Aplikasi Finishing Kayu Menggunakan Roller Coater - Bioindustries

Aplikasi Finishing Kayu Menggunakan Roller Coater

Aplikasi finishing kayu menggunakan roller coater merupakan salah satu cara finishing bahan kayu yang seringkali digunakan di industri kayu. Lantas, bagaimanakah prosesnya dan jenis bahan finishing apa saja yang cocok digunakan untuk metode finishing ini?

mesin roller coater

Proses finishing untuk bahan kayu atau wood finish merupakan sebuah proses pelapisan akhir yang dilakukan pada permukaan media kayu ataupun material lainnya yang menggunakan bahan dasar dari kayu. Tujuan dari proses finishing secara umum bisa dibedakan menjadi tiga macam, yaitu untuk memperbaiki estetika dari kayu, melindungi permukaan media kayu dari berbagai faktor yang bisa merusak, serta membentuk lapisan film yang memudahkan dalam proses perawatan/pemeliharaan.

Saat ini kita mengenal berbagai jenis dan merk bahan finishing di pasaran, mulai dari yang harganya murah sampai yang mahal. Dari yang solvent based sampai yang water based. Masing-masing jenis dan merk memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Bicara tentang proses finishing, berarti kita membincangkan banyak faktor. Bukan hanya jenis bahan finishing yang digunakan, tetapi juga metode atau cara aplikasi dari proses finishing tersebut. Bersama faktor-faktor lainya, misalnya kualitas bahan baku dan kemampuan SDM yang mengaplikasikan, faktor-faktor tersebut sangat mempengaruhi kualitas dari hasil finishing yang dilakukan.

Ada beberapa macam cara atau metode aplikasi dari bahan finishing. Sebuah metode dipilih biasanya disesuaikan dengan jenis bahan yang digunakan dan kualitas akhir dari proses finishing yang diharapkan. Berikut beberapa metode yang bisa dipilih untuk finishing kayu, diantaranya metode dipping (celup), wiping (pemolesan dengan kain), brush (kuas), spray (semprot), shower (curah), dan rolling.

Proses Aplikasi Finishing Kayu Menggunakan Roller Coater

finishing kayu menggunakan roller coater

Pada prinsipnya, proses aplikasi finishing menggunakan mesin roller coater sama  saja dengan roller yang digunakan untuk mengecat kayu atau tembok.  Terdapat dua buah roller, di mana seluruh permukaan dari mesin roller yang ada di bagian atas terbalut dengan bahan finishing cair, sedangkan roller bagian bawah hanya berfungsi untuk mengalirkan benda kerja (papan kayu) ke dalam mesin.

Lantas, jenis bahan finishing kayu yang manakah yang tepat digunakan untuk model aplikasi ini? Aplikasi menggunakan mesin roller coater ini bisa dilakukan menggunakan bahan finishing seperti  UV lacquer, NC lacquer, melamine, juga water based wood coating system.

Yang perlu diperhatikan saat menggunakan metode finishing kayu menggunakan roller coater adalah Anda perlu memastikan bahwa bahan finishing yang Anda gunakan tersedia secara kontinyu. Karena mesin roller coater ini akan bekerja terus menerus, kecuali saat maintenance saja. Jika Anda mencari bahan finishing water based untuk roll coater Anda, Anda bisa menghubungi Bio Industries, perusahaan pelopor cat water based di Indonesia. Silahkan kontak hotline kami di +6274 388301 I HP. 0878 3934 6433, atau melalui email di info[at]bioindustries.com atau info.bioindustries[at]gmail.com.Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 560 orang responden
%d bloggers like this: