Tips Memilih Cat Furniture Anak Yang Aman - Bioindustries

Tips Memilih Cat Furniture Anak Yang Aman

Furniture anak yang aman perlu menjadi prioritas pada saat orang tua memilihkan produk furniture untuk anaknya.

furniture anak yang amanMasa kanak-kanak merupakan usia emas bagi seorang manusia untuk mengeksplore kreatifitasnya. Di usia tersebut, anak-anak membangun imajinasi mereka sebagai landasan pola pikir dan kepribadian mereka. Di masa-masa itu pula rasa keingintahuan dari anak-anak begitu besar. Mereka tertarik untuk merasa, meraba, dan mencoba menggunakan barang-barang yang mereka lihat di sekeliling mereka.

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah menciptakan ruang untuk tumbuh kembang secara optimal. Orang tua biisa menyediakan berbagai pernak-pernik yang mendorong keingintahuan anak, misalnya dengan alat permainan edukasi, maupun furniture anak yang mendorong kreatifitasnya.

Namun, seringkali muncul permasalahan pada saat memilih ala permainan dan furniture untuk anak. Salah satu yang dikhawatirkan adalah bahan finishing atau cat pelapis yang digunakan pada alat permainan dan furniture tersebut. Tak bisa dipungkiri, saat ini industry furniture dan mainan kayu masih banyak yang menggunakan produk cat yang tidak aman untuk anak, karena mengandung bahan kimia berbahaya yang mudah terhirup oleh anak.

Lantas, jenis finishing atau cat pelapis seperti apakah yang aman bagi anak-anak? Berikut akan kami bahas tips untuk memilih jenis cat furniture anak yang aman untuk anak dan rmaah lingkungan.

Cat Furniture Anak Yang Aman dan Ramah Lingkungan

Secara umum, ada dua jenis cat yang beredar di pasaran, yaitu cat solvent based dan cat water based. Cat solvent based adalah jenis cat yang menggunakan pelarut solvent atau pelarut organic, seperti minyak, thinner, spiritus, dan yang lainnya. Sedangkan cat water based merupakan cat yang menggunakan pelarut air.

Penelitian yang dilakukan berbagai pihak menyatakan bahwa cat solvent based cukup berbahaya bagi manusia, karena mengandung bahan kimia berbahaya bagi tubuh, seperti ftalat, formaldehyde, cadmium dan berbagai jenis logam berat lainnya. Selain itu, pelarut organic yang digunakan juga mengandung senyawa kimia mudah menguap (Volatyl Organic Compounds) yang terbukti berbahaya bagi tubuh.

furniture anak yang amanHal ini berbeda dengan cat water based yang rata-rata kandungan VOC-nya di bawah ambang batas yang ditentukan. Selain itu, biasanya cat berpelarut air juga terbebas dari bahan beracun. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk memilih jenis furniture anak yang menggunakan finishing cat water based.

Selain memilih cat furniture anak yang aman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat memilih furniture untuk anak. Berikut beberapa tips memilih furniture anak yang aman.

  1. Pilih jenis furniture anak yang ujung-ujungnya tidak tajam

furniture anak yang amanAnak-anak sangat suka bermain, berlari dan melompat. Tak jarang mereka terantuk dengan meja, kursi ataupun tempat tidurnya. Sangat disarankan untuk menghindari jenis furniture yang ujung-ujungnya tajam, untuk menghindarkan anak dari kecelakaan berat karena terantuk benda tajam.

  1. Pilihlah furniture anak dari bahan kayu

Bahan kayu relative lebih aman dibanding bahan besi ataupun logam lainnya. Meskipun lebih aman, ada baiknya Anda berjaga-jaga dengan memasang penahan pada lemari atau cabinet agar tidak mudah bergeser. Ada kalanya anak-anak tertarik untuk memanjat tanpa memperhitungkan resikonya. Dengan memberikan pengait yang kuat ke tembok, maka furniture kayu akan lebih kokoh.

  1. Pilih jenis furniture yang tidak terlalu tinggi

Jika kita menempatkan mainan anak-anak di lemari yang cukup tinggi, anak-anak cenderung ingin memanjat untuk meraihnya. Hal ini tentu berbahaya, karena anak-akan keseimbangannya belum sempurna. Memilih jenis furniture yang cukup mudah dijangkau anak-anak akan mengurangi resiko anak-anak dari kecelakaan yang tidak disengaja.

Mengenal Lebih Dekat Bioindustries, Manufaktur Produk Finishing Water Based

Bio Industries merupakan pelopor manufaktur yang mengembangkan produk finishing water based di Indonesia. Perusahaan ini memiliki berbagai varian produk finishing atau cat berpelarut air, termasuk untuk proses finishing furniture anak maupun baby furniture. Bioindustries mengembangkan produk finishing yang aman dan ramah lingkungan dalam berbagai warna yang cocok untuk furniture anak maupun baby furniture, baik untuk warna transparent maupun warna solid.

Produk finishing water based Bioindustries memiliki telah mendapat sertifikat produk bebas bahan kimia beracun dan berbahaya kesehatan dan lingkungan sesuai standard ECHA REACH Regulation. Selain itu, produk-produk Bioindustries juga memenuhi standard US. Environmental Protection Agency (EPA) tentang VOC regulation compliance. Anda bisa menggunakan seri produk Biovarnish, BioColours dan Orchid untuk aplikasi finishing furniture anak yang aman. Bahkan jika Anda membutuhkan cat aman untuk mainan anak, Biovarnish dan BioColours juga cocok untuk kebutuhan tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kontak CS Bio Industries di no 0822-4338-0001 atau melalui email di info[at]bioindustries.co.id. Anda juga bisa datang langsung ke kantor kami di Bio Center Yogyakarta, Bio service point cirebon dan Bio service point jepara. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 414 orang responden
%d bloggers like this: