Cat Kayu BioColours Untuk Finishing Rustic Black Wash

Finishing rustic black wash menjadi alternatif yang tepat untuk furniture bergaya klasik. Jenis finishing ini bisa dihasilkan dengan mudah menggunakan cat kayu BioColors

finishing rustic black wash menggunakan cat kayu BioColoursDalam industri furniture, finishing adalah bagian yang penting dan harus dilakukan dengan baik agar hasilnya memuaskan. Terlebih jika produk furniture tersebut merupakan permintaan buyer yang sangat teliti dalam hasil furniturenya. Maka pemilihan jenis dan proses finishing menjadi sangat penting untukdiperhatikan.

Mungkin Anda sudah mengenal berbagai macam jenis finishing, seperti finishing warna natural yaitu finishing yang memberikan hasil warna natural seperti kayu. Finishing ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan suasana alam di dalam rumah. Kesan hangat dan natural akan menghangatkan suasana rumah Anda.

Finishing jenis lainnya adalah finishing warna solid opaque color. Finishing jenis menggunakan cat kayu warna solid yang akan menutup warna kayu asli. Ada berbagai macam alasan mengapa warna kayu asli ditutup mungkin karena serat kayu kurang menarik maupun warna kayu yang banyak cacatnya. Alasan yang utama biasanya adalah karena ingin mendapatkan warna lain dan lebih mengedepankan kesan modern dengan warna solid.

Jika Anda mulai bosan dengan kedua jenis finishing tersebut, saat ini Anda bahkan bisa mencoba jenis finishing faux finish, salah satunya adalah finishing rustic black wash. Mungkin istilah ini masih terdengar asing di telinga Anda. Maka pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai finishing tersebut yang juga banyak diminati oleh masyarakat lokal maupun internasional dan produk cat kayu yang cocok untuk finishing rustic black wash. Mengerti tentang finishing jenis ini akan menambah pengetahuan Anda dan juga dapat bereksplore lebih baik lagi.

Apa Itu Finishing Rustic Black Wash?

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah finishing rustic black wash ini, maka Anda bisa menyimaknya dalam artikel ini. Istilah awal yang harus dipahami adalah rustic. Istilah rustic atau lama ini biasanya untuk furniture yang berumur tua sehingga akan terlihat penampilannya berubah tidak sama seperti pada saat pertama kali selesai diberikan lapisan finishing. Akan tetapi akan membutuhkan waktu sangat lama jika Anda menunggu sebuah furniture untuk berubah menjadi rustic.

cotoh finishing whitewash pada furniture

Nah, teknik finishing rustic merupakan jawaban untuk mendapatkan hasil finishing rustic dalam waktu yang cepat. Teknik finishing rustic ini dimaksudkan untuk membuat kayu atau furniture tampak seperti sudah berumur lama. Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan alat pembuat rustic atau dengan sikat kawat sebelum melakukan finishing untuk mencipatkan tekstur terlebih dahulu. Kemudian Anda baru bisa melakukan finishing. Untuk hasilnya tentu akan memberikan kesan jadul yang menawan dalam furniture.

Finishing rustic black wash ini adalah lebih menekankan warna hitam pada furniture yang berpenampilan rustic. Pada dasarnya penampilan rustic sangat bervariasi. Bahkan Anda bisa melakukan finishing rustic dengan warna natural atau white wash yang juga disukai oleh banyak orang. Tetapi finishing rustic dengan warna hitam akan memberikan kesan lebih eksotis dan kayu benar-benar terlihat lebih tua. Serat kayu yang terlihat berikut dengan teksturnya akan memberikan Anda penampilan hangat di dalam ruangan dan kesan naturalnya juga didapatkan.

Jenis Produk Cat Kayu Untuk Finishing Rustic Black Wash

Jika Anda sudah mengetahui pengertian dari finishing rustic black wash ini maka pertanyaan selanjutnya adalah produk apa sajakah yang bisa digunakan untuk mendapatkan hasil finishing ini. Pada dasarnya jenis media cat apapun dapat digunakan seperti cat solvent atau cat kayu water based. Tetapi keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika Anda menggunakan cat kayu water based, sisi positifnya adalah aman baik untuk aplikatornya maupun untuk pemakai furniturenya, termasuk untuk lingkungan. Karena produk cat water based terbuat dari bahan yang aman dan ramah lingkungan. Berbeda dengan cat solvent yang menggunakan bahan-bahan kimia pendukung untuk menunjang kualitasnya. Salah satu cirinya, cat solvent cenderung mengeluarkan bau menyengat karena zat kimia yang menyebar di dalam udara. Sayangnya, zat-zat kimia ini sangat berbahaya bagi manusia maupun alam sekitar. Maka cat kayu water based menjadi pilihan yang sangat tepat.

Salah satu cat kayu water based yang cukup dikenal di Indonesia adalah cat BioColours dari Bioindustries. Produk BioColours ini adalah cat kayu water based yang aman dan ramah lingkungan. Produk cat yang telah banyak digunakan oleh berbagai pabrikan furniture ekspor ini telah memenuhi standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) Reach Regulation dan US EPA (Enviromental Protection Agency).

Jadi bagi Anda yang akan melakukan finishing furniture yang akan dikirim ke luar negeri, terutama untuk negara dengan regulasi ketat seperti Eropa, AS, Jerman, Jepang, dan yang lainnya,  maka cat BioColours ini menjadi jawabannya. Dengan memenuhi standar regulasi yang aman dan ramah lingkungan, cat ini akan lolos pengecekan shipping produk yang aman dan ramah lingkungan di negara-negara tersebut.

Cara Aplikasi Finishing Rustic Black Wash Menggunakan Cat Kayu BioColours

BioColours Glaze untuk finishing antikUntuk Anda yang akan melakukan finishing rustic black wash menggunakan cat kayu BioColousr, berikut bahan-bahan yang diperlukan:

  • BioColours Sanding Sealer, BioColours wood stain warna walnut brown, BioColours topcoat Doff dan Glaze Black.
  • Sikat kawat kuningan, kertas amplas no. 120, kertas amplas no. 400, kuas atau spray, air.

Setelah Anda menyiapkan bahan-bahan finishing di atas maka Anda bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya. Siapkan material kayu dan sikatkan dengan sikat kawat sehingga serat kayu terlihat dan tercipta tekstur rustic alur serat kayu. Lalu amplas permukaan kayu dengan amplas no. 120 dan memotong bulu halus agar terlihat lebih halus lagi. Jika material kayu sudah siap Anda bisa melakukan cara aplikasi sebagai berikut:

Step 1.

Siapkan BioColours Sanding Sealer dan campurkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air campur hingga rata. Fungsi lapisan ini adalah untuk menutup pori-pori kayu dan memotong bulu-bulu kayu permukaan tekstur kayu rustic besar sudah terbentuk tetapi tetap terasa halus. Aplikasikan dengan spray system secara merata agar hasilnya lebih halus dan juga lebih rata. Setelah tercampur rata tunggu hingga kering, biasanya akan memakan waktu sekitar 60 menit. Lalu amplas menggunakan scotch brite untuk menghaluskan.

Step 2.

Setelah aplikasi sanding sealer selesai selanjutnya adalah untuk BioColours Wood Stain walnut brown. Campurkan BioColours dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk hingga rata. Aplikasikan dengan spray system ke seluruh permukaan kayu dan tunggu kering. Setelah selesai amplas dengan kertas amplas no. 400 dan jika warnanya kurang sesusai Anda bisa mengaplikasikannya sekali lagi.Siapkan BioColours Sanding Sealer kembali dan encerkan kembali dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Jika sudah diaduk rata aplikasikan kembali dengan spray sytem secara merata dan tunggu kering. Fungsi ini adalah sebagai lapisan intermediate antara Biovarnish dan lapisan di atasnya nanti. Agar lapisan lebih kuat dan tahan lama. Setelah kering Anda bisa mengamplasnya dengan kertas amplas no. 400.

Step 3.

cat kayu biocolours

Aplikasikan Glaze Black dengan cara dikuas atau disemprot juga bisa. Caranya, encerkan Glaze black dengan air hingga mendapatkan intensitas encer yang diinginkan. Aplikasikan dengan kuas pada ke seluruh bagian kayu dan tunggu setengah kering. Lalu hapus dengan kain basah yang sudah diperas. Hapuskan lapisan glaze hingga yang tersisa pada pada bagian sela-sela kayu saja yang telah dibuat dengan sikat kawat di awal.

Step 4.

Untuk lapisan terakhir adalah dengan BioColours Top Coat doff. Pemilihan doff adalah untuk furniture tampak lebih natural. Campurkan BioColours Top Coat Doff dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk perlahan hingga rata. Aplikasikan dengan spray system ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Tunggu kering hingga kering sentuh sekitar 20 menit. Kering sempurna didapatkan setelah overnight.

Sangat mudah bukan melakukan aplikasi finishing rustic black wash ini? Anda bisa melakukannya atau mencobanya sendiri di rumah menggunakan produk BioColours. Untuk pembelian produk, silahkan datang ke Bio Service point Jogja, Bio Service point Jepara, Bio Service point Cirebon. Anda juga bisa membeli melalui online dengan menghubung CS kami via WA 0878 39346 433. Jika tertarik menjadi agen produk Bioindustries, silahkan kontak no hotline kami di 0822-4338-0001.

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 527 orang responden
%d bloggers like this: