pemutih kayu mahoni (bleaching) dengan WA-250

Pemutih kayu mahoni (bleaching) dengan WA-250

mahogany wood color bleaching process

mahogany wood color bleaching process

Cara memutihkan (bleaching) kayu mahoni dengan bahan pemutih kayu White Agent WA-250 untuk menurunkan resiko tanin color bleeding, menyeragamkan warna bagian kayu kubal dan teras dan lain sebagainya.

Kebayang gak sih jika kayu mahoni yang merah itu bisa kita bikin putih bersih seperti kayu pinus bahkan seputih kayu sengon ?

Kayu mahoni yang punya serat lembut dan kuat memang ideal digunakan untuk furniture interior maupun exterior. Selain warna natural atau warna wood stain transparan, kayu mahoni ini sering digunakan dengan warna finishing solid opaque seperti putih kream dll. Sayangnya, getah warna taninnya yang sangat kuat sering kali keluar /bleeding dan merusak warna finishing yang telah kita buat.
Nah, proses wood bleaching treatment seperti pada gambar ini dpt kita lakukan untuk menurunkan resiko kasus tanin color bleeding pada kayu mahoni warna solid opacque terutama warna putih dan warna terang lainnya. Wood preparation treatment ini juga dapat kita lakukan untuk menyeragamkan beda warna kayu teras dan kubal baik pada kayu mahoni, jati atau jenis kayu lainnya. kasus beda warna dasar kayu seperti ini sering kali mengganggu estetika hasil warna finishing yang kita kehendaki baik warna transparan maupun untuk warna solid opacque.

larutan WA-250

larutan WA-250

Bioindustries mengembangkan produk bahan kimia pemutih kayu WA-250 yang aman dan ramah lingkungan sebagai solusi pengganti bahan H2O2 yang sangat keras dan berbahaya dan cenderung merusak struktur kekuatan serat kayu.

Tidak seperti bahan kimia H2O2 yang harus dijemur dibawah terik sinar matahari agar dapat bekerja dengan baik, WA-250 tidak perlu dijemur dan hanya cukup didiamkan beberapa saat bahan aktipnya akan bekerja menetralisir warna kayu yang disedot keluar dan akhirnya dapat berwarna lebih putih terang tapi masih terlihat natural.

Prosedur aplikasi WA-250 untuk pemutih kayu mahoni?

perendaman kayu dalam larutan WA-250 50%

perendaman kayu dalam larutan WA-250 50%

WA-250 dapat diaplikasikan pada kayu dengan cara apapun baik di kuas, roll maupun dicelup atau direndam. Tetapi untuk pekerjaan yang banyak dan continuous, direkomendasikan teknik aplikasi rendam agar efektif, efesies dan ekonomis.

Berikut ini prosedur kerja aplikasi WA-250 dengan aplikasi perendaman :

  1. Buat larutan WA250 +air perbandingan 1 ;1 atau 1;2. Atau dngan konsentrasi 30%-50%.
  2. Rendam potongan kayu atau komponen furniture dalam larutan wa250 selama 30-60mnt. Semakin lama perendaman semakin dalam bahan meresap kedalam serat. Tiriskan dan tunggu sampai warna kayu berubah warna terang / memutih seperti yang diinginkan. Ulangi perendaman jika warna kayu belum mencapai warna putih yang diinginkan.
    pencucian setelah perendaman WA-250

    pencucian setelah perendaman WA-250

  3. Setelah mendapat warna putih yang diinginkan, cuci /bilasdengan air bersih mengalir untuk menghilang sisa bahan aktive yang tertinggal dalam serat kayu.
  4. Keringkan kayu dengan di jemur atau di oven sampai mencapai mc standard 12%
hasil warna kayu mahoni putih bersih setelah dibleaching

hasil warna kayu mahoni putih bersih setelah di bleaching

Fungsi dan manfaat treatment pemutih kayu WA250

  1. memudahkan proses pewarnaan finishing kayu
  2. Menyeragamkan warna kayu teras dan kubal
  3. mengilangkan warna bekas blue /black stain serta cacat warna kayu lainnya
  4. Menurunkan resiko kasus tanin color bleeding

Kelebihan WA250 vs H2O2

  1. Lebih efektif efesien
  2. Tdk perlu penjemuran
  3. Tdk merusak strukture kekuatan serat kayu / tdk bikin kayu rapuh
  4. Relatip aman dan ramah lingkungan

Demikian teknik bleaching warna kayu mahoni. Mudah mudahan bermanfaat

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 420 orang responden
%d bloggers like this: