Cat Kayu Biovarnish Untuk Finishing Kayu Transparan Aplikasi Kuas

Untuk mendapatkan hasil finishing kayu transparan tanpa menutupi serat-serat alami kayu, bisa diperoleh dengan aplikasi finishing menggunakan cat kayu Biovarnish yang aman dan ramah lingkungan.

wood stain aplikasi kuasFinishing furniture warna transparan masih merupakan primadona di dunia furniture Indonesia saat ini. Berbagai pameran yang diselenggarakan di tahun ini membuktikan asumsi tersebut. Furniture dengan warna natural transparan mendominasi di berbagai pameran tersebut.

Untuk memperoleh hasil finishing warna natural transparan, zaman dahulu para pengrajin furniture menggunakan bahan finishing yang dikenal dengan nama shellac. Shellac merupakan resin yang disekresikan oleh sejenis serangga dari pohon-pohon di India.

Perkembangan teknologi membawa perubahan di dunia finishing. Meskipun popularitasnya sudah menurun, namun bahan ini masih digunakan sebagai bahan dasar dari beberapa produk politur. Proses finishing french polish juga masih mengandalkan shellac sebagai bahan dasarnya.

Salah satu penyebab menurunnya popularitas politur berbahan shellac adalah munculnya berbagai bahan finishing yang lebih praktis atau bahan finishing yang lebih aman digunakan. Sebenarnya jika mengacu pada penelitian yang dilakukan oleh Dr K.B. Ekelman dan Dr D. Benz, shellac sendiri tidak berbahaya. Kedua peneliti tersebut menemukan bahwa shellac tidak menimbulkan efek yang merugikan pada tikus yang diujicobakan.

Yang membuat politur berbahan shellac berbahaya adalah pelarutnya yang merupakan solvent. Masyarakat biasanya menggunakan spiritus atau thinner untuk melarutkan shellac. Padahal, spiritus memiliki efek tidak baik bagi kesehatan manusia. Dikutip dari U.S National Library of Medicine, spiritus bisa menyebabkan berbagai gangguan seperti kesulitan bernafas.

Cat Kayu Biovarnish, Bahan Finishing Aman & Ramah Lingkungan

Biovarnish merupakan seri bahan finishing kayu water based acrylic yang aman dan ramah lingkungan. Biovarnish sangat cocok digunakan sebagai pengganti plitur konvesional atau varnish shellac gum yang cenderung berbahaya. Bahan-bahan yang digunakan pada Biovarnish dipastikan aman dan tidak beracun, karena telah sesuai dengan standarisasi keamanan internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH.

Seri Biovarnish terdiri dari tiga item produk, yaitu Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear Coat. Biovarnish Wood Filler berfungsi untuk menutupi cacat tekstur permukaan kayu, menutup pori-pori kayu besar dan untuk menghasilkan finishing akhir close pore. Biovarnish Wood Stain berfungsi sebagai pewarna kayu water based dengan hasil warna tajam dan cerah, serta tranparansi warna yang bagus. Biovarnish clear coat berfungsi untuk menutup akhir lapisan film (sebagai topcoat) dan untuk memberikan efek glossy pada hasil finishing.

Coating Proses Finishing Furniture Dengan Cat Kayu Biovarnish

cat kayu biovarnish

Coating proses finishing warna transparan cukup mudah dilakukan. Sebelum proses coating dilakukan, siapkan terlebih dahulu media kayu yang akan di-finishing. Pastikan media kayu telah benar-benar kering (MC ≤ 12%) dan permukaan media kayu bebas dari debu, kotoran dan bekas minyak yang akan mengganggu penetrasi bahan cat atau coating. Siapkan amplas no 120, kemudian gunakan untuk meng-amplas media kayu. Amplas permukaan kayu searah serat kayu sampai permukaan media kayu benar-benar halus dan rata. Setelah itu, siapkan seri produk Biovarnish, yaitu Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, dan Biovarnish Clear Coat.

Aplikasi Biovarnish Wood Filler

Tahap pertama adalah aplikasi Biovarnish Wood Filler jika diperlukan. Pilih Biovarnish Wood Filler sesuai warna yang dibutuhkan. Biovarnish Wood Filler tersedia dalam warna jati dan mahoni. Tambahkan air bersih secukupnya. Aplikasikan menggunakan pisau palet atau kuas searah serat, dan tunggu hingga kering benar. Amplas permukaan lapisan dengan kertas amplas jenis alumunium oxide no 240 searah serat sampai halus dan serat kayu terlihat. Pastikan wood filler diamplas sampai habis, yang tertinggal hanya yang di dalam serat/pori-pori kayu. Ulangi lagi prosedur aplikasi ini untuk memastikan seluruh pori-pori telah tertutup sempurna.

Aplikasi Biovarnish Wood Stain

Siapkan Biovarnish Wood Stain sesuai warna yang diperlukan. Jika perlu, tambahkan air bersih untuk mengencerkan dan untuk menurunkan kepekatan warna dengan perbandingan 2:1. Aplikasikan menggunakan kuas yang dibungkus dengan kain bahan kaos yang bersih atau bal, kemudian tunggu sampai benar-benar kering (± 60 menit). Tidak disarankan dijemur di bawah sinar matahari secara langsung. Ulang proses ini hingga didapatkan tingkatan warna yang diharapkan.

Aplikasi Biovarnish Clear Coat

Tahap selanjutnya, yaitu aplikasikan Biovarnish Clear Coat untuk melapisi, melindungi sekaligus memberikan efek tampilan akhir yang glossy. Biovarnish Clear Coat tersedia dalam tingkat glossy : gloss dan doft. Tambahkan air bersih dengan mixing ratio 2:1. Aduk pelan-pelan sampai benar-benar homogen. Aplikasikan larutan Biovarnish Clear Coat ini menggunakan kuas/bal sampai mendapatkan tampilan yang halus dan rata dan biarkan mengering pada suhu kamar.

Diamkan selama ±20 menit pada suhu kamar untuk mendapatkan kering sentuh. Sedangkan kering packing ±24 jam (overnight) dan kering full curing membutuhkan waktu sekitar 7 x 24 jam. Sebelum kering sentuh didapatkan, tidak disarankan untuk dijemur atau dikeringkan dengan suhu > 32C. Penjemuran atau oven dapat dilakukan setelah proses kering sentuh. Penting untuk diperhatikan, kondisi drying room direkomendasikan di suhu 30-37C dengan ventilasi udara yang baik.

Apabila Anda tertarik dengan produk cat kayu Biovarnish, silahkan hubungi Customer Service Bioindustries via telp. no 0822-2026-5056 atau WA ke no. 0878-3934-6433. Apabila Anda berada di area Yogyakarta dan sekitarnya, silahkan kunjungi kantor Bioindustries di Bio Service Point Jogja. Untuk Anda yang berdomisili di daerah Jepara, silahkan menghubungi Bio Service Point Jepara. Sedangkan untuk Anda yang berdomisili di wilayah Cirebon, silahkan menghubungi Bio Service Point Cirebon. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 447 orang responden
%d bloggers like this: