Cara Finishing Solid Colour Dengan Primer White 670

Cara finishing solid colour dengan Primer White 670 merupakan salah satu teknik finishing menggunakan bahan water based wood coating.

cara finishing solid colourPrimer White 670 merupakan salah satu primer coat dari Bio Industries yang cukup banyak peminatnya. Primer coat ini merupakan varian produk water based wood coating untuk membentuk lapisan dasar film coating dengan warna solid opaque colour.

Teknik finishing solid colour menggunakan primer coat dari Bio Industries ini akan menghasilkan finishing yang menutup keseluruhan permukaan media kayu. Teknik finishing ini bisa menyembunyikan dan menutup tampilan asli dari media kayu. Sehingga, cacat yang biasanya terdapat pada permukaan media kayu bisa dimanipulasi menggunakan teknik ini, seperti cacat tekstur, cacat warna, dll.

Selain itu, teknik finishing solid colour ini juga berfungsi untuk melindungi dan meningkatkan ketahanan media kayu dari berbagai macam serangan yang disebabkan oleh faktor luar, seperti benturan, perubahan cuaca, serangan serangga, jamur, dll. Yang paling utama adalah, teknik atau cara finishing solid colour menggunakan Primer White 670 ini bisa menghasilkan tampilan yang lebih indah pada permukaan media kayu. Aplikasi ini sangat tepat digunakan pada media mdf, plywood, atau media lain yang sejenis.

COATING PROCESS FINISHING SOLID COLOUR

Material finishing yang digunakan adalah Primer White 670 dan Top Coat FA 714 Doff, dua produk water based wood coating dari Bio Industries. Sebelum dilakukan proses finishing, siapkan terlebih dahulu media kayu yang akan di-finishing. Amplas permukaan kayu searah serat sampai halus dan rata menggunakan amplas no. 120. Pastikan kayu kering (MC ≤ 12%), bebas debu, kotoran dan bekas minyak.

Top Coat

Aplikasikan Biocolours® Acrylic Top Coat FA 714 Doff untuk melapisi, melindungi sekaligus memberikan efek tampilan akhir doff. Tambahkan air bersih dengan perbandingan 2:1. Aduk pelan sampai homogen. Aplikasikan menggunakan air spray system sampai mendapatkan tampilan yang halus dan rata dan biarkan mengering pada suhu kamar. Tunggu kering sentuh selama satu jam.

Primer White 670

cara finishing solid colour

Primer White 670

Aplikasikan Primer White 670 sebagai primer coat menggunakan spray system. Jika diperlukan, tambahkan air bersih untuk mengencerkan dengan perbandingan 2:1. Semprotkan larutan tersebut ke seluruh permukaan media, kemudian tunggu sampai benar-benar kering dan siap untuk diamplas, yaitu sekitar satu jam.

Setelah kering, lakukan pengamplasan searah serat di seluruh lapisan film primer coat sampai benar-benar halus dan rata (amplasan matang).

 

Top Coat

Aplikasikan Biocolours® Acrylic Top Coat FA 714 Doff untuk melapisi, melindungi sekaligus memberikan efek tampilan akhir doff. Jika diperlukan, tambahkan air bersih untuk mengencerkan dengan perbandingan 2:1. Aduk pelan-pelan sampai homogen.

Aplikasikan larutan tersebut menggunakan air spray system. Tunggu kering sentuh selama 20 menit pada suhu kamar, kering packing selama 24 jam (overnight), dan kering full curing selama 7 x 24 jam. Sebelum kering sentuh didapatkan, tidak disarankan untuk dijemur atau dikeringkan dengan suhu > 32°C. Penjemuran atau oven dapat dilakukan setelah proses kering sentuh.

Kondisi drying room direkomendasikan pada suhu 30-37°C dengan ventilasi udara baik. Tidak disarankan dijemur di bawah terik matahari secara langsung. Demikianlah proses atau cara finishing solid colour menggunakan Primer White 670, produk water based primer coat dari Bio Industries. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 343 orang responden
%d bloggers like this: