Solusi Mencerahkan Warna Kayu Bahan Pemutih Kayu WA-250 - Bioindustries

Solusi Mencerahkan Warna Kayu Bahan Pemutih Kayu WA-250

pemutih kayu, pencerah kayu, non peroksida bleaching

Salah satu permasalahan yang sering muncul di dunia wood working dan finishing kayu adalah tampilan kayu rusak karena noda kayu karena jamur. Biasanya diakibatkan oleh serangan jamur blue stain, black stain dan white stain.

Jenis jamur ini tidak merusak struktur kayu, namun sayangnya merusak tampilan kayu karena bercak noda yang terhasilkan akibat serangan jamur ini.

Pertanyaan yang sering muncul adalah bisakah kayu yang terkena noda bluse stain digunakan seperti halnya kayu yang tidak terkena blue stain? Tak perlu khawatir, karena kayu yang terkena blue stain tetap bisa digunakan. Apalagi jika Anda tidak terlalu memperhatikan penampilan kayu dan hanya memperhatikan kekuatannya saja.

Yang menjadi permasalahan adalah jika kayu tersebut akan diolah menjadi furniture yang mengedepankan estetikanya. Tentu saja Anda perlu memikirkan cara untuk menyamarkan noda blue stain tersebut. Jika tidak, akan mengganggu proses finishing nantinya. Proses penyeragaman warna kayu lebih susah dilakukan jika ada bagian kayu yang terkena blue stain.

Solusi Kayu Yang Terkena Noda Blue Stain

Kayu yang terdapat noda blue stain/black stain/white stain tentu saja penampilannya kurang baik jika dilihat dari sisi dekoratif. Apalagi jika ternyata noda tersebut masuk jauh ke dalam substrat. Tidak akan hilang hanya dengan pengamplasan di bagian permukaannya saja. Perlu dilakukan upaya lebih agar noda tersebut bisa tersamarkan.

noda blue stain pada kayu

jamur bluestain pada kayu

Secara umum, jamur menyerang kayu karena media tumbuh berkembang jamur tersedia. Kondisi kayu lembab dan kotor menjadi mendia yang sangat subur bagi jamur untuk berkembang biak. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga agar kayu tidak dalam kondisi kotor dan lembab, sehingga bisa meminimalisir jamur tumbuh.

Selain dengan meminimalisir dari sisi penyebabnya, Anda juga perlu memikirkan cara atau solusi apabila kayu sudah terlanjur terkena noda blue stain. Apabila noda hanya terdapat di bagian permukaan dan tipis, mungkin dengan pengamplasan masih bisa dilakukan. Namun seringkali noda blue stain masuk jauh menembus pori-pori kayu. Sehingga perlu dilakukan treatment untuk menyamarkan noda kayu tersebut.

Baca juga : Kelemahan Dempul Serbuk Kayu

Bahan Pemutih Kayu WA-250, Solusi Untuk Menyamarkan Noda Blue Stain

Bioindustries memiliki produk pemutih kayu atau Bleaching Chemicals WA-250. Bahan Wood bleaching non peroksida yang aman dan ramah lingkungan ini berfungsi mengubah warna raw material yang bernoda atau flek gelap menjadi kayu yang berwarna cerah, dan juga menyeragamkan warna kayu. Sehingga kayu memiliki warna yang lebih indah dan istimewa.

Bahan kimia ini sangat membantu proses finishing pada furniture kayu. Bahan pemutih kayu ini juga dikenal dengan wood color brightener / pencerah warna kayu dengan fungsi utama untuk menghilangkan blue stain yang ada pada raw material.

Dalam proses finishing, Anda akan menemukan banyak hambatan pastinya. Apalagi jika tahap finishing membutuhkan proses pengeringan yang membutuhkan sinar matahari. Dan parahnya, kayu yang Anda garap emmbutuhkan proses bleaching. Anda bisa saja menggunakan bahan pemutih kayu seperti H2O2 yang biasa digunakan oleh para pengrajin kayu. Namun, ada beberapa persoalan yang mungkin akan Anda temui, diantaranya:

cairan pemutih kayu WA-250

White Agent (WA-250)

– Bagaimana jika cuaca mendung tidak menentu sering terjadi?

– Berapa kali Anda harus mengulangi proses bleaching ?

– Bagaimana jika  resiko karatan pada logam hardwear atau paku terjadi?

– Jika Anda menemukan bagian kayu muda yang hancur / gembur terkena H2O2 ?

Seperti Anda ketahui, H2O2 membutuhkan matahari untuk bereaksi maksimal. Selain itu, sifat asamnya rawan menimbulkan resiko karat pada logam seperti paku dan skrup. Belum lagi resiko kayu yang keropos karena tidak kuat terkena asam.

Tentu Anda harus menemukan solusi terbaik untuk mengatasi semua masalah itu. Bioindustries memiliki bahan Wood bleaching dengan berbagai keunggulan yang menjawab persoalan-persoalan tersebut. Berikut beberapa keunggulan dari White Agent (WA-250) dari Bioindustries.

Keunggulan White Agent (WA-250), Bahan Kimia Pemutih Kayu Ramah Lingkungan

  • Kayu tidak perlu dijemur, karena proses aplikasinya tidak harus di bawah sinar matahari secara langsung.
  • Bahan bleaching/pemutih kayu tidak membuat karat.
  • Tidak membuat kayu lapuk.
  • Tidak menyebabkan iritasi kulit pada aplikator maupun end user.
  • Aman dan ramah lingkungan karena menggunakan bahan non peroksida.
  • Memberikan hasil yang lebih pasti, proses terukur, dan biaya terkendali.
  • Warna yang terhasilkan pada kayu adalah bersih, cerah natural, bukan putih pucat.

Bahan pemutih kayu dari Bioindustries ini bisa menjadi solusi efektif menghadapi permasalahan di dunia finishing. Yaitu warna kayu tidak seragam karena kayu terserang blue stain/white stain/black stain atau terdapat warna doreng pada kayu. Dengan aplikasi White Agent (WA-250), noda kayu bisa tersamarkan dan lebih cerah. Selain itu, permasalahan-permalahan yang muncul akibat menggunakan H2O2 juga bisa teratasi.

White Agent (WA-250) Menggunakan Bahan Yang relatif Aman

Nah, mengapa bahan pemutih kayu dari Bioindustries ini menggunakan bahan non peroksida bukan H2O2? Seperti kita ketahui, H2O2 atau biasa disebut larutan berair dari hidrogen peroksida (H2O2) merupakan senyawa yang dijual sebagai disinfektan atau pemutih. Hanya dengan 6% (w/v) hidrogen peroksida dapat merusak kulit, menimbulkan bisul-bisul putih yang disebabkan oleh gelembung oksigen. Zat ini mudah bereaksi (oksidan kuat) dan korosif sehingga bersifat menghancurkan. Oleh karena itu, WA-250 tidak menggunakan bahan kimia reaktif ini sebagai bahan bakunya.

WA-250 menggunakan bahan aktif Sodium Hypochlorite NaClO sebagai pengganti kegunaan H2O2 yang ternyata dalam proses aplikasinya berbahaya bagi aplikator dan rawan membuat struktur kayu menjadi lebih rapuh. Bahan pemutih kayu ini sangat efektif untuk memperbaiki dan mengindahkan warna kayu yang kurang baik, dan menghasilkan tampilan kayu yang lebih seragam, cerah natural.

Media dan Cara Aplikasi Cairan Pemutih Kayu White Agent (WA-250)

Pertanyaan selanjutnya, jenis media apa saja yang bisa diaplikasikan produk pemutih kayu ini. Selain diaplikasikan pada media kayu untuk menyamarkan noda blue stain dan menyeragamkan warna kayu doreng, bahan pemutih kayu ini juga bisa diaplikasikan pada media natural fiber (eceng gondok, banana fibre, abacas, seagrass, rotan iratan, dll) maupun bambu iratan.

Untuk proses aplikasinya bisa diaplikasikan dengan cara dicampur dengan air dengan perbandingan 1 bahan : 1 air, kemudian direndam atau dikuaskan. Namun lebih direkomendaskan untuk diaplikasikan dengan cara direndam. Agar media bisa tercelup lebih sempurna dan bahan aktif bisa masuk lebih dalam ke substrat.

Bagaimana cara mengaplikasikan Bleaching Chemicals WA-250 Bioindustries. Tentu saja caranya berbeda dengan cara memutihkan kayu dengan H2O2. Berikut contoh cara aplikasi bahan pemutih kayu WA-250 secara kuas :

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 481 orang responden
%d bloggers like this: