Cat Kayu Terbaik Untuk Mainan Anak Lolos SNI - Bioindustries

Cat Kayu Terbaik Untuk Mainan Anak Lolos SNI

Cat kayu terbaik untuk mainan anak harus memenuhi standar kualitas dan standar regulasi keamanan yang ditetapkan, terutama lolos SNI.

cat kayu terbaik

Memilih cat terbaik untuk wooden toys atau mainan anak sangatlah penting. Bukan hanya mempertimbangkan kualitas hasil finishingnya, tetapi juga harus memenuhi standar regulasi atau peraturan yang ditetapkan.

Di Indonesia, regulasi yang digunakan sebagai standar adalah SNI. Setiap mainan anak yang dipasarkan di Indonesia, baik buatan lokal maupun impor harus memenuhi regulasi SNI ini. Pemberlakuan SNI wajib mainan anak ini diberlakukan sejak 2014. Pemberlakuan ini merupakan antisipasi pemerintah terhadap membanjirnya berbagai jenis mainan anak-anak, terutama jenis mainan impor, yang disinyalir mengandung logam berat berbahaya.

Berdasarkan data yang dirilis YLKI, dari 21 sampel mainan yang diuji, ternyata hampir semua mainan memiliki kandungan unsur kimia seperti cadmium (Cd), Timbal (Pb), Krom (Cr), dan Merkuri (Hg). Bisa dibayangkan, seandainya anak-anak kita termasuki unsur kimia berbahaya tersebut dari mainannya. Migrasi unsur-unsur kimia berbahaya tersebut ke dalam tubuh manusia apalagi pada anak-anak yang lebih rentan, beresiko memicu tumbuhnya sel kanker, kelumpuhan, kerusakan otak, dan berbagai penyakit dalam lainnya. Regulasi SNI wajib mainan anak ini diharapkan mampu membebaskan anak-anak kita dari resiko tersebut.

Terdapat beberapa poin penting yang menjadi fokus pemerintah dalam SNI wajib mainan anak ini. Fokus pertama, mainan anak harus steril dari migrasi unsur kimia tertentu. Kedua, terkait bentuk dari mainan tersebut, yaitu mengenai keamanan sudut (kelancipan) dari mainan . Ketiga, menyangkut sistem kelistrikan bagi mainan yang menggunakan baterei. Dan yang keempat, terkait dengan pemakaian zat pewarna pada mainan anak.

Regulasi ini tentunya berdampak langsung pada industri mainan anak, termasuk industri mainan anak berbahan kayu (wooden toys). Para pelaku industri wooden toys, baik industri kecil maupun besar harus merujuk pada regulasi ini, termasuk penggunaan bahan baku dan bahan pendukungnya seperti cat untuk mainan anak. Namun sebenarnya, regulasi ini memberikan dampak positif yang cukup signifikan bagi industri mainan kayu. Peraturan ini justru mampu meningkatkan daya saing dari para pelaku industri wooden toys.

Apa alasannya? Karena masyarakat sekarang sudah cukup cerdas untuk memilih mainan yang tidak berbahaya bagi anaknya. Selain itu, produk mainan anak impor yang tidak memenuhi standar regulasi ini dilarang untuk masuk ke Indonesia. Sehingga kesempatan para pelaku usaha wooden toys semakin lebar untuk menguasai pasar dalam negeri, bahkan tidak menutup kemungkinan untuk masuk ke pasar luar negeri.

Memilih Cat Kayu Terbaik Yang Aman dan LoLos Standar SNI

cat aman untuk wooden toysMerujuk pada kondisi di atas, maka memilih cat yang berkualitas dan lolos standar SNI mutlak diperlukan. Khususnya bagi pelaku usaha wooden toys, menggunakan cat kayu yang berkualitas, mampu menjamin keamanan produk dari bahan kimia berbahaya menjadi sangat penting.

Bioindustries menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan produk cat kayu berkualitas tinggi lolos standar SNI yang cocok untuk wooden toys, yaitu seri produk BioColours Primer Colours. Produk seri wooden toys ini hadir dengan berbagai keunggulan, diantaranya :

  1. Aman, lolos standar SNI.

Yang menarik, produk seri wooden toys BioColours dari Bioindustries ini bukan hanya lolos SNI saja. Seri produk ini bahkan memenuhi standar kemanan produk cat sesuai regulasi dari US-EPA, European REACH Regulation. Dari hasil analisa produk, kadar Phtalat, Formaldehyde, Cadmium, Chrome, Timbal, Merkuri pada produk cat BioColours untuk wooden toys tidak terdeteksi.

Dengan menggunakan cat yang aman dan ramah lingkungan ini, anak-anak tidak perlu khawatir akan merasakan pedas di mata begitu mainan dibuka karena tingginya formaldehyde. Saat anak-anak menggigit mainannya, orang tua tidak perlu mengkhawatirkan lead akan ikut tergigit dan masuk ke dalam tubuh anak-anak.

  1. Warna cerah dan tersedia dalam berbagai warna

Cat kayu terbaik untuk finishing wooden toys ini mampu menghasilkan kecerahan warna yang bagus yang akan menarik minat anak-anak. Hasil finishing close pore yang menjamin hasil finishing sempurna dengan tingkat glossy yang disukai anak-anak.

  1. Aplikasi mudah dan praktis

Seri cat kayu untuk finishing wooden toys ini sangat simpel, dan mudah digunakan. Untuk aplikasinya hanya membutuhkan dua tahapan saja, yaitu aplikasi primer colours sesuai warna yang diinginkan kemudian ditutup dengan topcoat.

Produk BioColours Primer Colours bisa diaplikasikan dengan cara di-spray maupun dikuas. Sehingga memungkinkan untuk digunakan oleh industri kecil, menengah maupun industri besar.

Cara Mudah Finishing Mainan Kayu Menggunakan Cat BioColours

Primer Colours 670

Aplikasikan Primer Colours 670 sebagai primer coat menggunakan spray system. Jika diperlukan, tambahkan air bersih untuk mengencerkan dengan perbandingan 2:1. Semprotkan larutan tersebut ke seluruh permukaan media, kemudian tunggu sampai benar-benar kering dan siap untuk diamplas, yaitu sekitar satu jam. Setelah kering, lakukan pengamplasan ambang searah serat di seluruh lapisan film primer coat.

Top Coat

Aplikasikan Biocolours® Acrylic Top Coat FA 714 untuk melapisi, melindungi sekaligus memberikan efek tampilan akhir yang maksimal. Jika diperlukan, tambahkan air bersih untuk mengencerkan dengan perbandingan 2:1. Aduk pelan-pelan sampai homogen.

Aplikasikan larutan tersebut menggunakan air spray system. Tunggu kering sentuh selama 20 menit pada suhu kamar, kering packing selama 24 jam (overnight), dan kering full curing selama 7 x 24 jam. Sebelum kering sentuh didapatkan, tidak disarankan untuk dijemur atau dikeringkan dengan suhu > 32°C. Penjemuran atau oven dapat dilakukan setelah proses kering sentuh. Kondisi drying room direkomendasikan pada suhu 30-37°C dengan ventilasi udara baik. Tidak disarankan dijemur di bawah terik matahari secara langsung.

Itulah proses atau cara finishing mainan kayu solid colour menggunakan produk BioColours Primer Colours 670, produk water based primer coat dari Bioindustries. Untuk kebutuhan finishing warna natural, Anda bisa menggunakan seri Biovarnish. Produk Biovarnish tersedia dalam 24 pilihan warna natural. Anda bisa mendapatkan produk cat kayu terbaik untuk finishing wooden toys ini dengan menghubungi Bioindustries melalui customer service kami di Bio service point Jogja, Bio service point Jepara, Bio Service point Cirebon. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 328 orang responden
%d bloggers like this: