Finishing Kayu Jati Belanda Warna Walnut Brown

Finishing kayu jati belanda warna natural walnut brown bisa didapatkan menggunakan Biovarnish, seri produk wood finishing water based dari Bioindustries.

ide warna finishing warna walnut brown untuk bedroom setsKayu jati belanda termasuk jenis kayu yang saat ini menjadi primadona di dunia furniture dan home decoration. Sebenarnya kayu jati belanda merupakan sejenis kayu pinus yang asalnya dari luar, seperti China, Jepang dan Jerman. Kualitas masing-masing kayu dari negara-negara tersebut berlainan. Sebagai contoh, kayu dari Jepang memiliki tekstur yang indah dan kayunya halus. Sedangkan kayu dari Jerman teksturnya agak kasar, seratnya lebih timbul, namun kayunya lebih kuat dan lurus (tidak bengkong).

Finishing kayu jati belanda warna natural transparan seringkali menjadi pilihan warna finishing untuk jenis kayu ini. Apalagi jika yang digunakan adalah kayu jati belanda yang berasal dari Jepang. Tekstur kayunya yang indah akan semakin terlihat kuat dengan finishing warna natural.  Keindahan serat kayu justru semakin ter-ekspose dengan jenis finishing ini.

Untuk memudahkan memahami proses finishing warna natural transparan pada kayu jati belanda, berikut akan diulas cara aplikasi finishing kayu jati belanda warna natural transparan menggunakan produk Biovarnish. Biovarnish adalah cat kayu water based untuk finishing warna natural transparan yang sangat aplikatif. Produk ini bisa diaplikasikan dengan mudah, baik menggunakan kuas maupun menggunakan spray gun.

Aplikasi berikut merupakan metode finishing kayu dengan hasil warna natural transparan. Hasil akhir dari finishing ini adalah kayu yang halus, rata, dan close pore, namun tetap mampu memperlihatkan keindahan dan sifat alami dari serat kayu. Aplikasi finishing warna natural transparan ini menggunakan seri produk Biovarnish, yaitu Biovarnish wood filler, Biovarnish wood stain yang menggunakan warna walnut brown dan Biovarnish clear coat.

Finishing Kayu Jati Belanda Warna Natural Dengan Biovarnish

Cat kayu Biovarnish untuk finishing kayu jati belanda warna natural transparan seperti warna walnut brownSebelum proses finishing kayu dilakukan, siapkan terlebih dahulu substrat kayu yang akan di-finishing. Ambil amplas no 120, kemudian haluskan substrat kayu dengan kertas amplas tersebut. Lakuka pengamplasan searah serat kayu hingga didapatkan kayu yang halus dan rata. Pastikan kayu benar-benar kering (MC ≤ 12%) dan permukaan kayu bebas dari debu, kotoran dan bekas minyak yang bisa mengganggu penetrasi bahan cat.

Aplikasi Biovarnish Wood Filler

Biovarnish wood filler diaplikasikan untuk membantu menutup pori-pori kayu besa, cacat kayu dan untuk membantu mendapatkan hasil finishing yang close pore. Pilihlah Biovarnish Wood Filler yang warnanya mendekati warna kayu yang akan di-finishing. Wood Filler Biovarnish tersedia dalam warna jati dan mahoni. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan jenis wood filler jati.

Anda bisa menambahkan air bersih secukupnya untuk mengencerkan wood filler. Aduk perlahan hingga homogen, kemudian aplikasikan menggunakan kuas ataupun pisau palet searah serat kayu. Tunggu sampai benar-benar kering. Setelah itu, amplas permukaan lapisan dengan kertas amplas jenis alumunium oxide no 240 searah serat sampai halus dan serat kayu terlihat. Pastikan agar wood filler yangada di permukaan kayu habis, dan yang tersisa yang terdapat di pori-pori kayu. Ulangi lagi prosedur ini jika diperlukan.

Aplikasi Biovarnish Wood Stain

Untuk aplikasi wood stain, siapkan Biovarnish Wood Stain warna walnut brown. Jika perlu, Anda bisa menambahkan air bersih untuk mengencerkan dan menurunkan kepekatan warna. Gunakan perbandingan 2:1, yaitu wood stain 2 bagian dan air 1 bagian. Aduk pelan sehingga didapatkan larutan yang homogen. Aplikasikan dengan kuas yang dibungkus kain halus yang bersih atau spray gun. Tunggu sampai kering selama ± 60 menit, namun tidak disarankan dijemur langsung di bawah sinar matahari.

Setelah kayu kering, amplaslah menggunakan amplas no 400. Ulangi lagi proses aplikasi wood stain warna walnut brown ini dengan ratio pengenceran 5:2 atau sesuai ketebalan warna yang di-inginkan. Tunggu hingga ± 30 menit, kemudian ulang proses ini hingga didapatkan warna yang diharapkan.

Aplikasi Biovarnish Clear Coat

Tahap paling akhir adalah aplikasi Biovarnish Clear Coat yang berfungsi untuk melapisi, melindungi sekaligus memberikan efek tampilan akhir yang glossy. Untuk mengencerkan, tambahkan air bersih dengan mixing ratio 2:1. Aduk pelan-pelan sampai larutan benar-benar tercampur rata/homogen. Aplikasikan larutan Biovarnish Clear Coat ini menggunakan kuas atau spray gun hingga didapatkan tampilan yang halus dan rata dengan tingkat glossy yang diharapkan. Biarkan mengering pada suhu kamar.

Diamkan kayu yang sudah di-topcoat kira-kira selama ±20 menit di suhu kamar untuk mendapatkan kering sentuh. Sedangkan kering packing bisa didapatkan kira-kira ±24 jam (overnight) dan kering full curing kira-kira 7 x 24 jam. Sebelum mendapatkan kering sentuh, kayu tidak disarankan untuk dijemur atau dikeringkan dengan suhu lebih dari 320C. Penjemuran atau oven dapat dilakukan setelah proses kering sentuh.

Itulah cara mudah aplikasi finishing kayu jati belanda warna natural walnut brown dengan menggunakan cat kayu Biovarnish. Untuk info produk lebih lanjut dan pemesanan, Anda dapat menghubungi customer service kami di no 0878-3934-6433 dan 0822-2026-5056. Anda juga bisa membeli secara langsung di Bio ServicePoint Jogja, Bio Service Point Jepara dan Bio Service Point Cirebon. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 430 orang responden
%d bloggers like this: