Efek Bahaya Cat Mainan Kayu Mengandung Logam Berat

Efek bahaya cat mainan kayu mengandung logam berat hendaknya tidak disepelekan. Paparan logam berat terbukti menyebabkan gangguan organ dalam, penurunan fungsi kecerdasan, hingga peningkatan resiko kanker.

Apa Itu Logam Berat?

Terdapat beberapa definisi logam berat yang dirumuskan para ilmuwan. Bennet (1986) menggunakan istilah logam berat untuk menyebut logam yang massa atomnya lebih besar dari sodium. Sedangkan menurut US EPA (US Environmetal Protection Agency), logam berat bukan hanya bermassa atom tinggi, tapi juga bisa menyebabkan keracunan pada konsentrasi rendah. Berikut ini beberapa jenis metal yang sering dikategorikan dalam golongan heavy metal atau logam berat:

  1. Timbal (Pb)
  2. Merkuri (Hg)
  3. Kadmium (Cd)
  4. Arsen (Ar)
  5. Kromium (Cr)

Pendapat EPA bukan tanpa sebab. Pada kenyataannya, semua logam yang memiliki massa atom lebih besar dari sodium dapat meracuni organisme pada konsentrasi rendah. Beberapa jenis logam seperti tembaga (Cu) memang terdapat dalam tubuh sebagai inti enzim. Akan tetapi dalam jumlah besar, kadar tembaga dan logam berat lainnya tetap membahayakan.

keracunan arsen

Dampak paparan arsen. Pada kondisi yang parah, keracunan arsen bisa berakibat kematian.

Dikutip dari Pollutionissues, berikut ini beberapa gangguan yang diakibatkan keracunan logam berat:

  1. Kerusakan ginjal (kadmium dan merkuri)
  2. Alergi dan dermatitis (kromium)
  3. Kerusakan hati, ginjal, dan abnormalitas metabolisme (tembaga)
  4. Hambatan pertumbuhan fisik dan kognitif (timbal)
  5. Kematian (arsen)

Efek tersebut berkalilipat lebih membahayakan pada anak-anak. Sebab, pada paparan yang sama, persentase logam yang masuk ke tubuh anak lebih besar. Tubuh mereka yang lebih kecil menjadi penyebabnya. Anak-anak juga punya kecenderungan berperilaku tak hati-hati, memiliki sistem pertahanan tubuh kurang, dan masih dalam masa pertumbuhan dimana tingkat penyerapan semua zat (termasuk yang berbahaya) sangat tinggi.

Mengapa Logam Berat Ada di Cat Mainan Kayu?

bahaya cat mainan kayu mengandung logam beratMeski berbahaya, sayangnya logam berat masih menjadi zat yang terkandung dalam banyak produk buatan manusia. Bahkan zat ini masih sering ditemukan dalam produk-produk cat di pasaran. Jenis logam seperti timbal dan merkuri sering dimanfaatkan sebagai pewarna cat. Karenanya, tak akan mengherankan bila kandungan logam berat juga ditemukan dalam lapisan cat mainan kayu.

Apalagi, batas kandungan logam berat dalam cat untuk mainan tidak benar-benar diatur dalam angka nol. SNI cat mainan kayu masih mentolerir angka logam berat dalam jumlah kecil. Jumlah tersebut dipastikan tidak membahayakan. Akan tetapi, paparan terus menerus atau efek jangka panjangnya tetap harus diwaspadai.

Lantaran hal ini, akan sangat penting bagi orangtua untuk menghindari cat mainan kayu mengandung logam berat. Orangtua harus berkomitmen membelikan mainan kayu yang dicat dengan cat yang benar-benar aman. Misalnya saja cat Biocolours spesial mainan kayu yang sama sekali tak mengandung zat berbahaya.

Menghindari Efek Bahaya Cat Mainan Kayu Mengandung Logam Berat

mainan kayu membahayakanSayangnya, memilih mainan kayu yang dicat dengan cat Biocolours bukan persoalan mudah. Sebab, tidak mungkin bagi masyarakat awam untuk melakukan tes sendiri akan kandungan komponen dalam lapisan cat mainan kayu.

Usaha yang terbilang efektif dan masih bisa dilakukan untuk menghindari cat mainan kayu mengandung logam berat adalah memastikan selalu membeli produk mainan SNI. Akan lebih baik bila produk-produk mainan tersebut sudah mengantongi standar yang lebih tinggi dibanding SNI. Tapi sikap kritis tetap wajib dimiliki saat memilih mainan yang tak mengandung cat berbahaya. Misal, meski sudah berstandar SNI, jangan pernah membeli mainan yang dicat dengan cat yang baunya menyengat. Bau menyengat adalah salah satu tanda cat tersebut berbahaya.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 584 orang responden
%d bloggers like this: