lebih mudah untuk memahami, dalam artikel ini akan dibahas cara membuat finishing warna instant grey yang menggunakan produk water based wood coating dari PT Bio Industri Omnipresen. Aplikasi ini menggunakan material finishing Biovarnish Wood Stain Grey, Biovarnish Glaze Black, dan Biovarnish Clear Coat Matt.

Sebelum proses coating dilakukan, pastikan furniture bebas dari minyak, debu dan kotoran yang menempel, dan dalam kondisi benar-benar kering (ditandai dengan MC ≤ 12%). Terlebih dahulu, ampelas permukaan kayu hingga halus dan rata.

Cara Membuat Finishing Kayu Warna Instant Grey

  • Biovarnish Wood Stain
Baca Juga:  4 Tips Penting Sebelum Finishing Untuk Kayu Jati Belanda Dilakukan

Aplikasikan Biovarnish Wood Stain Grey agar dihasilkan warna seperti yang diinginkan. Sesuaikan tingkat kepekatan dengan kebutuhan Anda dengan cara menambahkan air bersih dengan perbandingan 1:1. Cara aplikasinya bisa menggunakan teknik spray atau dengan kuas. Setelah itu, biarkan selama 30 menit hingga kering. Media yang sudah diaplikasi jangan dijemur di bawah sinar matahari secara langsung. Cukup diamkan atau angin-anginkan saja.

  • Biovarnish Clear Coat Matt

Setelah aplikasi Biovarnish Clear Coat Matt, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat Matt. Jika diperlukan, Anda bisa menurunkan tingkat kepekatan clear coat dengan menambahkan air, rasio-nya 1:1. Aplikasikan larutan tersebut dengan metode spray. Biarkan hingga 1 jam hingga mengering. Selanjutnya, ampelas menggunakan ampelas No. 320.

  • Biovarnish Glaze Black

Aplikasikan Biovarnish Glaze Black untuk menghasilkan aksen guratan pada kayu. Jika perlu, turunkan kepekatan larutan dengan menambahkan air, perbandingannya 1:5. Aplikasikan menggunakan kain katun bersih atau kuas. Setelah selesai, biarkan hingga satu jam

  • Biovarnish Clear Coat Matt

Aplikasi top coat ini merupakan tahapan terakhir dari finishing kayu warna instant grey untuk garden furniture. Untuk aplikasi top coat ini, gunakan Biovarnish Clear Coat Matt yang berfungsi untuk melapisi sekaligus melindungi media kayu, dan memberikan efek tampilan akhir matt.

Untuk mengencerkan larutan, tambahkan air dengan rasio 2:1. Aduk larutan tersebut hingga tercampur sempurna. Aplikasikan dengan metode spray. Semprotkan larutan ke media kayu hingga didapatkan tampilan yang halus mulus dan rata. Setelah selesai, biarkan mengering pada suhu kamar.

Setelah aplikasi ini, cat pada media akan kering sentuh setelah 20 menit, sedangkan untuk kering packing membutuhkan waktu24 jam (overnight).  Untuk kering full curing, biarkan selama 7×24 jam. Sebelum kering sentuh diperoleh, tidak disarankan untuk melakukan proses pemanasan media menggunakan oven atau sinar matahari secara langsung.

Baca Juga:  Finishing Kayu Warna Daun Coklat dengan Bahan Water Based Wood Coating

Demikianlah cara membuat finishing kayu warna instant grey untuk garden furniture menggunakan water based wood coating system dari PT Bio Industri Omipresen. Teknik finishing ini menghasilkan warna instant grey dengan tingkat film glossy 60°3% (death matt).

Biovarnish

Biovarnish

Biovarnish merupakan plitur kayu water based untuk eksterior dan interior, mudah dikuas dan bisa disemprot. Lengkap, aman, mudah, cepat, hemat. Plitur kayu water based ini hadir dalam varian produk sangat lengkap untuk menciptakan berbagai model finishing kayu, mulai dari wood filler, sanding sealer, wood stain (pasta), liquid stain, glaze, clear coat

Lihat Varian Biovarnish