Waspadai Cat untuk Sangkar Burung yang Beracun!

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Peter Sakas menghasilkan penemuan mengejutkan. Ia menemukan banyak burung terpapar logam berat akibat penggunaan cat untuk sangkar burung yang beracun.

Gunakan cat untuk sangkar burung yang aman agar burung-burung tidak mengalami keracunan.

Gunakan cat untuk sangkar burung yang aman agar burung-burung tidak mengalami keracunan.

Bagi sebagian orang, memelihara burung adalah hobi yang sangat menyenangkan. Tak heran terkadang berjuta-juta rupiah pun dikeluarkan untuk hobi tersebut. Selain untuk membeli burung impian, budget yang tidak sedikit itu juga sering digunakan untuk membeli berbagai keperluan penunjang. Salah satunya ialah untuk membeli sangkar burung.

Sebagai benda yang difungsikan untuk tempat tinggal burung kesayangan, sangkar memiliki peran besar dalam menentukan kualitas hidup burung. Berbagai faktor yang terkait dengan sangkar seperti ukurannya harus diperhatikan dengan baik. Selain itu, masalah keamanan sangkar juga perlu dicermati.

Yang mengkhawatirkan sebuah penelitian yang dilakukan Peter Sakas dari Niles Animal Hospital and Bird Medical Center menemukan bahwa banyak sangkar burung yang tidak memiliki kualitas keamanan yang baik. Pada penelitian yang dilakukan Sakas tersebut, ditemukan kandungan timbal dan zink dalam tubuh burung. Sumber paparan zink dan timbal sendiri diduga kuat berasal dari sangkar. Penggunaan material yang salah pada sangkar seperti cat untuk sangkar burung yang beracun dengan pelarut solvent menjadi sumber keberadaan zink maupun timbal. Burung yang memiliki kebiasaan mematuk sangkar selanjutnya terpapar dengan kedua jenis logam berbahaya tersebut.

Kondisi ini jelas merugikan. Sebab, meskipun efek paparan kedua logam berat tersebut tidak begitu terlihat, namun efek jangka panjang yang harus ditanggung burung dan pemiliknya sangat nyata. Kondisi burung akan lebih cepat menurun, termasuk performanya untuk berkicau maupun terbang. Perubahan yang terjadi memang tidak begitu terlihat sebab sifatnya perlahan-lahan. Namun akumulasi logam berat jelas akan membuat burung lebih buruk kondisinya daripada yang tidak terpapar sama sekali.

Hindari Cat untuk Sangkar Burung yang Beracun dengan Cat Aman Biocolours dan Orchid

Manfaatkan Orchid water based enamel paint sebagai cat untuk sangkar burung yang terbuat dari metal.

Manfaatkan Orchid water based enamel paint sebagai cat untuk sangkar burung yang terbuat dari metal.

Sebagaimana yang disebutkan di atas, aplikasi cat untuk sangkar burung yang beracun merupakan sumber paparan keracunan timbal dan zink pada burung. Solusi untuk mengatasinya jelas dengan tidak memilih cat untuk sangkar burung yang beracun. Pilihlah cat water based sebagai pengganti cat solvent based yang selama ini banyak dimanfaatkan sebagai cat untuk sangkar burung. Selain memiliki kandungan logam berat yang sangat sedikit bahkan tidak ada sama sekali, cat water based juga tidak akan meracuni burung dengan senyawa toksik lain. Meskipun demikian, pada dasarnya kualitas keamanan cat untuk sangkar burung dari golongan water based sendiri juga bermacam-macam. Cat ini relatif unggul dari cat solvent based karena penggunaan pelarutnya berupa air yang jelas lebih aman bagi kesehatan dan lingkungan. Oleh karenanya, pilihlah jenis cat water based yang memang sudah terbukti keamanannya. Gunakan cat Biocololours waterbased wood coating system sebagai baham finishing sangkar burung dari kayu. Sedangkan untuk cat dari metal, gunakanlah Orchid waterbased metal paint. Kedua jenis cat tersebut diformulasikan menurut standar keamanan internasional US Environmental Protection Agency dan European Chemicals Agency. Bukti keduanya sudah mengikuti standar tersebut bisa diperlihatkan dengan sertifikat dari TUV reinland german dan boureu veritas finlandia.

Jadi, bagi Anda pecinta burung, waspadalah terhadap cat untuk sangkar burung yang beracun dan gunakanlah cat water based yang sudah terbukti aman.

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 518 orang responden
%d bloggers like this: