Penyakit akibat Jamur di dalam Rumah

Jamur dalam ruangan rumah bisa menyebabkan beberapa jenis penyakit. Jenis penyakit akibat jamur di dalam rumah sendiri sangat beranekaragam dan efeknya bervariasi pada setiap individu.

Jenis penyakit akibat jamur sangat beranekaragam dan efeknya bervariasi pada setiap individu.

Asma adalah contoh penyakit karena jamur dalam ruangan. Jenis penyakit akibat jamur dalam rumah sendiriĀ  sangat beranekaragam dan efeknya bervariasi pada setiap individu.

Jamur dalam Ruangan

Jamur yang berada dalam ruangan bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Pada anak-anak, efek paparan jamur bisa lebih membahayakan terutama pada anak yang masih balita yagn suka memasukkan segala sesuatu ke mulutnya. Sumber-sumber paparan jamur sendiri sangat beragam. Jamur bisa tumbuh pada majalah, furniture kayu, mainan anak, hingga tembok. Tumbuhnya jamur disebabkan karena beberapa hal seperti kelembaban yang tinggi dan suhu udara yang sesuai.

Perbedaan Penyakit Akibat Jamur di dalam Rumah pada Setiap Individu Berbeda-beda

Pada dasarnya, dari ratusan ribu spesies jamur, hanya ada beberapa jenis yang menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia. Beberapa jenis jamur tersebut memang sudah dikenal bisa menyebabkan penyakit terutama yang terkait dengan sistem imun/pertahanan tubuh. Jenis penyakit akibat jamur di dalam rumah yang jamak terjadi adalah serangan asma. Selain itu, beberapa jenis jamur juga bisa menghasilkan racun atau mikotoksin yang bisa menyerang tubuh kita. Beberapa studi sudah menemukan adanya efek mikotoksin pada hewan non manusia. Sedangkan efeknya pada manusia sendiri hingga hari ini masih belum diketahui dengan pasti. Adapun, gangguan-gangguan kesehatan lain yang umum ditemukan antara lain:

  1. Bersin-bersin
  2. Iritasi saluran nafas
  3. Iritasi mata serta kulit

Meskipun demikian, efek akibat serangan jamur sendiri sangat beragam antara satu individu dengan individu lainnya. Terdapat beberapa orang yang memang alergi terhadap jamur sehingga akan menderita gangguan kesehatan yang parah, sedangkan yang lainnya tidak menunjukkan gejala gangguan kesehatan sama sekali. Hal inilah yang seringkali membuat efek paparan jamur sulit diidentifikasi dan diteliti lebih lanjut.

Apakah Jamur Bisa Menyebabkan Kematian?

Salah satu efek serius paparan jamur adalah asma. Sedangkan efek yang lebih parah seperti kerusakan sistem syaraf pusat dan kematian masih belum diketahui dengan pasti. Sebagaimana yang disebutkan di atas, hal ini dikarenakan perbedaan efek paparan jamur dalam ruang yang berbeda-beda antar satu orang dengan orang yang lain. Yang jelas, penyakit akibat jamur dalam ruang akan semakin besar resikonya pada anak-anak. Sistem pertahanan mereka yang masih kurang sempurna dan tubuh mereka yang kecil, membuat mereka lebih rentan terkena penyakit akibat jamur di dalam rumah.

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 371 orang responden
%d bloggers like this: