Cara Membuat Finishing Furniture Anak Karakter Dengan BioColours Bioduco - Bioindustries

Cara Membuat Finishing Furniture Anak Karakter Dengan BioColours Bioduco

Furniture anak karakter warna solid bisa dihasilkan dengan menggunakan BioColours Bioduco dan water based wood coating system dari Bio Industries.

furniture anak karakterMemilih furniture anak yang sesuai dengan kebutuhan orang tua dan keinginan anak-anak memang bukan perkara yang mudah. Orang tua seringkali menginginkan jenis furniture yang sesuai dengan konsep rumah mereka. Sedangkan anak-anak memiliki cara pandang sendiri. Anak-anak cenderung menyukai jenis furniture yang merefleksikan dirinya atau tokoh yang diidolakannya.

Salah satu jenis furniture anak yang sedang naik daun adalah furniture anak yang dilengkapi dengan gambar karakter dari tokoh kartun atau film yang disukai anak-anak. Berbagai karakter lucu yang menjadi favorit anak-anak, seperti tokoh Tom and Jerry, Putri Salju, Sponge Bob, Cinderella dan berbagai gambar karakter lucu lainnya menghiasi beragam furniture anak, seperti lemari pakaian, tempat tidur, maupun meja belajar.

Berikut akan kami bahas metode finishing furniture anak karakter dengan menggunakan produk water based wood coating system dari Bio Industries.  Teknik finishing ini bertujuan untuk mendapatkan hasil finishing furniture anak dengan warna solid twilight blue, yang bisa dilengkapi dengan gambar karakter/tokoh kartun yang disukai anak-anak.

Panel Twilight BlueAplikasi ini menggunakan beberapa jenis material finishing dari Bio Industries, yaitu BioColours Primer White 1401 Water, BioColours Bioduco Twiligth Blue Water, dan Top Coat FA 714 Water dari Bio Industries. Jika kondisi kayu memerlukan dempul, maka bisa digunakan base coat BioColours Wood Putty.

Seluruh bahan yang digunakan diformulasikan dengan bahan water based yang aman dan ramah lingkungan, tahan terhadap cuaca, tidak berbau, tidak beracun, dan warnanya cocok untuk anak-anak. Sebelum proses coating dilakukan, pastikan furniture bebas dari minyak, debu dan kotoran yang menempel, dan dalam kondisi benar-benar kering (ditandai dengan MC ≤ 12%). Amplas permukaan kayu hingga halus dan rata.

Proses Finishing Furniture Anak karakter Menggunakan BioColours Bioduco dari Bio Industries

Primer Coat

BioColours® Primer White 1410 Water diaplikasikan sebagai maincoat atau lapisan utama dari finishing ini. Fungsi dari primer coat ini adalah untuk menutup lubang pori-pori, menutup cacat warna dan sekalugus meningkatkan efektivitas pembentukan lapisan film di atasnya. Tambahkan air dengan perbandingan 2:1 untuk menurunkan kepekatan. Aplikasikan larutan dengan cara spray. Diamkan selama 1 jam, hindarkan dari panas matahari secara langsung. Setelah itu, amplas media kayu menggunakan amplas no 400.

BioColours® Bioduco

furniture anak karakterAplikasikan BioColours® Bioduco twilight blue Water untuk menghasilkan warna sesuai yang diharapkan. Anda bisa menyesuaikan tingkat kepekatan larutan dengan menambahkan air bersih dengan rasio 2:1. Selain sebagai colorant yang berfungsi untuk meningkatkan nilai estetika atau tampilan warna pada kayu, produk ini juga berfungsi untuk melindungi bahan kayu. Cara mengaplikasikan larutan ini dengan teknik spray. Setelah selesai, biarkan minimal 1 jam agar kering. Namun jangan dijemur di bawah matahari secara langsung. Setelah itu, sanding dengan menggunakan amplas no 400.

Aplikasi Gambar Karakter

Setelah proses coloring selesai dan sudah kering benar, aplikasikan gambar karakter yang ingin dibuat. Proses aplikasi bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, misalnya dengan cara ditempel sticker, dilukis, digambar atau diprint.

Top Coat

Tahap yang terakhir adalah mengaplikasikan top coat yang berfungsi untuk melindungi lapisan cat di bawahnya, menahan serangan dari luar yang akan merusak lapisan cat, serta mempercantik tampilan akhir dari media kayu. Gunakan BioColours® Top Coat FA 714 gloss yang berfungsi untuk melapisi dan melindungi media kayu, sekaligus memberikan efek tampilan akhir glossy.

Tambahkan air dengan rasio 2:1 untuk mengencerkan larutan. Pastikan larutan diaduk sempurna sampai homogen. Semprotkan larutan tersebut hingga didapatkan tampilan yang rata dan halus mulus. Setelah itu, biarkan mengering di suhu kamar overnight.

Demikianlah proses aplikasi finishing furniture anak karakter warna solid twilight blue yang menggunakan bahan-bahan finishing water based dari Bio Industries. Teknik finishing ini menghasilkan warna solid twilight blue dengan tingkat film glossy 80% (gloss). Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 302 orang responden
%d bloggers like this: