Finishing “Rustic System” untuk Tampilan Kayu Kuno, Kayu Lama, Kayu Lapuk

Contoh hasil finishing dengan sistem rustic yang memberikan kesan kayu lama.

Rustic adalah seni finishing yang menonjolkan serat ulir kayu sehingga menimbulkan kesan corak tempo dulu, tentunya dengan sentuhan tangan-tangan terampil dengan goresan cat yang akan memberikan kesan kayu lama/jadul.

Apa yang Anda pikirkan ketika melihat contoh panel di atas?

Saya yakin Anda memikirkan kayu lapuk, kayu tua, kayu lama, atau kayu yang sudah kadaluarsa jika diibaratkan dalam makanan. Atau jika saya boleh bercerita, panel diatas bercerita tentang kayu yang sudah berusia lama, sering terkena panas dan hujan, lapuk hingga serat-seratnya terlihat jelas. Kayu yang digunakan di atas adalah kayu mangga. Serat yang dimiliki memang tidak sebagus kayu jati, namun kepadatan seratnya ternyata memiliki seni tersendiri. Kayu tersebut difinishing dengan sistem Rustic System.

Teknik Rustic bisa digolongkan ke dalam teknik faux finish dipadu produk water based paint and coating dari Bio Industries.

Langkah membuat panel di atas seperti yang tertera dalam gambar. Yang perlu diperhatikan adalah teknik rustic yang baik agar serat kayu tetap bisa terjaga. Teknik Rustic yang benar terletak pada arah goresan alat pada media. Dianjurkan agar media dirustic searah, tidak bolak-balik (seperti menyetrika), berputar atau berpindah-pindah. Lakukan rustic secara kontinu dan terus menerus sampai membentuk lekukan sesuai alur seratnya.

Setelah serat kayu tampak menonjol. Anda bisa lakukan langkah selanjutnya sehingga kayu benar-benar terlihat seperti kayu lama/lapuk.

 

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 263 orang responden
%d bloggers like this: