Aplikasi Biovarnish untuk Finishing Furniture Bambu - Bioindustries

Aplikasi Biovarnish untuk Finishing Furniture Bambu

Finishing furniture bambu bisa dilakukan dengan menggunakan produk finishing water based, seperti BioColours Biovarnish.

finishing furniture bambu

Proses finishing untuk furniture bambu memerlukan teknik dan bahan yang relatif sama dengan finishing kayu. Bambu dan kayu sering disebut sebagai anugerah dari alam bagi dunia properti dan industri furniture. Dua bahan ini sering digunakan untuk bahan bangunan maupun furniture, baik untuk kebutuhan outdoor maupun indoor.

Bambu memiliki karakteristik unik tersendiri. Life cycle furniture berbahan bambu acap kali lebih lama dibanding material lainnya, termasuk kayu. Tentu saja dengan catatan, bambu diproses dengan cara yang tepat. Oleh karena itu, bambu sering dipilih sebagai bahan alternatif untuk furniture yang ramah lingkungan. Kemampuan bambu untuk tumbuh lebih cepat dibanding kayu juga menjadi pertimbangan tersendiri atas pilihan tersebut.

Tantangan Furniture Berbahan Bambu

vintage bamboo furniture

Selain berbagai keunggulan yang melekat pada bambu, industri furniture yang ingin memanfaatkan bambu sebagai bahan bakunya juga perlu mempertimbangkan beberapa kelemahan bambu. Sifat bambu yang mudah lapuk, rentan rayap dan berbagai jenis serangga lainnya merupakan kelemahan terbesar dari bambu. Namun, kelemahan tersebut bisa diatasi dengan proses treatment yang benar.

Proses pengawetan menggunakan produk anti serangga yang efektif serta proses finishing yang benar menggunakan bahan berkualitas bisa membantu memperpanjang life cycle furniture berbahan bambu. Salah satu bahan finishing berkualitas yang direkomendasikan adalah bahan finishing water based yang aman dan ramah lingkungan.

Finishing Furniture Bambu Menggunakan BioColours Biovarnish

BioColours Biovarnish merupakan bahan finishing water based yang diproduksi oleh Bio Industries. Produk ini direkomendasikan untuk finishing furniture bambu karena menawarkan kualitas yang bagus dan kemudahan dalam aplikasi. Produk Biovarnish mudah untuk diaplikasikan, cepat kering, tahan air, tidak lengket, serta lebih aman dan ramah lingkungan.

Cara mengecat furniture interior berbahan bambu menggunakan BioColours Biovarnish cukup mudah. Berikut beberapa langkah mudah dalam mengaplikasikan produk ini:

  • Pastikan bahwa media bambu yang akan difinishing sudah kering. Setelah itu, bersihkan permukaan media bambu dari debu dan berbagai kotoran lainnya.
  • Siapkan BioColours Biovarnish, sesuaikan dengan jenis warna yang diharapkan (BioColours Biovarnish tersedia dalam berbagai varian warna, termasuk clear).
  • Untuk memudahkan proses aplikasi, tambahkan air sekitar 20% ke dalam larutan Biovarnish. Aduk rata hingga betul-betul homogen.
  • Aplikasikan Biovarnish menggunakan kuas ke seluruh permukaan media bambu. Diamkan sekitar 1 jam, kemudian amplas ringan menggunakan amplas no 400 atau bisa juga menggunakan amplas bekas.
  • Aplikasikan kembali Biovarnish untuk mendapatkan hasil finishing yang lebih halus, warna rata dan kilapnya sempurna.

Demikianlah tahapan singkat menggunakan BioColours Biovarnish untuk finishing furniture bambu. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 482 orang responden
%d bloggers like this: